≡ Menu

Trik Mengaktifkan Mode Malam di Facebook

Jika kamu pernah tahu mode malam yang disediakan di Youtube atau Twitter, mungkin kadang berfikir apakah Facebook juga memiliki fitur itu juga? Jawabannya adalah masih belum. Tapi kemungkinan besar nantinya juga akan tersedia seiring jalannya waktu.

Walau saat ini Facebook belum menghadirkan mode malam, akan tetapi kamu bisa lho mencicipi mode malam yang ada di Facebook dengan sedikit trik. Tenang saja, trik ini tidaklah berbahaya dan 100% berfungsi pada kebanyakan browser.

Jadi secara keseluruhan ada 2 cara yang akan dibagikan disini. Yang pertama khusus untuk pengguna komputer, dan satunya lagi khusus untuk pengguna ponsel Android. Cukup ikuti mana saja sesuai perangkat yang dipakai sekarang.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Modus Malam di Twitter

Cara Mengaktifkan Mode Malam di Facebook

Perlu diketahui sebelumnya bahwa cara ini tidaklah melanggar pedoman komunitas, jadi tidak perlu khawatir untuk mencobanya. Sedikit informasi bahwa jika menggunakan komputer, cara yang akan diterapkan adalah memakai ekstensi (add-ons).

Sedangkan cara untuk ponsel, hanya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Untuk itu tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi mengenai trik yang dibagikan pada tulisan ini, karena sepenuhnya tidak melanggar ketentuan Facebook.

Menggunakan Extension atau Add-On untuk Browser

Ini adalah cara paling mudah, dimana kamu hanya perlu memasang ekstensi saja. Setelah ekstensi aktif, maka Facebook sudah dapat dijadikan mode malam. Dan cara ini dapat diterapkan pada peramban Google Chrome, Firefox, Opera, dan segala peramban Chromium yang lain.

Untuk Google Chrome dan juga browser keluarga Chromium seperti Opera & UC Browser, silakan pasang ekstensi bernama Color & Theme Changer for Facebook. Setelah terpasang, silakan buka Facebook dan kemudian tekan ikon ekstensi ini, lalu aktifkan.

Tampilan dari Ekstensi Color & Theme Changer for Facebook pada Opera

Akan terdapat banyak pilihan warna/tema disana, tapi jika kamu ingin mode malam, sangat disarankan untuk memilih tema bernama Darth Vader.

Sementara itu untuk pengguna browser Firefox, silakan pasang add-on bernama Dark Night Mode. Dan setelah itu telah terpasang, silakan buka Facebook dan tekan ikon add-on dibagian atas, kemudian aktifkan.

Tampilan dari Add-On Dark Night Mode di Firefox

Selain hanya Facebook saja, add-on tersebut juga mendukung untuk situs lain. Dan kamu pun dapat mengatur kecerahan apabila dirasa mode malamnya terlalu gelap. Dibanding yang lain, add-on ini memiliki keunggulan yang sangat banyak, dimana mode malam yang disediakan sangat nyaman dan tulisan juga dapat terbaca dengan baik.

Memakai Aplikasi Metal for Facebook & Twitter

Aplikasi bernama Metal for Facebook & Twitter memiliki fitur yang dapat menampilkan mode malam pada situs Facebook dan juga Twitter. Selain hanya itu, aplikasi ini dapat dipakai sebagai pengganti aplikasi Facebook yang biasanya.

Khususnya pemakai ponsel dengan layar AMOLED, memakai aplikasi ini akan mengurangi penggunaan daya baterai, sehingga tak peduli berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain Facebook, daya baterai akan awet.

Tampilan dari Aplikasi Metal for Facebook & Twitter di Android

Tertarik ingin mencobanya? Silakan unduh aplikasi Metal for Facebook & Twitter melalui Play Store. Ukuran dari aplikasi ini tidak sampai 5 MB, dapat digunakan untuk Android versi 4.1 keatas, dan keunggulan terbaiknya adalah tidak ada iklan sama sekali yang disediakan oleh pengembang.

Baca juga: Night Screen – Aplikasi Mode Malam untuk Layar Android

Kesimpulan

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya kenapa ekstensi dan aplikasi itu dapat merubah tampilan Facebook yang sebelumnya cerah menjadi gelap. Jawabannya sangatlah sederhana, yaitu cukup mengganti warna dari CSS (template) yang dipakai Facebook saat ini.

Apabila kamu memakai ekstensi untuk Chrome, sangat berkesempatan untuk mengganti warnaya dengan warna yang disukai. Ini akan membuat kamu tak cepat bosan memakai Facebook karena tampilannya menjadi berwarna dan tidak hanya biru saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment