≡ Menu

Cara Membuat Link Grup pada WhatsApp

Cara Membuat Link Grup pada WhatsApp

Fitur grup pasti akan selalu ada pada kebanyakan aplikasi chatting, tak terkecuali pada WhatsApp. Fitur tersebut digunakan untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang pada satu konversasi. Pengguna bisa berinteraksi dengan anggota grup meski bukan sesama kontak.

Setiap grup yang terbantuk, pastilah memiliki identitas yang bersifat privasi, namun pengguna bisa menambah anggota lain dengan menyebarkan link atau tautan pada grup. Dengan begitu tidak perlu repot-repot lagi menambah kontak secara manual, karena mereka bisa langsung bergabung secara otomatis dari link yang dibagikan.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mendapatkan link grup tersebut? Tapi sebenarnya untuk mendapatkannya sangat mudah lho, hanya perlu sedikit ketelitian, dan mungkin bagi orang yang baru bermain WhatsApp, hal ini masih tergolong menyulitkan.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur WhatsApp Web

Mendaptkan Tautan atau Link Grup di WhatsApp

Disini akan Saya berikan sedikit cara untuk mengambil link yang ada di grup WhatsApp. Dan perlu dikehui bahwa tautan yang akan dibuat termasuk “sementara” atau dengan maksud tautan tersebut bisa di-kadaluarsakan secara manual oleh admin jika memang di-inginkan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan menuju grup yang akan diambil linknya. (Pastikan bahwa pengguna adalah admin dari grup tersebut)
  2. Ketuk pada tombol opsi yang ada dibagian kanan atas dan lanjutkan memilih Group Info.

    Membuat Link Grup pada WhatsApp

  3. Kemudian gulir kebawah dan ketuk opsi Invite via Link.

    Membuat Link Grup pada WhatsApp

  4. Sekarang pasti sudah tampil tautannya dan cukup disalin dan dibagikan.

    Membuat Link Grup pada WhatsApp

Jika sekiranya opsi untuk membuat link tidak tampil, berarti pengguna bukanlah admin dari grup tersebut. Sebab hanya admin saja yang bisa mengelola link. Dan kegunaan dari adanya fitur untuk meng-kadaluarsakan tautan itu supaya tidak ada yang menyalahgunakan atau membatasi anggota baru yang ingin bergabung.

Baca juga: Solusi Foto Profil Teman di WhatsApp Tidak Tampil

Kesimpulan

Orang yang bergabung akan langsung otomatis menjadi anggota. Jadi admin tidak perlu lagi menyetujuinya. Dan sebab itulah link yang dibuat bersifat privasi serta hanya bisa dilihat oleh admin saja.

Pengguna bisa mengajak seseorang bergabung melalui link tersebut dan setelah itu dapat melakukan Revoke Link untuk mencegah orang lain ikut bergabung. Kecuali jika pengguna ingin anggota yang banyak sampai penuh, tentu membagikan link ini secara publik jauh lebih mudah untuk mendapatkan anggota.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment