≡ Menu

Cara Mengatasi Diperlukan Autentikasi Ketika Memasang Aplikasi

Cara Mengatasi Diperlukan Autentikasi Ketika Memasang Aplikasi

Play Store adalah tempat bagi pengguna ponsel Android untuk mengunduh aplikasi, game, hingga film dengan mudah. Sangat wajib untuk memiliki Play Store untuk melengkapi kebutuhan pada ponsel dan juga mendapatkan keamanan dari fitur Play Protect.

Selain terbilang mudah, adapun kendala yang kadang terjadi secara tidak terduga pada Play Store. Misalnya proses unduhan yang macet, terjadi galat akibat penyimpanan penuh, atau munculnya kesalahan yang tidak dimengerti, salah satunya seperti “Diperlukan Autentikasi“.

Jika ketika hendak memasang suatu aplikasi pada Play Store dan muncul notif diperlukan autentikasi, berarti kesalahan ini terdapat pada sistem ponsel. Cukup tenangkan pikiran, karena artikel ini akan membahas mengenai solusi untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Play Protect pada Android

Apa Penyebab Tampilnya Diperlukan Autentikasi pada Play Store?

Harusnya notif tersebut bisa disebut normal apabila ponsel sedang tidak tertaut akun Google. Tapi anehnya jika pada ponsel tidak ada akun Google, maka tidak akan bisa membuka Play Store. Sehingga muncul pertanyaan mengapa notif itu tampil.

Tapi setelah ditinjau lebih lanjut, berikut ini beberapa kendala yang mengakibatkan itu terjadi:

  1. Kesalahan ringan dari Aplikasi Play Store
  2. Terjadi galat pada sistem ponsel
  3. Penyimpanan yang Penuh atau Bermasalah

Tidak perlu khawatir, karena masalah ini tidak sampai ke hardware dan paling maksimal untuk memperbaikinya adalah melakukan flashing atau factory reset. Namun ada cara yang lebih mudah, sebaiknya dicoba terlebih dahulu.

Cobalah untuk Menghapus Data di Aplikasi Play Store

Cara yang tergolong sederhana untuk dilakukan. Siapa tahu masalahnya hadir pada sisi aplikasi saja dan tidak mengefek ke sistem ponsel. Biasanya hal tersebut dikarenkan adanya corrupt pada data, entah itu pada cache atau lain-lain.

Untuk menghapus data sangatlah mudah, silakan menuju Pengaturan > Aplikasi > Play Store > tekan tombol Hapus Data.

Setelah itu coba untuk membuka Play Store dan mengunduh kembali aplikasi yang mendapati notif diperlukan autentikasi. Kira-kira apakah sudah tidak muncul lagi? Tapi jika masih tetap, silakan lanjut ke langkah selanjutnya.

Menambah Ulang Akun Google

Kali ini hampir sama layaknya terdapat data corrupt, hanya saja pada sistem ponsel. Itu membuat Play Store tidak dapat membaca bahwa ponselnya sudah terkait pada akun Google. Dan hal yang harus dilakukan cukup sederhana, yaitu menghapus akun Google dan menambahkan ulang.

Cara untuk menghapusnya adalah menuju Pengaturan > Akun > Google > Tekan tombol opsi (titik tiga), kemudian ketuk Hapus Akun.

Setelah akun sudah dihapus, silakan masuk ke Play Store. Pasti akan disuruh untuk masuk ke akun google. Dan dari sana kamu bisa masuk kembali ke akun yang sebelumnya dihapus tadi. Lalu jika Play Store sudah dapat dibuka, langsung saja coba unduh kembali aplikasi yang muncul notif diperlukan autentikasi tadi.

Mengganti Penyimpanan Instalasi Aplikasi

Apabila kedua cara diatas masih tak membantu mengatasinya, silakan coba cara terakhir ini. Yaitu mengganti penyimpanan menjadi internal atau kartu SD. Secara umum, pada ponsel Android akan mengatur penyimpanan ke Kartu SD, dan mungkin itulah penyebabnya.

Kita tidak tahu apakah kartu SD (memory external) yang sedang dipakai mengalami kerusakan, misalnya tidak bisa di-write atau read, sehingga setiap kali mengunduh aplikasi pada Play Store selalu mengalami kesalahan.

Nah, solusinya adalah menggantinya sebagai penyimpanan internal. Caranya adalah menuju Pengaturan > Penyimpanan > Lokasi Pemasangan yang Disukai > Pilih sebagai Penyimpanan Perangkat Internal.

Setelah membuat perubahan pada penyimpanan, ponsel tidak perlu di-reboot dan bisa langsung masuk ke Play Store dan mengunduh aplikasi yang muncul notif diperlukan autentikasi tadi. Cara satu ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, jadi semoga itu berhasil mengatasi masalahnya.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Kesimpulan

Apapun kesalahan yang ada di Play Store, kebanyakan terjadi akibat galat pada sistem. Cara diatas patut untuk dicoba, namun jika hasilnya tidak memuaskan, satu-satunya opsi yang harus dilakukan hanyalah mereset atau flashing ponselnya.

Ada 99% kemungkinan berhasil mencoba beberapa cara diatas apabila ponsel kamu belum diroot. Tapi sebaliknya jika telah diroot, maka cara diatas tak akan banyak berpengaruh, sebab kesalahannya bisa jadi masuk ke sistem ponsel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment