≡ Menu

Solusi Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Solusi Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Sudah tahu kan apa itu Filter yang ada di Youtube? Itu merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk membatasi hasil pencarian video. Sehingga kamu bisa mencari video berdasarkan tanggal upload, kualitas, dan lain-lain.

Namun ada kalanya Filter tersebut tidak berfungsi sehingga video yang tampil seolah tidak berubah sesuai apa yang diatur. Kendala seperti itu jarang terjadi, tapi kadang-kadang saja Youtube seolah menonaktifkan fitur tersebut tanpa adanya official statement.

Artikel ini akan menunjukan cara alternatif yang dapat kamu lakukan untuk bisa menggunakan fitur Filter itu lagi, namun terdapat batasan tersendiri dimana tidak semua Filter dapat digunakan layaknya pada Youtube.

Baca juga: Mengatasi Video Youtube Macet Saat Diputar di Android

Cara Alternatif dari Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Jika masalah seperti ini terjadi, satu hal alternatif yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan mesin telusur Google. Sejauh ini Filter yang ada di Google tak pernah mengalami masalah layaknya pada Youtube, sehingga segalanya akan tetap normal.

Berikut ini cara menggunakan Filter di Google untuk mencari video di Youtube:

  1. Buka website Google.
  2. Silakan cari dengan format seperti berikut:

    KEYWORD site:youtube.com

    Silakan ganti keyword sesuai video yang dicari, atau contohnya seperti ini:

    gameplay game android site:youtube.com
  3. Setelah itu klik tombol ALAT

    Cara Alternatif dari Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

  4. Akan muncul beberapa menu, itulah Filter yang dapat kamu gunakan untuk membatasi hasil pencarian video.

    Cara Alternatif dari Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Filter yang disediakan Google pastinya sudah mencukupi untuk mencari video yang diinginkan. Contohnya apabila kamu ingin mencari video yang baru-baru ini diupload, cukup memilih Filter tanggal upload. Dan tersedia pula filter untuk membatasi durasi video berdasarkan menit.

Intinya, jangan menghilangkan “site:youtube.com” setelah keyword. karena itu berfungsi untuk membuat Google menampilkan situs Youtube saja.

Baca juga: Trik Mengatur Equalizer Musik pada Youtube

Kesimpulan

Walau Youtube memiliki fitur Filter yang lengkap, namun Google sendiri juga telah menyediakannya. Dan jika kamu mencari di Google dengan format diatas, pastinya beberapa filter tambahan akan muncul, seperti durasi dan kualitas.

Gunakan cara ini hanya ketika Filter di Youtube tidak berfungsi saja, karena bagaimanapun juga Youtube pastinya memiliki cara yang paling baik untuk menampilkan konten video berdasarkan Filter yang telah diatur.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment