≡ Menu

Mengatasi VLC Player Tampil Blank Putih Ketika Memutar Video

Hingga sekarang ini tersedia puluhan program pemutar video untuk komputer, dan VLC Player termasuk salah satu yang terbaik. Setiap tahunnya selalu ada pembaruan yang dilakukan oleh pengembang VLC, sehingga fiturnya akan terus bertambah lebih baik lagi.

Namun walau selalu ada pembaruan, itu tidak akan menutup kemungkinan terhadap kesalahan yang akan terjadi. Tentunya ada suatu masalah tersendiris yang dialami oleh setiap orang, dan dibalik itu juga terdapat solusi untuk mengatasinya.

Contohnya kasus yang paling banyak dialami oleh pengguna VLC Player adalah video yang hanya tampil blank putih saja namun audio tetap bekerja normal dan bisa didengarkan. Hal tersebut mengacu pada dua kemungkinan, yaitu codec yang tak lengkap atau dari output video.

Mengecek File Video Terlebih Dahulu

Ada kalanya masalah tak hanya terjadi pada program pemutar video saja. Kadang bisa saja file video yang rusak sehingga tak dapat diputar dengan normal, sehingga program tak dapat mengurai video dan menampilkan blank putih.

Jadi sebelum melanjutkan ke tata cara mengatasi pada program VLC Player, ada baiknya untuk dicoba terlebih dahulu file video tersebut pada pemutar video yang lain seperti Windows Media Player. Dan jika ternyata video diputar melalui program lain berjalan lancar, silakan lanjutkan menyimak artikel ini.

Baca juga: Cara Memperbarui VLC Player pada Komputer

Solusi VLC Player Blank Putih Ketika Memutar Video

Jika kendala ini hanyalah masalah codec, itu bisa diatasi dengan cara memperbarui versi VLC Player. Namun jika kamu merasa program VLC yang dipakai sekarang telah diperbarui, kemungkinan besar kendalanya ada di output video. Berikut ini tata cara merubah output video pada VLC Player.

  1. Buka VLC Player dan klik Tools > Preferensi.

    Solusi VLC Player Blank Putih Ketika Memutar Video

  2. Menuju tab Video.

    Solusi VLC Player Blank Putih Ketika Memutar Video

  3. Pada opsi Output, silakan ubah menjadi Direct3D9 video output atau Output video DirectX.

    Solusi VLC Player Blank Putih Ketika Memutar Video

  4. Lalu klik tombol Simpan.

    Solusi VLC Player Blank Putih Ketika Memutar Video

Setelah mengubah output videonya, cobalah untuk memulai ulang program VLC Player dan kemudian putar video yang diinginkan. Pasti kali ini tidak akan blank putih lagi. Dan apabila masih tetap, silakan ubah output video menjadi OpenGL.

Sampai saat ini pemutaran video dapat dengan normal & stabil dijalankan melalui output Direct3D9 atau DirectX. Tapi hanya bila memakai kedua itu masih tidak bisa, silakan untuk mencoba output yang lainnya.

Baca juga: Cara Memutar Video Dengan Subtitle pada TV

Kesimpulan

Dalam kejadian tertentu, VLC Player akan menampilkan suatu dialog notif apabila terdapat kesalahan ketika memutar video. Namun dialog tersebut tak akan muncul apabila kendalanya blank putih seperti kasus ini, sebab pada sistem VLC, video yang diputar tampak berjalan normal.

Jadi hanya cukup mengganti output video akan menyelesaikan masalahnya. Dan tampilan gambar pada video akan tidak blank putih lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment