≡ Menu

5 Trik Mempercepat Download File Torrent

5 Trik Mempercepat Download File Torrent

File torrent terlihat memiliki ukuran yang kecil. Tapi dibalik itu, setiap pengguna harus mengunduh kembali, sebab file kecil tadi seolah hanya sebuah gerbang menuju file yang sebenarnya. Dan pastinya dibutuhkan koneksi yang benar-benar mantap untuk bisa mengunduh file torrent.

Sama halnya seperti mengunduh file seperti biasanya, pada torrent pun kamu juga bisa melakukan pause-resume. Tapi satu hal yang membuat bingung adalah proses mengunduh yang tergolong lama padahal koneksi sudah stabil.

Disaat kamu mengunduh file torrent, data yang berjalan tidak hanya proses download saja, tapi juga upload. Namun selalu ada cara untuk dapat memercepat proses download di torrent meski kedua proses itu berjalan bersama-sama. Berikut ini beberapa cara tersebut.

Baca juga: Kumpulan Situs Torrent Search Engine Terbaik di Internet

1. Mengunduh File Torrent Melalui Seedr

Seedr merupakan situs web yang menyediakan fitur untuk mengunduh file torrent secara gratis. Setiap file torrent yang diunduh masih dapat disimpan layaknya pada penyimpanan cloud dan kamu dapat mengunduhnya langsung dari browser.

Bahkan kamu juga bisa mengunduh hasil filenya menggunakan IDM (Internet Download Manager). Tapi untuk akun Seedr versi gratis terdapat batasan tersendiri, dimana kamu hanya bisa menggunakan fiturnya untuk mengunduh sesuai maksimal yang disediakan disana.

Tertarik ingin mencoba? Silakan kunjungi Seedr.

2. Pakai Torrent Client yang Ringan

Kita semua tahu bahwa program torrent client terbaik adalah Bittorent, tapi diluar sana masih terdapat yang lebih baik daripada itu dan juga sangat ringan. Salah satunya adalah uTorrent. Jadi jika kamu saat ini menggunakan torrent client yang lain, sekarang cobalah uTorrent.

Tentang fiturnya, tidak perlu diragukan lagi. Pada uTorrent kamu juga dapat mengatur banyak hal layaknya pada torrent client yang lain. Satu kekurangan yang ada pada uTorrent hanyalah adanya iklan untuk versi gratis.

Untuk mengunduh uTorrent, silakan klik disini.

3. Memilih File Torrent yang Sehat

Untuk memilih file torrent yang sehat, sebelumnya kamu harus paham mengenai konsep seeder dan leecher. Kedua istilah ini akan membingungkan bagi para pengunduh torrent yang baru. Tapi disini akan dibagikan sedikit arti dari kedua itu.

  • Seeder – adalah orang yang memiliki salinan lengkap terhadap file dan menyalurkan ke jaringan.
  • Leecher – adalah orang yang tidak memiliki salinan lengkap terhadap file dan telah bergabung pada jaringan untuk mengunduhnya.

Setelah leecher mengunduh file sepenuhnya, dia akan menjadi seeder. Dan untuk memilih file torrent yang sehat, setidaknya pilih yang memiliki jumlah seeder yang lebih banyak dibanding leecher. Semakin tinggi jumlah seeder, maka semakin sehat torrent tersebut.

Memilih File Torrent yang Sehat

4. Batasi Global Upload Rate

Dengan uTorrent, kamu bisa melakukan ini untuk mengoptimisasi jaringan supaya tidak berlebihan untuk mengunggah terus-menerus sehingga lupa akan proses downloadnya. Dengan membatasi proses upload, kamu bisa mempercepat proses download 2x lebih baik dibanding sebelumnya.

Sekarang pada uTorrent silakan menuju Properties > Bandwith, kemudian atur pada Global Upload Rate Limiting sebagai 100. Dan biarkan nol pada Global Download Rate, sebab yang perlu dibatasi hanya dari sisi uploadnya saja.

Membatasi Global Upload dan Download Rate

5. Menambah Lebih Banyak Tracker

Tracker atau maksudnya adalah pelacak berguna untuk menambah seeder untuk mempercepat proses download. Lebih banyak pelacak, maka semakin banyak pula kesempatan untuk mendapatkan seeder. Biasanya jika file torrent yang kamu unduh cukup populer, maka dengan bantuan tracker yang lebih banyak akan dapat meningkatkan kecepatan download.

Baca juga: Cari Torrent Secara Mudah di Android dengan Aplikasi Ini

Untuk menambahkan tracker, silakan klik kanan pada file torrent yang kamu unduh di uTorrent, lalu pilih Properties dan dibawah tab General kamu akan menemukan daftar tracker saat ini.

Silakan klik disini untuk mendapatkan daftar lengkap trackernya, kemudian tempel itu pada kolom tersebut dan simpan.


Apakah kamu mempunyai cara lain untuk meningkatkan proses download saat mengunduh file torrent? Atau apakah kamu mempunyai pertanyaan mengenai beberapa trik diatas, silakan katakan pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment