≡ Menu

Cara Mengatasi Kesalahan Saat Mengurai Paket pada Android

Cara Mengatasi Kesalahan Saat Mengurai Paket pada Android

Saat ini ada dua cara untuk memasang aplikasi di Android. Yaitu melalui Play Store dan secara manual dari berkas APK. Setiap pengguna Android disarankan untuk memasang aplikasi melalui Play Store untuk mendapatkan keamanan, namun diluar sana masih banyak yang lebih suka memasang secara manual dan mengunduh file aplikasi di internet.

Walau kesalahan instalasi aplikasi tak hanya terjadi pada Play Store, misalnya proses unduhan macet atau muncul kode error yang tak dimengerti. Tapi itu juga bisa terjadi ketika menginstal aplikasi secara manual. Salah satunya muncul pemberitahuan “Kesalahan Saat Mengurai Paket“.

Tentu dengan tampilnya notif tersebut, tak akan ada cara untuk memasang aplikasinya dengan sempurna, karena setelah menekan tombol OK, maka proses instalasi akan dihentikan. Dan tulisan ini akan membagikan solusi mengatasi kesalahan tersebut.

Baca juga: Solusi Gagal Install Aplikasi di HP Android

Penyebab dari Munculnya Notif Kesalahan Saat Mengurai Paket

Sebenarnya itu bukanlah masalah yang besar, karena inti dari munculnya pemberitahuan tersebut adalah mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut tak dapat dipasang pada ponselnya. Ini mengacu dua hal, yaitu adalah:

  • Aplikasi tidak kompatibel terhadap OS Android yang dipakai sekarang.
  • Berkas tidak lengkap saat diunduh (file corrupt).

Hanya dua hal tersebut yang mengakibatkan masalah ini terjadi. Adapun kadang juga disebabkan karena ROM/CustROM yang tidak cocok terhadap aplikasinya, tapi ini sangat jarang sekali terjadi. Dan yang paling banyak adalah akibat OS Android tidak kompatibel.

Mengecek Kompatibilitas Aplikasi Sebelum Memasang

Penting sekali untuk mengecek aplikasi yang akan dipasang mendukung mulai android versi berapa. Sebab jika ponsel kamu kebetulan tidak cocok, tentunya itu akan sia-sia sudah mengunduh aplikasinya di internet.

Contohnya seperti ini, aplikasi yang kamu pasang hanya dapat dijalankan pada Android versi 5.0 keatas, sedangkan versi Android di ponsel kamu sekarang adalah 4.2. Tentunya aplikasi tersebut takkan dapat sempurna dipasang dan muncul notif kesalahan saat mengurai paket.

Biasanya suatu situs penyedia file APK di internet menyediakan informasi minimum persyaratan OS Android yang dapat menjalankan aplikasi itu. Jadi jangan sampai melewatkannya supaya proses instalasi dapat berhasil tanpa adanya error.

Baca juga: Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

Memastikan File APK Tidak Sampai Corrupt

Hal yang membuat file tidak lengkap atau dikatakan sebagai corrupt adalah koneksi internet yang kurang stabil. Tapi selain itu juga terdapat beberapa hal lainnya seperti terlalu banyak pause-resume, atau bahkan kartu memori yang bermasalah.

Solusinya adalah memastikan koneksi stabil dan usahakan tidak melakukan pause ketika mengunduh. Jika itu masih tidak mengatasi masalahnya, cobalah ubah direktori unduhan ke penyimpanan yang lain. Sangat disarankan untuk memilih penyimpanan internal.

Kesimpulan

Sampai saat ini masalah yang menimbulkan munculnya kesalahan saat mengurai paket ketika instalasi aplikasi, adalah kedua hal diatas. Jadi kesimpulannya jika bukan karena persyaratan OS Android, kemungkinan besar akibat berkas APK yang tidak lengkap saat mengunduh.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment