≡ Menu

Cara Konversi Kode Perintah cURL ke Versi PHP

Cara Konversi Kode Perintah cURL ke Versi PHP

Kegunaan cURL hampir sama seperti wget tapi mungkin keduanya memiliki keunggulan atau kekurangan yang berbeda-beda. Jika soal unduh-mengunduh, Saya lebih suka menggunakan wget karena terbilang praktis untuk dijalankan melalui command/terminal.

Sedangkan cURL, Saya lebih suka menggunakannya untuk scrapping halaman atau untuk mendapatkan response dari suatu API. Menggunakan cURL lewat command mungkin tergolong hal yang susah, tapi berbeda jika melakukannya dengan kode PHP, akan terasa lebih mudah dialihkan.

Jika pengguna pernah membaca artikel di Blog Second mengenai mengambil dan mengirim ulang XHR dari suatu situs dan proses mengambilnya menggunakan cURL, maka cara ini sangat boleh untuk dicoba.

Baca juga: Cara Mengulangi Proses XHR pada Browser

Mengkonversi Perintah cURL ke Kode PHP

Cara ini menggunakan bantuan pihak ketiga, tapi nantinya pengguna juga bisa melakukannya sendiri dengan script yang disediakan oleh pembuatnya. Jadi ada script bernama Curl-to-PHP yang akan membantu pengguna melakukan koversi ini. Cara lengkapnya silakan simak dibawah ini.

  1. Siap perintah cURL yang dimiliki saat ini. Dan jika sudah, langsung saja menuju Curl-to-PHP.
  2. Tempel perintah cURL pada kolom besar yang disediakan disana.

    Konversi Perintah cURL ke Kode PHP

  3. Dan pengguna cukup menunggu sekejap pasti hasilnya sudah bisa dilihat dibagian bawahnya.

    Konversi Perintah cURL ke Kode PHP

Bukan hal yang sulit kan? Tapi perlu diketahui bahwa masih ada sedikit kekurangan dalam menggunakan fitur ini, bukan dari pembacaan fungsi tapi parsing kode seperti tanda petik yang menyebabkan syntax error. Untuk itulah mengapa pengguna harus mengoreksi sekali lagi hasil dari kodenya.

Script Curl-to-PHP

Kode ini tersedia gratis di Github dan pembuatnya bernama John C (Incarnate). Pengguna bisa masuk ke halaman Incarnate: Curl-to-PHP untuk mengunduh scriptnya secara gratis.

Perlu diketahui sekali lagi bahwa developer dari script Curl-to-PHP pun mengatakan bahwa ini tidak menjamin dapat mengkonversi segala bentuk perintah cURL, namun ini berfungsi dengan baik untuk kebanyakan API request yang biasanya diberikan oleh suatu website.

Baca juga: Cara Mengirim File Dari PC Ke Android Dengan Wifi

Didalam scriptnya juga sudah disediakan beberapa contoh pemanggilan yang didukung. Dan bagian terbaiknya, semua itu dieksekusi hanya dengan bantuan kode Javascript saja. Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment