≡ Menu

Cara Mendapatkan Latitude dan Longitude di Google Maps

Cara Mendapatkan Latitude dan Longitude di Google Maps

Selain dapat dipakai untuk mengetahui segala lokasi yang ada di bumi, Google Maps dapat dipakai untuk melakukan banyak hal lainnya. Salah satunya adalah mendapatkan titik koordinat (Latitude dan Longitude) secara mudah.

Artikel ini tidak menjelaskan apa itu Latitude dan Longitude, jadi jika sekiranya pengguna masih belum memahaminya, silakan baca terlebih dahulu di Wikipedia. Inti dari mendapatkannya adalah supaya pengguna bisa membagikan lokasi secara akurat dan secara tepat.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit apabila dilakukan dengan bantuan Google Maps. Pengguna bisa melakukannya baik itu dari ponsel Android maupun melalui Komputer dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukannya.

Baca juga: Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Menentukan Latitude dan Longitude di Ponsel Android

Seluruh ponsel Android pastilah sudah dibekali dengan aplikasi bernama Maps. Dengan bantuan aplikasi tersebut, pengguna bisa membagikan lokasi tepat dalam sebuah link atau titik koordinat, berikut ini caranya.

  1. Perbarui terlebih dahulu aplikasi Maps di Play Store.
  2. Buka aplikasinya dan ketik tujuan lokasinya.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Android

  3. Dan jika sudah ketemu, silakan tekan sedikit lama atau panjer tepat pada daerah lokasi yang diinginkan sampai PIN tampil disana.
  4. Sekarang titik koordinat sudah tampil dikolom pencarian pada bagian atas.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Android

  5. Jika pengguna ingin membagikan lokasinya, silakan tekan tombol More, kemudian dilanjutkan mengetuk tombol Share.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Android

Ketika pengguna membagikan lokasi kepada seseorang, maka mereka akan mendapatkan semacam tautan yang akan diarahkan ke-lokasi tepat dimana pengguna memberikan PIN tadi. Sehingga mereka juga tahu titik koordinatnya.

Mendapatkan Latitude dan Longitude di Komputer

Apabila di ponsel bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan aplikasi, sedangkan pada komputer yang diperlukan hanyalah peramban saja. Tidak perlu mengunduh program tambahan karena fitur dari website Google Maps sudah sangat cukup. Berikut ini caranya.

  1. Buka website Google Maps. Kemudian cari lokasi tujuan.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Komputer

  2. Klik kanan pada lokasi apapun dan kemudian pilih opsi What’s here?.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Komputer

  3. Selesai, sekarang latitude dan longitude sudah tampil dibagian bawah.

    Mendapatkan Latitude dan Longitude di Komputer

Sangat jelas sekali mendapatkan latitude dan longitude di komputer jauh lebih praktis dan cepat. Pengguna pun juga bisa langsung menuliskan angka dari koordinat tersebut pada kolom pencarian untuk mengecek benar tidaknya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lokasi GPS Tidak Terdeteksi di Android

Kesimpulan

Walau sepertinya tidak banyak orang yang sering menggunakan latitude dan longitude (lintang dan bujur) tapi ini bisa dijadikan sebagai pengalaman supaya mengerti, bahwa membagikan lokasi secara akurat dapat dilakukan dengan metode ini.

Masih merasa kesusahan? Tenang saja karena ada juga lho website yang bisa dipakai untuk mendapatkan lintang dan bujur dengan sangat mudah. Website tersebut adalah LatLong. Pengguna cukup menuliskan nama kota pada kolom Place Name dan kemudian klik tombol Find.

Mendapatkan Latitude dan Longitude di LatLong

Setelah itu akan muncul lokasi yang tepat dibagian peta dibawahnya. Cukup klik pada lokasi yang diinginkan untuk memindahkan PIN dan begitupula koordinat akan langsung muncul pada kolom yang disediakan disana.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment