≡ Menu

Solusi Ping Merah Saat Bermain Mobile Legends

Solusi Ping Merah Saat Bermain Mobile Legends

Salah satu hal yang menjengkelkan ketika bemain game Mobile Legends adalah “ngelag“. Kadang itu tidak disebabkan oleh ponselnya saja, tapi juga mengarah ke koneksi yang dipakai sekarang ini. Faktanya butuh koneksi yang stabil untuk membuat segala game online bisa lancar.

Yang diperlukan ketika bermain game online seperti Mobile Legends adalah kecepatan Ping. Semakin cepat Pingnya, maka semakin stabil untuk memainkan gamenya. Dan rata-rata kecepatan Ping yang disarankan adalah dibawah 100ms. Diatas 100ms atau bahkan 200ms akan menimbulkan lag sehingga permainan menjadi tidak seru.

Jika kamu sering mendapatkan Ping merah pada Mobile Legends yang mana itu menandakan Ping diatas 200ms, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.

1. Mengecek Jenis Jaringan & Signal yang Didapatkan

Pastikan bahwa saat ini kamu menggunakan jaringan minimal 3G atau 4G, jangan sampai menggunakan jaringan 2G karena itu sangat lambat. Selain itu antara 3G dan 4G silakan pilih signal yang lebih baik.

Karena semakin tinggi signal, semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih tinggi. Dan kecepatan internet yang lebih tinggi akan memperbagus kecepatan Ping nantinya.

Baca juga: Cara Jitu Mempercepat Proses Download File di Android

2. Mengetes Kecepatan Ping Sebelum Bermain

Bukankah lebih baik mengetes koneksi terlebih dahulu sebelum bermain? Karena jika langsung mengetes sambil bermain, nanti takutnya hasilnya tidak bagus dan berakhir melakukan AFK. Nah untuk itu sangat disarankan untuk melakukan tes sederhana terlebih dahulu terhadap kecepatan Ping yang didapat.

Kamu bisa mengetes melalui aplikasi bernama Very Simple Ping atau melalui situs web Meter. Cukup pilih salah satu dari itu, tapi jika kamu memilih untuk mencoba mengetes melalui situs web Meter, silakan pilih server Singapura.

Situs web Meter akan menampilkan diagnosa terhadap kecepatan Ping yang didapatkan. Jika stabil, maka seharusnya hasil akhir dari median harus kurang dari 100ms.Tapi jika lebih dari 100ms, berarti koneksi kurangf stabil. Berikut ini contoh gambaran dari koneksi yang stabil.

Mengetes Ping dari Situs Web Meter

3. Aktifkan Modus Pesawat pada Ponsel

Dengan mengaktifkan modus pesawat, ini bisa menghentikan beberapa proses yang menyerap koneksi dari latar belakang, contohnya WhatsApp dan Facebook. Ada trik supaya kamu bisa mengaktifkan koneksi data pada modus pesawat, maaf disini masih belum menyediakan trik tersebut, jadi silakan cari di Google.

Sementara itu jika saat ini kamu menggunakan koneksi WiFi, bisa langsung hidupkan saja jaringan WiFi tersebut meski pada modus pesawat, karena tidak akan ada peringatan apapun.

4. Ganti Kartu (SIM Card)

Pada sebagian daerah pastilah terdapat kartu SIM yang memiliki jangkauan signal paling bagus dan juga lancar. Kartu SIM yang seperti itulah yang disarankan untuk dipakai bermain game.

Tapi jika boleh memberi saran, kartu paling bagus dan juga luas, adalah “Si Merah“, walau harga paketannya mahal, tapi dipakai untuk bermain game Mobile Legends sangat memuaskan dan Ping jarang sampai merah.

5. Jika Memakai WiFi, Restart Router Sebelum Bermain

Melakukan hal ini akan mengubah alamat IP dan meningkatkan sedikit performa pada sisi koneksi. Cukup lakukan hanya ketika bermain saja. Proses restart router tidaklah lama, kurang lebih hanya 1 sampai 2 menit.

Dan pastikan juga perangkat yang tersambung ke WiFi tidak saling melakukan streaming video di Youtube atau mengunduh file besar, karena tentunya itu akan mempengaruhi kecepatan Ping. Tapi jika mereka hanya sekedar browsing, segalanya akan baik-baik saja.

6. Mencoba Fitur Speed Mode

Terdapat fitur Speed Mode pada Mobile Legends yang dapat ditemui pada bagian pengaturan. Jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, memungkinkan sistem game akan mencoba membuat koneksi lebih cepat dan memakan data yang lebih besar dibanding biasanya.

Untuk beberapa kartu SIM, fitur tersebut juga tidak terlalu bagus untuk diaktifkan. Untuk itu sebaiknya silakan lakukan experimen sederhana dengan cara mencoba menggunakan fitur tersebut dan melihat perbedaanya. Apabila Ping semakin hancur, lebih baik dimatikan saja.

Baca juga: Cara Memperkecil PING Ketika Bermain Game Online

Kesimpulan

Satu dari beberapa tips diatas dijamin dapat mengatasi Ping merah yang kamu alami saat bermain Mobile Legends. Beberapa orang juga lebih menyarankan untuk bermain di malam hari karena koneksi yang lebih stabil, namun sepertinya itu bukan pilihan yang sempurna mengetahui malam hari adalah waktu untuk beristirahat.

Jadi dibanding bermain di malam hari, lakukan langkah ke-4 diatas dan dengan kartu SIM yang tepat, pagi, siang, atau sore pun bisa mendapatkan koneksi yang baik dan tidak akan mengalami lag lagi saat bermain Mobile Legends.

Apabila kamu memiliki tips lain atau mempunyai pertanyaan seputar langkah diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment