≡ Menu

Mengatasi SuperSU Tidak Mendeteksi Akses ROOT

Mengatasi SuperSU Tidak Mendeteksi Akses ROOT

SuperSU adalah aplikasi superuser yang banyak sekali digunakan oleh perangkat yang telah berstatus ROOTED. Faktanya kebanyakan aplikasi pendukung rooting tanpa PC, memanfaatkan SuperSU sebagai aplikasi superuser.

Jadi apabila ponsel yang kamu pakai sekarang sudah diroot dan telah terpasang SuperSU, maka bisa dipastikan bahwa ponselnya berhasil diroot. Tetapi adapun tragedi yang memungkinkan terjadi kesalahan sehingga SuperSU tidak merespon terhadap aplikasi yang meminta akses root.

Jika SuperSU tidak merespon, maka bisa dipastikan itu akan terdeteksi bahwa ponsel seolah belum diroot. Tentu sangat menyebalkan sekali bukan? Tapi untuk sekarang silakan berfikir positif dulu, sebab masih ada solusi untuk kendala tersebut.

Baca juga: 2 Cara Mengubah Kingroot ke SuperSU dengan Mudah

Solusi Dialog Perijinan SuperSU Tidak Muncul

Walau kejadian seperti ini sangat jarang sekali terjadi. Namun dari banyaknya kasus, hal ini justru lebih sering dialami oleh pengguna yang baru saja beralih dari aplikasi superuser lain, misalnya beralih dari Kingroot ke SuperSU.

Dan tulisan ini hanya memiliki dua solusi untuk mengatasinya. Silakan bersabar dan cobalah satu-per-satu dan berharap SuperSU dapat merespon perijinan root lagi.

1. Membuat SuperSU Menjadi Aplikasi Sistem

Ketahui apakah sekarang aplikasi SuperSU berada pada internal atau sudah terpasang sebagai sistem? Jika masih menjadi internal, kamu bisa menjadikannya sebagai sistem dengan cara yang mudah. Berikut ini langkahnya.

  1. Buka aplikasi SuperSU
  2. Masuk ke tab Settings
  3. Gulir kebawah dan tekan opsi Install SuperSU into /system
  4. Maka akan muncul dialog, silakan klik OK dan ponsel akan memulai ulang (reboot)

Setelah ponsel sudah direboot, silakan coba buka aplikasi yang membutuhkan akses root dan tes apakah SuperSU sudah dapat mendeteksi dan menampilkan dialog perijinan? Apabila masih belum muncul juga, tak ada cara lain kecuali menggunakan cara kedua.

2. Mengaktifkan Persetujuan Otomatis untuk Setiap Aplikasi

Jika cara diatas masih tidak bisa membuat SuperSU mendeteksi akses root dari suatu aplikasi, tinggal satu harapan yang dapat kamu coba. Yakni dengan mengaktifkan persetujuan yang bersifat otomatis. Sehingga aplikasi yang meminta akses root kepada superuser akan langsung disetujui.

  1. Silakan buka aplikasi SuperSU
  2. Menuju tab Settings
  3. Gulir kebawah, dan klik pada Default Access
  4. Ubah menjadi Grant

Sekarang coba untuk membuka aplikasi yang membutuhkan akses root, pasti akan berhasil. Tapi ketahuilah bahwa cara ini bukanlah hal yang pintar, karena seolah tidak adanya firewall, sehingga segala aplikasi suatu saat dapat meminta akses root tanpa adanya persetujuan lagi.

Kesimpulan

Cara pertama sangat patut untuk dicoba terlebih dahulu, karena siapa tahu itu berhasil dengan mengubahnya ke sistem. Sebab layaknya Xposed Framework yang kadang tidak bekerja pada suatu ponsel jika terpasang sebagai internal dan harus diubah menjadi aplikasi sistem untuk membuatnya bekerja.

Baca juga: Tutorial Unroot Android Paling Mudah

Sementara cara kedua juga tidak masalah untuk diterapkan seterusnya. Tapi akan lebih baik supaya pengguna memasang aplikasi antivirus. Sebab jika perijinan root terbuka, maka seluruh aplikasi yang baru dipasang akan dapat langsung meminta perijinan otomatis dan itu tergolong berbahaya.

Sementara itu jika pengguna memasang aplikasi antivirus, ini bisa dipakai untuk meminimalisir adanya virus yang masuk dan mencegah aplikasi jahat yang baru saja dipasang. Apabila kamu memiliki solusi lain atau bahkan pertanyaan mengenai tulisan diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment