≡ Menu

Solusi Gagal Install Aplikasi di HP Android

Ada jutaan aplikasi yang siap membantu seluruh pengguna Android untuk melakukan berbagai kebutuhan, seperti belanja, memesan tiket, dan berkomunikasi. Salah satu dari banyaknya aplikasi tersebut pastilah sangat wajib untuk dimiliki. Tapi bagaimana jika ponsel memiliki kendala tidak bisa menginstall aplikasi?

Faktor yang membuat ponsel tidak dapat memasang aplikasi sangat bermacam-macam. Tapi percayalah bahwa kendala tersebut masih dapat diatasi. Dan yang perlu pengguna lakukan adalah mengetahui inti dari permasalahannya terjadi.

Sistem Android akan menampilkan pesan ketika gagal memasang aplikasi dan pengguna dapat mengingatnya. Karena apabila pengguna sudah tahu tentang notif error yang muncul, maka mengatasi masalahnya juga tidak akan begitu sulit.

Solusi Gagal Install Aplikasi di Android

Apa Penyebab Ponsel Tak Dapat Menginstall Aplikasi?

Ponsel yang tidak dapat menginstall aplikasi memiliki kendala yang berbeda-beda. Tapi silakan ketahui beberapa daftar dibawah ini, mungkin salah satunya adalah apa yang pengguna alami sekarang ini. Berikut ini beberapa penyebabnya.

  • Penyimpanan tidak cukup
  • Aplikasi tidak kompatibel
  • Kesalahan internal Play Store

Tiga hal diatas adalah kejadian yang sering terjadi, tapi pengguna tidak perlu cemas, sebab masih ada cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Akibat Penyimpanan Tidak Cukup

Pastikan bahwa penyimpanan internal dan external pada ponselnya mencukupi untuk memasang aplikasi. Pada Play Store sebenarnya memiliki batasan, yaitu jika kapasitas penyimpanan kurang dari 500MB, kadang akan muncul notif bahwa proses memasang gagal akibat penyimpanan tidak cukup.

Solusinya adalah mengunduh file APK dari google. Dan jangan lupakan untuk mengunduh APK Clean Master Lite, sebab aplikasi tersebut cukup berguna untuk menyisihkan sampah untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Mengatasi Selalu Gagal Memasang Aplikasi dari File APK

Pertama silakan dicek terlebih dahulu apa notif error yang tampil. Apakah itu “tidak dapat mengurai“? Jika iya, berarti aplikasi tersebut tidak diunduh dengan benar dan filenya rusak. Pengguna cukup mengunduh kembali filenya dan mencoba memasang ulang.

Tapi apabila masih tetap sama, berarti aplikasi yang hendak diinstall sedang tidak kompatibel dengan OS Android pada ponselnya yang mana membutuhkan versi Android diatasnya. Tak ada solusi untuk hal semacam ini kecuali terdapat pembaruan sistem yang mencakup peningkatan OS.

Adapun kendala lain seperti OS Android sudah mendukung untuk aplikasi tersebut namun selalu saja tidak bisa dipasang. Kemungkinan gejalanya ada pada sisi ROM yang tak mendukung dan solusinya adalah menggantinya dengan Custom ROM.

Mengatasi Android Tidak Bisa Install Aplikasi dari Google Play

Berbagai misteri kadang masih belum terpercahkan pada Play Store untuk sebagian ponsel. Tapi jika masalahnya ada pada Play Store, pastilah muncul notif error. Pengguna cukup mengetahui error code saja dan beritahukan pada komentar, sehingga akan dibantu untuk mencari solusi tepatnya.

Jika tidak muncul notif apapun dan aplikasi tetap saja tidak pernah terpasang. Cobalah untuk keluar dari akun Google dan hapus data pada aplikasi Play Store, kemudian masuk akun Google kembali. Ini adalah cara ampuh untuk mengatasi permasalahan tanpa perlu mereset ulang ponselnya.

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

Akhir Kata

Hanya tiga hal diatas yang biasa terjadi ketika ponsel tidak dapat dipakai untuk memasang aplikasi. Cukup lakukan sesuai inti permasalahan yang pengguna alami saat ini. Dan pengguna sangat dipersilahkan untuk berkomentar dengan masalah yang jelas sehingga kami dapat membantu menananganinya dengan tepat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment