≡ Menu

Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Cara Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

WhatsApp atau biasa disingkat sebagai WA adalah aplikasi komunikasi yang sangat marak digunakan oleh orang di Indonesia. Bahkan hampir sebagian orang tidak menggunakan alat komunikasi SMS lagi karena terbantu dengan WhatsApp yang mana dapat melakukan pesan teks serta panggilan gratis.

WhatsApp memiliki fitur yang sangat bagus didalamnya dan terus diperbarui. Bahkan tersedia pula SIM khusus yang dinamai ChatSIM yang kegunaannya adalah dapat mengakses gratis WhatsApp tanpa perlu membayar akses internet lagi. Tapi masih tak diketahui apakah jaringannya sudah tersedia di Indonesia.

Bicara tentang akses internet, kadang menggunakan WA bisa dikatakan boros apabila pengguna bergabung di suatu grup yang aktif dalam mengirim foto atau video secara berkala. Nah secara default, WhatsApp memberlakukan fitur otomatis untuk mengunduh foto untuk jaringan seluler, dan otomatis mengunduh foto dan video untuk jaringan WiFi.

Baca juga: Cara Mencegah Video Diputar Otomatis pada Facebook Lite

Menghemat Kuota di WhatsApp

Kuota sangat diperlukan tidak hanya untuk melakukan chatting saja, tapi juga browsing dan segala hal lainnya. Pasti semua orang tidak akan mau kehabisan kuota hanya disebabkan aplikasi chatting saja, untuk itulah disini Saya membagikan sedikit cara untuk menghemat kuota ketika memakai WA.

Jadi terdapat menu yang bernama Data Usage, itu berfungsi untuk melihat segala informasi mengenai kuota yang akan digunakan serta informasi tentang kuota yang telah terpakai selama ini. Didalamnya terdapat fitur untuk mengunduh otomatis dan itu harus dimatikan untuk dapat menghemat kuota.

Tapi ini tergantung kenyamanan pengguna juga, karena beberapa orang lebih suka menerima konten secara langsung dibanding harus mengunduh secara manual. Sedangkan bagi orang yang suka menghemat kuota, mematikan fitur auto-download adalah sangat penting.

Mematikan Fitur Auto Download di WhatsApp

Fitur auto download akan bekerja ketika terdapat seseorang yang mengirim konten foto, video, audio, dan dokumen. Selain jenis file itu maka tidak akan diberlakukan untuk mengunduh secara otomatis.

Jadi perangkat akan mengunduh secara otomatis disaat pengguna membuka pesan itu. Tapi jika pengguna belum membuka pesannya, maka tidak akan dilakukan download otomatis. Ini adalah fitur pintar menurut Saya, tapi jika pengguna ingin mematikan fiturnya, silakan simak caranya dibawah ini.

  1. Tekan pada tombol Opsi yang ada dibagian kanan atas dan pilih Settings.

    Mematikan Fitur Auto Download di WhatsApp

  2. Pilih menu bernama Data Usage.

    Mematikan Fitur Auto Download di WhatsApp

  3. Perhatikan dibagian Media auto-download. Ada 3 opsi disana. Pilih tergantung jaringan yang pengguna pakai saat ini. Contohnya jika memakai jaringan seluler, cukup pilih opsi When using mobile data.

    Mematikan Fitur Auto Download di WhatsApp

  4. Ada empat format berkas seperti yang Saya sebutkan tadi. Pengguna bisa mematikan beberapa dan menyisakan satu jenis berkas. Tapi jika ingin mematikan sepenuhnya, silakan tidak mencentang semuanya. Dan melanjutkan menekan tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

    Mematikan Fitur Auto Download di WhatsApp

Mulai sekarang segala jenis berkas yang dikirim oleh orang lain akan tidak di download secara otomatis dan pengguna harus menekan tombol unduhan untuk melihat berkas tersebut.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Fitur WhatsApp Web

Kesimpulan

Aktifkan atau matikan fitur download otomatis tergantung kenyamanan pengguna. Jika Saya sendiri mematikan fitur tersebut ketika memakai data seluler, namun tetap mengaktifkan untuk mengunduh foto dan video secara otomatis di jaringan WiFi.

Yang membuat orang tidak nyaman mungkin karena adanya grup yang selalu mengirim foto terus-menerus. Entah apakah itu grup meme atau lain-lain, dan yang pasti itu tidak akan menghemat kuota apabila fitur download otomatis diaktifkan disaat membuka percakapan grup itu. Karena data internet akan mengalir seperti sungai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment