≡ Menu

Melihat Proses Aplikasi yang Berjalan Saat Ini di Android

Android adalah ponsel pintar yang memiliki banyak sekali keunggulan. Ditambah dari banyaknya aplikasi yang tersedia gratis, membuat segala kebutuhan selalu terpenuhi. Seperti ber-komunikasi, membeli sesuatu, atau bahkan memesan transportasi secara online.

Memiliki banyak aplikasi memang bukanlah sebuah larangan, namun terlalu banyak memilikinya berpotensi membebani ponsel apabila semua aplikasi tersebut berjalan secara bersamaan. Sehingga suatu saat ponsel bisa saja mengalami lag atau lemot yang tak terkira.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah memberhentikan proses dari aplikasi yang tidak digunakan. Tapi sebelum melakukan itu, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk melihat keseluruhan proses aplikasi yang berjalan sekarang.

Baca juga: Cara Jitu Mempercepat Proses Download File di Android

Cara Melihat Total Proses Aplikasi yang Berjalan di Android

Dengan mengetahui proses aplikasi yang berjalan sekarang, kamu bisa menyeleksi aplikasi mana saja yang sekiranya paling sering atau lama menetap pada proses latar belakang. Sehingga jika kamu merasa tidak pernah menggunakan aplikasi tersebut, itulah saat yang tepat untuk menghentikan aplikasinya.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui proses aplikasi yang berjalan di Android. Kedua cara tersebut memiliki fungsional yang berbeda dalam menampilkan hasil. Silakan langsung simak caranya dimulai dari yang pertama.

1. Melalui Manajer Aplikasi

Cara ini adalah yang paling praktis, dimana kamu hanya perlu membuka Pengaturan, lalu memilih menu Aplikasi dan menuju pada bagian Aplikasi Berjalan atau Menjalankan.

Disana akan tampil proses aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan kamu juga bisa langsung menghentikannya dengan mudah. Jadi tak perlu bantuan aplikasi lain lagi untuk menghentikan suatu aplikasi, sebab Android sudah menyediakan fitur ini.

Melihat Proses Aplikasi yang Berjalan Melalui Manajer Aplikasi

Dan jika fitur ini tidak tersedia pada ponsel kamu, silakan lanjut mencoba cara kedua.

2. Melalui Statistik Proses

Sebenarnya cara ini hampir sama seperti diatas, hanya saja jadikan ini sebagai alternatif apabila cara yang pertama tidak bisa dilakukan pada ponselnya. Tak ada perbedaan dalam fungsionalnya, akan tetapi jika dilihat melalui statistik proses ini, daftar aplikasi yang ditampilkan bisa sangat rinci.

Jadi yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengaktifkan Developer Mode. Jika sekiranya ponselnya belum mengaktifkan fitur tersebut, silakan ikuti tutorial yang sudah dijelaskan pada artikel Cara Mengakifkan Developer Mode Di Android 4.0 Keatas.

Dan jika Developer Mode telah diaktifkan, silakan menuju Pengaturan, lalu tekan menu Developer Mode atau Opsi Pengembang, kemudian pilih lagi menu bernama Statistik Proses.

Melihat Proses Aplikasi yang Berjalan Melalui Statistik Proses

Disana akan ditampilkan sejumlah aplikasi yang sedang berjalan saat ini dan kamu bisa menghentikannya juga. Dibeberapa ponsel, fitur Statistik Proses ini sangat rinci hingga menampilkan lama waktu aplikasi itu berjalan, sampai membandingkan persentase dari semua aplikasi yang berjalan.

Kesimpulan

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, tapi sebagai saran, jadikan cara kedua sebagai alternatif apabila yang pertama tidak tersedia pada ponselnya. Secara keseluruhan semuanya memiliki makna yang sama, hanya saja berbeda tampilan saja.

Menghentikan aplikasi yang tidak dipakai adalah pilihan yang cerdas, mengingat bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengonsumsi daya baterai, jadi dengan melakukan hal seperti itu, akan menghemat baterai lebih baik tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment