≡ Menu

Solusi Download File Hanya Menyambungkan di IDM

Solusi Download File Hanya Menyambungkan di IDM

Banyak sekali orang yang menggunakan IDM untuk mengunduh file di internet secara maksimal. IDM Merupakan program downloader yang memiliki fitur yang lengkap, setiap proses download yang berjalan akan diakselerasi dengan beberapa stimulasi supaya selesai dengan cepat.

Ada kalanya seseorang mengalami kendala ketika memakai IDM saat mengunduh file. Salah satu kendala yang sering ditemukan adalah munculnya pesan “Menghubungkan” pada bagian informasi. Dan kendala tersebut bisa terjadi karena beberapa sebab.

Jika sekarang kamu mengalami masalah ini, sebaiknya tenangkan pikiran terlebih dahulu. Sebab masalah sejenis ini tidaklah parah dan hanya perlu melakukan sedikit hal untuk memperbaikinya supaya proses unduhan berjalan lagi. Yang pertama pastikan koneksi internet sudah aktif, dan setelah itu lanjutkan menyimak tulisan ini.

Baca juga: Cara Download Banyak File Sekaligus dengan IDM

1. Restart Program IDM

Bukan berarti harus me-restart perantinya, tapi hanya perlu me-restart programnya saja. Karena siapa tahu jika masalahnya terjadi akibat malfungsi dari programnya, entah itu kendala DNS atau lainnya.

Bagaimana cara merestartnya? Silakan klik kanan pada tray icon IDM dan kemudian klik Keluar. Lalu buka kembali program IDMnya.

Restart Program IDM

Cara ini memiliki kesempatan berhasil yang besar, untuk itulah mengapa ini dicantumkan lebih dulu. Jadi setelah program sudah dimulai ulang, silakan lanjutkan proses unduhan yang mengalami error tadi.

2. Link Unduhan Bermasalah

Tidak semua link bisa bertahan dalam waktu yang lama, terkadang itu dibatasi oleh penyedia file hosting. Atau selain itu, link tersebut bisa saja tidak dapat digunakan akibat host servernya sedang down, sehingga IDM tidak menerima respon.

Refresh Alamat Download di IDM

Sebagai saran, silakan Refresh Alamat Download di IDM untuk memperbarui linknya dan sekaligus mengetahui apakah situs penyedia file tersebut mengalami kesalahan pada servernya sehingga tak dapat diakses.

3. Mengecek DNS pada Setelan Jaringan

Ketahuilah bahwa DNS berperan tinggi dalam masalah koneksi internet. Itu digunakan sebagai resolver supaya dapat menyambung ke internet layaknya gateway. Jadi silakan coba mengecek setelan jaringan dan mengubah DNS nya menjadi seperti ini:

Primary: 8.8.8.8

Secondary: 8.8.4.4

Setelah mengaturnya seperti itu, silakan untuk memulai ulang program IDMnya terlebih dahulu dan kemudian mencoba melanjutkan proses download.

4. Mengecek Pengaturan Proxy/Socks pada IDM

Mengatur proxy yang salah dapat menyebabkan program IDM tak bisa menyerap koneksi internet, sehingga itu seolah diblokir dan seluruh proses unduhan hanya bisa terdiam menghubungkan. Untuk itu, silakan mengecek pada bagian Proxy/Socks yang ada di program IDM, apakah kamu sudah mengaturnya dengan benar?

Pengaturan Proxy/Socks di IDM

Secara default, itu diatur sebagai no proxy/socks, jadi silakan ubah seperti itu apabila kamu merasa tidak menggunakan program semacam Proxifier atau program yang memanfaatkan listen port.

Baca juga: Cara Ampuh Mempercepat Proses Download di IDM

Kesimpulan

Cukup 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah menghubungkan ketika download file di IDM. Sebagai saran, silakan lakukan cara mulai dari yang pertama dan apabila itu tidak berhasil, lanjut ke cara berikutnya dan seterusnya.

Yang pasti, IDM memunculkan informasi Menghubungkan adalah dikarenakan programnya tak bisa mendeteksi adanya koneksi/data yang masuk. Jadi ini seolah koneksi internet tidak bekerja pada IDM atau server host penyedia unduhan sedang mengalami down.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment