≡ Menu

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

Kadang kita tak menyadari adanya sesuatu janggal yang sedang terjadi terhadap ponselnya. Misalnya jari tidak sengaja melakukan sesuatu diluar pengetahuan sejenis menghapus sesuatu yang tergolong penting. Tentu kita sendiri akan merasa bersalah dan segera mencari solusi.

Contoh kecilnya adalah nomor telepon yang entah hilang ataupun terhapus secara tidak sadar. Tentu kita akan berpikiran bahwa tak ada opsi lain kecuali merelakannya. Tapi pada dasarnya kamu masih bisa lho mengembalikan kontak yang telah terhapus tersebut.

Android sebenarnya tidak memberikan fitur untuk mengemablikan nomor yang sudah hilang atau dihapus, tapi ternyata ada aplikasi yang sangat ampuh dan mampu melakukan ini meski terlihat mustahil. Tak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup pada WhatsApp

Mengembalikan Kontak yang Hilang atau Terhapus

Sebelumnya mohon untuk diketahui bahwa cara ini menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Dan satu hal penting yang harus diingat adalah cara ini kemungkinan tak bisa bekerja pada seluruh ponsel Android. Tapi kamu patut untuk mencoba.

  1. Download dan pasang aplikasi Deleted Contacts di Play Store.
  2. Buka aplikasinya dan tekan tombol Deleted.
  3. Maka akan tampil kontak yang terhapus.
  4. Untuk mengembalikannya cukup tekan tombol opsi dibagian kanan atas.
  5. Lalu pilih pada menu Restore All.
  6. Selesai, sekarang coba lihat ke aplikasi kontak, pasti nomor yang terhapus sudah kembali.

Apabila kontak tidak tampil setelah menekan tombol Deleted, berarti ponselnya tidak mendukung untuk menggunakan aplikasi ini. Sejauh yang Saya tahu aplikasi ini tak dapat memulihkan kontak yang tersimpan pada telepon, atau dengan maksud hanya dapat mengidentifikasi kontak yang terhapus pada kartu SIM.

Berikut ini gambaran dari aplikasi tersebut saat menampilkan kontak yang baru saja terhapus.

Gambaran dari Aplikasi Deleted Contacts di Android

Kesimpulan

Memakai aplikasi Deleted Contacts dapat memulihkan kontak yang terhapus atau hilang secara tiba-tiba. Tapi aplikasi tersebut tak akan dapat mengembalikan kontak yang terhapus setelah ponsel sudah direset.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi “Sayangnya Kontak Telah Berhenti” di Android

Kemungkinan besar aplikasi tersebut memanfaatkan log yang ada di Android untuk mengidentifikasi nomor telepon mana saja yang baru-baru ini dihapus. Selain aplikasi Deleted Contacts, juga masih ada beberapa aplikasi lainnya. Namun jika dibandingkan, aplikasi ini memiliki rating dan reputasi yang baik ketimbang yang lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment