≡ Menu

Cara Memperlambat dan Mempercepat Video di Youtube

Youtube adalah situs web yang menyediakan konten video paling terbanyak di internet. Hampir segala video selalu ada di Youtube, seperti musik, film, atau bahkan berita, dan itu terus bertambah setiap harinya.

Banyak perubahan yang telah terjadi pada Youtube, tak hanya dari nuansa tampilan saja, akan tetapi juga dari sisi fitur. Salah satu fitur yang berpengaruh pada video adalah “kecepatan” dimana kamu bisa mengatur seberapa cepat atau lambat terhadap video yang diputar.

Fitur kecepatan tersebut sangat cocok bagi pengguna yang sedang melakukan praktek dari video berjenis tutorial. Sehingga pengguna dapat memahami sepenuhnya tanpa perlu memutar video berkali-kali.

Baca juga: Mengatasi Video Youtube Macet Saat Diputar di Android

Bagaimana Cara Mempercepat atau Memperlambat Video di Youtube?

Caranya mudah sekali dan ini dapat dilakukan melalui perangkat ponsel maupun desktop (komputer), hanya saja berbeda tipis dalam melakukannya. Untuk itu, simak artikel ini untuk mengetahui tata cara melakukannya.

Melalui Ponsel

Pastikan bahwa saat ini kamu telah memasang aplikasi Youtube versi terbaru untuk mendapatkan fitur Kecepatan. Karena di versi lama, memungkinkan fitur tersebut masih belum tersedia. Dan berikut ini tata cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Youtube dan putar suatu video.
  2. Ketuk tombol Opsi titik tiga yang ada di kanan atas.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Ponsel

  3. Tekan pada menu Kecepatan pemutaran.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Ponsel

  4. Sekarang kamu bisa mengatur kecepatan video sesuai yang diinginkan.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Ponsel

Melalui Komputer

Walau ini hampir sama seperti di ponsel, namun melakukan di komputer sebenarnya jauh lebih mudah. Untuk selengkapnya, berikut ini tutorialnya:

  1. Silakan buka website Youtube dan putar suatu video.
  2. Klik pada ikon roda gigi.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Komputer

  3. Pilih menu Kecepatan.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Komputer

  4. Dan sekarang kamu dapat mengatur kecepatan video sesuai yang diharapkan.

    Menggunakan Fitur Kecepatan di Youtube Melalui Komputer

Bagaimana Cara Mengatur Kecepatan di Video Youtube?

Mungkin sebagian orang masih bingung mengatur kecepatan pada video Youtube, mengetahui bahwa disana hanya tampil sebuah angka yang harus dipilih. Tapi sebenarnya itu sangat sederhana dan setelah membaca bagian ini, kamu akan langsung mengerti.

Jadi secara default fitur kecepatan ini diatur sebagai Normal, dan kamu bisa mempercepat durasi video dengan cara memilih angka diatas 1.25 hingga maksimal 2. Sementara untuk memperlambat video, cukup memilih angka dibawah 0.75 hingga 0.25.

Secara keseluruhan, untuk mempercepat video adalah memilih angka kebawah, sedangkan memperlambat adalah memilih angka keatas.

Baca juga: Cara Mengatasi Buffering ketika Menonton Video di Youtube

Kesimpulan

Jika kamu mengerti apa itu slow-motion, pasti takkan heran lagi terhadap fitur Kecepatan di Youtube ini. Dan jika ingin hasil yang baik ketika memperlambat video, sangat disarankan untuk memilih resolusi video minimal 720p, tapi akan lebih baik lagi jika video mendukung 60fps.

Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau barangkali kamu ingin menambahkan sesuatu tentang cara memperlambat dan mempercepat video di Youtube, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment