≡ Menu

Cara Membersihkan File Sampah di Android

Cara Membersihkan File Sampah di Android

Awal kali menggunakan ponsel Android, pasti semuanya berjalan dengan lancar dan cepat. Namun seiring berjalannya waktu, ponsel Android bisa saja kehilangan kemampuannya sehingga akselerasinya tidak secepat yang dulu. Namun ketahuilah bahwa hal tersebut bisa jadi akibat file sampah yang menumpuk.

File sampah yang terlalu menumpuk akan menyebabkan kapasitas penyimpanan pada ponsel penuh, sehingga suatu aplikasi tidak bisa leluasa membuat file semacam cache atau lain-lain dan timbullah lemot tersebut. Dan satu solusi yang bisa dilakukan adalah membersihkan file sampah tersebut.

Sekarang ini tidak sulit untuk membersihkan sesampahan pada ponsel Android, selain kamu bisa melakukannya secara manual, juga bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan aplikasi. Tapi membahas mengenai file sampah, sudahkah kamu tahu apa saja file sampah itu?

Baca juga: 3 Aplikasi Penurun Suhu CPU Android Paling Terbaik

Apa Saja File Sampah yang ada di HP Android?

Tidak hanya satu jenis file saja, namun terdapat banyak jenis file yang bisa dinamakan sampah. Salah satu yang paling banyak ditemui adalah sebuah cache. Itu merupakan berkas yang dibuat secara otomatis oleh suatu aplikasi guna untuk melancarkan dan mengoptimisasi sistem supaya tidak bekerja terlalu keras.

Berkas cache berbentuk banyak hal, ini bisa saja sebuah gambar, video, atau bahkan file dengan format lain. Namun selain hanya cache saja, adapula sampah yang lain seperti direktori/folder yang sudah tidak dipakai. Contohnya folder yang dibuat otomatis oleh suatu aplikasi yang telah dihapus sebelumnya, namun foldernya masih ada.

Menghapus File Sampah Secara Manual

Ada cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukannya. Walau ini merupakan cara manual, namun kamu bisa melakukannya dengan sangat cepat. Yaitu menggunakan bantuan fitur penyimpanan yang ada di Android.

Selengkapnya mengenai tata caranya menghapus file sampah secara manual, silakan simak berikut ini:

  1. Silakan menuju Setelan dan ketuk pada menu Penyimpanan
  2. Tunggu sampai proses menghitung selesai, dan setelah itu ketuk pada bagian Cache Data
  3. Akan muncul notifikasi untuk konfirmasi penghapusan data cache, silakan tekan OK

Mudah sekali bukan? Jika kamu lebih menyukai menggunakan cara manual, silakan ulangi lagi cara diatas apabila sekiranya ponsel kekurangan kapasitas penyimpanan. Tapi akan lebih baik lagi jika kamu menghapus file sampah setidaknya seminggu sekali. Lagipula untuk melakukannya tak memerlukan banyak waktu.

Membersihkan File Sampah Secara Otomatis

Jika bagi kamu melakukan secara manual masih tergolong ribet, mungkin melakukannya secara otomatis akan lebih memudahkanmu. Dan ini membutuhkan bantuan aplikasi lain untuk bisa bekerja dan tentunya masih membutuhkan tindakan untuk menghapus file sampah.

Ada banyak aplikasi pembersih file sampah yang ada di Play Store. Namun jika ingin saran terbaik, silakan pakai aplikasi bernama Clean Master atau Ccleaner. Kedua aplikasi tersebut memiliki cara spesial untuk menghapus file sampah yang ada di ponsel.

Dan bagian terbaiknya adalah, menggunakan aplikasi memiliki tingkat penghapusan file sampah yang sangat baik. Dengan maksud bukan hanya berkas cache saja yang akan dihapus, tapi berkas-berkas lain yang terindikasi sebagai sampah layaknya file LOGS atau sejenisnya.

Cukup pakai satu aplikasi pembersih sampah supaya ponsel Android tidak terbebani. Dan masih sama seperti cara manual, apabila ingin hasil yang memuaskan, lakukan pembersihan setidaknya seminggu sekali.

Baca juga: Cara Mudah Mendeteksi File Ukuran Besar di Android

Kesimpulan

Cukup pilih cara yang sekiranya mudah untuk dilakukan, namun jika kamu ingin hasil yang bagus dalam penghapusan file sampah, silakan pakai cara otomatis. Atau bahkan kamu juga bisa melakukan kedua cara diatas untuk memaksimalkan penghapusan file sampah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment