≡ Menu

Tips Mencegah Pesan WhatsApp Disadap Orang Lain

Tips Mencegah Pesan WhatsApp Disadap Orang Lain

Pada dasarnya WhatsApp telah menyediakan keamanan yang ketat untuk seluruh pengguna dalam melakukan konversasi. Ini bisa dibilang bahwa segala pesan yang dikirim atau diterima, bisa dikatakan aman dan nyaris tak bisa disadap.

Namun dengan berkembangnya tehnologi, itu tak menutup bahwa sistem WhatsApp sepenuhnya aman dan anti sadap. Karena selalu ada celah yang memungkinkan hal tersebut terjadi. Dan salah satu cara termudah yang orang lain lakukan untuk menyadap pesan WhatsApp, yaitu menggunakan fitur yang disediakan oleh WhatsApp itu sendiri.

Fitur tersebut ialah WhatsApp Web. Merupakan sebuah fitur yang bisa membuka konversasi WhatsApp melalui website dan dapat mengakses banyak hal seperti mengirim pesan, menerima pesan, menghapus, mengganti foto profil, dan lain-lain.

Walau WhatsApp Web sangat berguna untuk membuka konversasi melalui banyak perangkat, namun kekurangannya adalah tidak adanya notif apabila aplikasi WhatsApp sedang dibuka melalui WhatsApp Web. Sehingga orang lain bisa mengakses konversasi tanpa adanya pemberitahuan dari ponsel.

Baca juga: Cara Mengetahui Adanya Aplikasi Mata-Mata di Android

Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Cara terbaik untuk melindungi WhatsApp adalah mengecek pada bagian WhatsApp Web, dan melihat perangkat yang sedang terhubung. Dan jika disana terdapat perangkat yang tak dikenali, cukup hapus saja.

Berikut ini cara lengkap untuk mengelola perangkat yang terhubung di WhatsApp Web:

  1. Buka WhatsApp dan tekan tombol Opsi (titik tiga) yang ada dibagian atas kanan.

    Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

  2. Pilih menu WhatsApp Web.

    Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

  3. Sekarang tinjau perangkat apa saja yang terhubung. Dan jika sekiranya kamu tidak mengenalinya, cukup tekan pada perangkat tersebut.

    Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

  4. Lalu akan muncul dialog peringatan, ketuk pada opsi Keluar.

    Mencegah WhatsApp Disadap Orang Lain

Selesai, hanya itu saja yang harus dilakukan untuk mengamankan WhatsApp dari penyadap yang memakai fitur WhatsApp Web.

Sebagai saran, sesekali cek pada bagian WhatsApp Web dan meninjau sebentar perangkat yang terhubung. Apalagi jika ponsel habis dipinjam oleh teman, tentunya wajib untuk mengecek bagian WhatsApp Web.

Memasang Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus berguna untuk melindungi ponsel dari segala ancaman berbahaya, seperti aplikasi tersembunyi yang mampu untuk menyadap konversasi WhatsApp dan lain-lain. Tersedia banyak sekali aplikasi antivirus gratis pada Play Store, dan cukup pasang satu saja.

Dengan perlindungan antivirus, kamu tak perlu cemas lagi terhadap segala pesan yang ada di WhatsApp atau aplikasi yang lain. Namun kamu juga masih tetap harus mengecek sesekali pada fitur WhatsApp Web untuk mengetahui perangkat yang terhubung. Sebab, antivirus tak dapat melakukan sejauh itu.

Baca juga: Trik Mengetahui Isi Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Kesimpulan

Dibalik fitur WhatsApp Web yang luar biasa, terdapat seseorang yang menggunakannya untuk melakukan hal yang buruk. Tapi semoga di masa yang akan datang, WhatsApp akan lebih mempertimbangkan untuk meningkatkan fitur tersebut pada sisi keamanannya.

Sementara itu untuk aplikasi antivirus, berguna untuk mencegah aplikasi mata-mata. Sehingga aplikasi jahat seperti itu tidak akan pernah terinstal. Jadi apabila ponsel kamu belum memiliki antivirus, sebaiknya segera untuk memasangnya. Karena mencegah lebih baik daripada mengatasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment