≡ Menu

Trik Menambah Fitur di Youtube dengan Iridium

Trik Menambah Fitur di Youtube dengan Iridium

Pasti pengguna sudah mengetahui apabila Youtube memiliki tampilan yang baru, dengan gaya yang lebih modern juga memiliki tambahan beberapa fitur menarik dan salah satunya adalah modus malam. Sementara itu jika pengguna pernah membaca artikel di Blog Second mengenai Yotutube Plus, sayangnya itu tidak berfungsi lagi untuk tampilan Youtube yang baru.

Youtube Plus adalah semacam userscript yang ter-integrasi dengan bantuan pengaya Tampermonkey atau Greasemonkey. Kegunaannya adalah menamnbah fitur yang ada pada Youtube sehingga pengguna dapat melakukan lebih dari sekedari fitur yang ada di Youtube.

Celakanya, Youtube Plus tidak dikembangkan lagi untuk tampilan Youtube terbaru sehingga munculah userscript baru bernama Iridium. Script tersebut dikembangkan oleh pembuat script Youtube Plus yaitu ParticleCore.

Baca juga: Cara Capture Gambar pada Video Youtube dengan Mudah

Fitur yang Ada di Iridium

Membahas tentang fitur mungkin tak akan ada habisnya. Sebab apa yang pengguna lihat disini mungkin hanya ada sebagian saja. Sebab script ini mungkin akan terus diperbarui sehingga terdapat adanya fitur baru yang tak tertulis disini. Tapi berikut ini beberapa fitur unggul yang ada pada Iridium.

  • Memutar Video di Latar Belakang – Pengguna diberikan kebebasan dalam memutar video meski tidak ada di halaman pemutaran tersebut. Jadi video akan diperkecil pada bagian kanan bawah. Cara kerjanya sangat mudah, ketika video sedang diputar maka pengguna bebas menekan tombol kembali pada peramban atau langsung menekan logo Youtube.

    Untuk mengaktifkan fitur ini ada pada opsi bernama Video keeps playing when changing pages pada menu Video.

  • Menonaktifkan Iklan – Jika sekiranya terganggu dengan adanya iklan ketika memutar video, maka Iridium dapat dengan mudah menghilangkannya. Ini adalah semacam AD Block namun hanya berfungsi hanya di Youtube saja.

    Perlu diketahui bahwa menonaktifkan iklan adalah hal yang tidak manusiawi karena Youtuber pun juga membutuhkan penghasilan supaya dapat terus membagikan segalanya. Jadi pikirkan dulu sebelum megaktifkan fitur untuk mematikan iklan.

  • Setelan Standar Kualitas Video – Umumnya, Youtube akan mengatur sebagai Auto sehingga akan dipilihkan resolusi yang sesuai terhadap koneksinya saat ini. Dan pengguna bisa mengganti itu dengan bantuan Iridium supaya tetap pada resolusi yang sama setiap kali memutar video.

    Pada menu Video bagian Player dan opsi bernama Default video quality cukup isikan resolusi video yang diinginkan.

  • Tidak Menampilkan Komentar Otomatis – Biasanya ketika kita mencoba untuk skroll halaman kebawah akan otomatis komentar terbuka. Sedangkan jika pengguna tak ingin itu terjadi, cukup atur Comment Section sebagai Hide.

    Dengan begitu pengguna harus menekan tombol Show Comments setiap kali ingin memunculkan komentar pada suatu video.

  • Tambahan Shortcut dibawah Video – Tambahan opsi ini bisa berfungsi untuk beberapa hal, misalnya mengambil screenshot dari video yang ditonton saat ini. Atau mengambil thumbnail dengan berbagai resolusi yang ada.

    Selain itu ada pula fitur untuk menonaktifkan Autoplay, sehingga pengguna perlu menekan tombol Play setiap kali masuk ke halaman video.

Ingat bahwa diatas hanyalah sebagian fitur unggul saja. Namun tak menutup kemungkinan bahwa akan ada fitur yang lebih baru dan menyerupai Youtube Plus suatu saat nanti.

Bagaimana Cara Menggunakan Iridium?

Unduh terlebih dahulu pengaya bernama Tampermonkey dan kemudian klik pada tombol download berwarna hijau setelah paragraf ini. Di halaman itu, pengguna cukup menekan lagi link bernama Github dan kemudian perijinan akan masuk ke Tampermonkey dan script akan terinstall.

DOWNLOAD

Jika sudah terpasang, cobalah mengakses Youtube, pasti akan terdapat tambahan ikon disebelah atas disamping kolom pencarian. Klik ikon Iridium tersebut untuk memulai mengatur segalanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Buffering ketika Menonton Video di Youtube

Apabila dibandingkan dengan script Youtube Plus, mungkin Iridium masih belum sebagus itu. Tapi mungkin kedepannya terdapat tambahan fitur lagi seperti modus repeat, frame-by-frame, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment