≡ Menu

Cara Ampuh Mengatasi Virus Iklan di HP Android

Cara Ampuh Mengatasi Virus Iklan di HP Android

Siapa sih yang tidak kesal terhadap iklan yang muncul terus menerus pada ponsel. Apalagi disaat situasi darurat dan kemudian segelintir iklan muncul bersamaan, pastilah perasaan kita akan langsung marah dan ingin membanting ponsel. Namun ketahuilah, bahwa hal tersebut tidaklah normal dan sebaiknya segera untuk diperbaiki.

Virus iklan atau bisa dikatakan sebagai adware tak hanya ada di ponsel Android saja lho, bahkan ini juga pernah terjadi di komputer. Dan penyelesaiannya pada komputer terbilang jauh lebih mudah, sedangkan pada HP Android memerlukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Seperti pada kebanyakan kasus, iklan akan muncul ketika koneksi internet sedang dihidupkan, baik itu data seluler maupun WiFi. Ini menandakan terdapat proses tersembunyi dari virus iklan tersebut. Dan hal sejenis ini lebih sering dialami bagi HP yang sudah di-root.

Apabila kamu mengalami masalah yang sama seperti ini, sebaiknya jangan cemas. Karena masih ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dan juga pencegahan supaya masalah ini tak terjadi lagi. Silakan simak caranya mulai dari yang pertama.

Baca juga: Cara Mengetahui Adanya Aplikasi Mata-Mata di Android

Melakukan Reset Penuh atau Factory Reset

Cara paling sederhana untuk mengatasi virus iklan adalah melakukan reset penuh terhadap ponsel. Ini akan mengembalikan semua hal pada sistem seperti baru lagi. Sehingga seluruh aplikasi yang dipasang sebelumnya juga akan terhapus.

Sebaiknya cadangkan terlebih dahulu data yang dirasa penting seperti nomor kontak dan lain-lain. Jika itu sudah dilakukan, simak berikut ini cara melakukan reset penuh di ponsel Android.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih menu Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Lalu ketuk pada tombol Setel ulang telepon.

Proses reset penuh akan berjalan pada modus recovery, jadi silakan tunggu saja sampai selesai. Dan tak perlu khawatir, proses hidup ponsel untuk pertama kali (booting) memang membutuhkan waktu yang sedikit lama, kurang lebih 10 menit.

Melakukan Flash Ponsel

Jika cara diatas tidak dapat mengatasinya, kemungkinan besar bahwa virus iklan sudah masuk pada sistem sehingga tidak bisa diatasi dengan mereset ulang ponsel saja. Biasanya kendala ini lebih sering dialami oleh ponsel yang sudah diroot.

Dan cara paling ampuh untuk menghilangkan virus iklan secara keseluruhan adalah melakukan flashing. Kamu bisa melihat tutorialnya di Youtube atau langsung ke tukang servis untuk melakukan flash. Untuk biaya flash bervariasi, kurang lebihnya 50 ribu rupiah.

(ROOT) Mendeteksi dengan Aplikasi Antivirus

Langkah ini hanya dikhususkan untuk perangkat yang sudah diroot. Karena jika belum, itu akan sia-sia karena hanya dapat mendeteksi akan tetapi tak dapat menghapusnya. Jadi yang diperlukan sekarang ini adalah aplikasi Antivirus.

Sebagai saran, silakan pakai ESET Mobile Antivirus yang bisa diunduh pada Play Store. Kemudian lakukan scanning dan tunggu sampai prosesnya selesai. Maka nantinya bakal muncul aplikasi mana saja yang teridentifikasi sebagai virus (adware) dan cukup hapus saja aplikasi tersebut.

Dan apabila ternyata virus iklan menyatu dengan aplikasi sistem seperti SystemUI, urungkan untuk menghapusnya dan lakukan langkah kedua diatas, yaitu melakukan flashing. Sebab jika menghapus aplikasi sistem, yang ada malah malfungsi dan terjadi bootloop.

Baca juga: 2 Cara Masuk ke Safe Mode di HP Android

Tips Mencegah Virus Iklan Masuk ke Ponsel

Sejauh ini hanya tiga hal diatas yang dapat berfungsi untuk membersihkan virus iklan sepenuhnya. Adapun sedikit tips singkat yang dapat kamu pelajari supaya ponsel tetap aman dan tidak mengalami kendala ini lagi, antara lain:

  • Memasang aplikasi antivirus.
  • Memasang aplikasi hanya dari Play Store.
  • Hindari aplikasi MOD yang tersebar di Google.
  • Aktifkan fitur Play Protect.

Hanya dengan mempelajari sedikit hal diatas, kamu takkan pernah melihat virus iklan lagi. Jadi melakukan segala hal pada ponsel bisa nyaman kembali. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai langkah atau cara yang ada diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment