≡ Menu

3 Tips Mencegah Layar Burn In pada Semua Handphone

3 Tips Mencegah Burn In pada Layar Semua Handphone

Ada banyak jenis kerusakan yang bisa terjadi pada layar ponsel. Salah satu yang menyebalkan adalah burn in atau shadow yang muncul. Terkadang hal itu terjadi akibat peranti yang cacat dari pabrikan atau tindakan perawatan yang salah oleh pemegang ponsel tersebut.

Jika sebelumnya kamu belum paham betul mengenai burn in pada layar, silakan baca selengkapnya pada Wikipedia. Intinya apabila terjadi burn in pada layar, maka tidak akan ada kenyamanan ketika memakai ponsel. Hal tersebut dikarenakan selalu ada bayangan setiap kali membuka suatu aplikasi.

Berikut ini contoh layar ponsel yang mengalaminya:

Contoh Burn In pada Layar Ponsel Android

Tombol navigasi masih muncul ketika layar menampilkan background putih.

Contoh Burn In pada Layar Ponsel Android

Status bar masih tampil sedikit kabur meski layar sedang membuka panel status bar.

Tapi dengan cara yang sederhana, kamu bisa mencegah supaya layar pada ponsel kamu tetap aman dan terhindari dari gejala shadow atau burn in. Selama mengikuti tips ini, kamu tak perlu khawatir lagi terhadap layar ponsel kamu.

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

1. Atur Kecerahan Layar Dibawah 50%

Jangan mengatur kecerahan layar sebagai otomatis dan sangat disarankan untuk tetap mengaturnya dibawah 50%, semakin rendah maka semakin baik. Sebenarnya boleh-boleh saja mengaturnya sebagai otomatis karena sensor layar bisa mendeteksi dengan baik sesuai keadaan, namun jika ingin hasil yang baik, sebaiknya jangan atur sebagai otomatis.

Hindari mengatur kecerahan sebagai 100%, karena itu akan membuat LED mengeluarkan daya yang lebih tinggi untuk menerangi layar sehingga rentan kehilangan warnanya. Jadi tetap untuk mengatur dibawah 50% sesuai dengan kenyamanan mata.

2. Kurangi Waktu Redup/Tidur Layar

Aturlah waktu tidur layar maksimal 1 menit dan jangan mengaturnya lebih dari itu. Hindari juga mengatur layar untuk terus menyala. Sebab jika layar terus menyala pada gambaran yang sama, inilah satu-satunya hal yang menyebabkan burn in pada layar.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengatur waktu tidur layar kurang dari 1 menit, misalnya 30 detik atau 15 detik. Tapi aturlah sesuai kenyamanan dan tetap ingat untuk mengatur maksimal 1 menit saja.

3. Pakai Live Wallpaper

Untuk pencegahan yang lebih baik, gunakan live wallpaper. Ini akan membuat layar tidak menampilkan gambar statis, sehingga meski berlama-lama memakai ponsel pada homescreen, tak perlu khawatir lagi terhadap layar.

Namun jika kamu tidak ingin menggunakan live wallpaper dengan alasan lain, misalnya boros baterai. Ada juga cara lain, yaitu sering-sering mengganti wallpaper, setidaknya satu minggu sekali.


Dengan sedikit tips sederhana diatas, sangat menjamin layar ponsel kamu akan tetap aman. Tapi jika saat ini kondisi layar kamu telah terkena shadow atau burn in, maka silakan mencari tutorial untuk mengatasinya pada kolom pencarian yang disediakan pada website ini. Sebab artikel kali ini hanya sekedar tips saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment