≡ Menu

Kumpulan Website Penyedia Gambar Tanpa Hak Cipta

Kumpulan Website Penyedia Gambar Tanpa Hak Cipta

Gambar tanpa hak cipta masih diperlukan bagi banyak orang, khususnya para blogger. Mereka membutuhkan sebuah gambar untuk pelengkap dari artikel yang ia buat sehingga tidak hanya tulisan saja yang tampil dan pengunjung pun bisa diberi sedikit hal mengenai gambaran.

Sebenarnya Google Images pun juga menyediakan fitur untuk mem-filter gambar yang memiliki hak cipta dan dapat diambil secara gratis untuk dipakai dimanapun. Dan cara melakukannya pun sudah dijelaskan di halaman Menemukan gambar yang bebas digunakan.

Tapi jika hanya di Google saja, masih kurang jika belum mengunjungi beberapa situs yang akan dibagikan di artikel ini. Sebab kali ini akan Saya bagikan kumpulan situs penyedia gambar tanpa copyright dan semuanya gratis.

Baca juga: Kumpulan Situs Penyimpanan Gambar Gratis Terbaik

Bahaya Memasang Gambar yang Memiliki Hak Cipta di Suatu Artikel

Sangat beresiko sekali memasang gambar yang memiliki hak cipta pada sebuah artikel yang dibuat. Karena itu bisa digugat layaknya artikel yang bukan buatan pengguna sendiri. Yang nantinya DMCA lah yang menjadi juri untuk menghapus situs pengguna.

Kebanyakan penyedia server juga mematuhi ketentuan DMCA ini yang mana akan menangguhkan website yang dikira melanggar dengan sangat keterlaluan. Ini menyebabkan website tidak dapat diakses lagi dan tentu kehilangan pengunjung.

Bagaimana Terhadap Website Penyedia Wallpaper

Tidak semua website penyedia wallpaper adalah foto miliknya sendiri atau dengan maksud dipotret lalu diunggah, tapi mereka pastinya juga mendapatkan itu dari penyedia gambar tanpa hak cipta yang mana seluruhnya dapat dimiliki atau diunduh tanpa ada watermark yang menganggu.

Dan untuk inilah artikel ini dibuat supaya pengguna dapat mencari berbagai gambar yang diinginkan yang sepenuhnya gratis dan tidak beresiko digugat oleh pemilik karena sudah terbukti berkasnya tanpa hak cipta.

Kumpulan Website Penyedia Gambar Tanpa Hak Cipta

Tak banyak situs yang Saya bagikan, tapi Saya rasa itu sudah cukup karena satu website sekiranya memiliki berjuta-juta gambar dan jika semuanya digabung menjadi satu pastinya sudah melebihi dari kata cukup untuk mencari sebuah gambar.

  • Free Range Stock – Memiliki tampilan yang mudah untuk dimengerti. Mencari gambar juga bisa dilakukan dengan mudah akan tetapi untuk mengunduh setiap gambar harus memiliki akun terlebih dahulu.
  • Pixabay – Cobalah mencari di Google dengan keyword gambar tanpa hak cipta, maka munculah situs ini di halaman pertama. Pixabay sampai saat ini menyediakan lebih dari 1 juta gambar gratis dan terus bertambah. Setiap kali mengunduh gambar akan diperintahkan untuk mengisi kode captcha, tapi itu bisa hilang ketika pengguna mendaftar.
  • Unsplash – Berbeda dari kedua diatas, situs ini menyediakan banyak gambar gratis dan juga sangat mudah sekali untuk diunduh. Tidak perlu daftar untuk mengunduh kecuali jika pengguna ingin memberikan review terhadap gambar itu, maka daftar adalah kewajiban.
  • Flickr – Adalah satu-satunya website penyedia gambar tanpa hak cipta terbesar di internet. Sekarang ini sudah ada lebih dari 3 juta gambar gratis dan terus bertambah tiap harinya. Banyak sekali anggota di Flickr ini yang membuat gambarnya terus bertambah pesat.
  • Life of Pix – Walau Saya rasa situs ini masih kurang lengkap dibanding diatas, tapi situs ini juga patut untuk dikunjungi, karena semua gambarnya sangat bagus seolah yang diberikan hanya gambar yang bagus-bagus saja.
  • Pexels – Satu lagi situs penyedia gambar gratisan yang lengkap dan memiliki tampilan mewah. Tidak perlu mendaftar untuk mengunduh setiap gambar. Dan ketika mencari gambar pun tidak ada navigasi, tapi website ini menerapkan unlimited scrolling dan memunculkan sampai gambar habis.

Sejujurnya, Saya juga sering menggunakan salah satu dari diatas. Jadi biasanya jika Saya tidak menemukan gambar yang Saya harapkan, maka Saya berpindah ke situs yang lainnya dan alhasil ternyata akhirnya ketemu juga.

Apakah Terdapat Watermark?

Tentu saja tidak ada. Seluruh gambar yang disediakan pada kumpulan website diatas adalah bebas dari watermark. Dan pengguna pun juga bisa menghargai karya mereka dengan memberikan donasi langsung dari websitenya.

Berbeda dengan shutterstock yang mana terdapat watermark disetiap gambarnya dan orang yang ingin mengambil gambar tanpa ada watermark harus membayar sekali seumur hidup. Tapi percayalah kumpulan diatas memberikan gambar gratis tanpa perlu mengeluarkan dana sedikitpun.

Baca juga: Plugin Terbaik untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Mengenai Resolusi Gambar yang Didapatkan

Semua gambar yang disediakan adalah ber-resolusi HD dan terkadang disuatu gambar juga memiliki resolusi yang lebih tinggi sehingga itu sangat cocok dipakai untuk segala hal, misalnya objek untuk mengedit foto atau sekedar gambar di artikel website.

Jika pun pengguna ingin memakainya untuk artikel di website, Saya juga menyarankan untuk mengompress gambar tersebut karena kebanyakan gambar yang diunduh, ukurannya sangat besar. Jika ukuran gambar besar, secara otomatis membuat halaman lama diakses bagi pengunjung dengan jaringan internet yang lambat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment