≡ Menu

Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Antivirus Avast

Cara Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Antivirus Avast

Segala program yang beresiko akan langsung dimasukan kedalam karantina oleh semua antivirus, sebagian adapula yang langsung menghapusnya dan Saya rasa itu bukanlah tindakan yang benar. Sedangkan jika pengguna memakai antivirus Avast, semua file jahat akan disatukan pada bagian karantina dan masih dapat dikelola.

Karena setiap program jahat itu tidak sepenuhnya jahat. Terkadang antivirus memang sulit membedakan sebuah progam jadinya apabila terdapat satu program yang mencoba mengedit sesuatu pada program lain, itu bisa disebut sebagai spyware atau virus mata-mata.

Ketika terdapat program sejenis itu, pemberitahuan Avast akan langsung tampil pada taskbar yang menampilkan dialog bahwa terdapat program jahat dan sudah dimasukan ke karantina. Mungkin jika pengguna tidak tahu letak karantina, bisa membaca artikel Saya sebelumnya.

Baca juga: Cara Melihat File Karantina Di Avast

Menambah Pengecualian Supaya Avast Mengabaikan Suatu Program

Setiap antivirus memang sensitif sekali terhadap file yang berpotensi jahat. Sedikit ketahuan maka akan langsung dibasmi. Tapi itu adalah sesuatu yang benar bermutu supaya perangkat tidak pernah terjangkit yang namanya malware dan tetap aman sampai sekarang.

Menambah pengecualian adalah satu cara untuk menghentikan antivirus bertindak pada file tersebut. Sehingga antivirus langsung mengabaikan dan tidak mencoba memindai terlebih dahulu. Tapi jika pengguna mencoba memindai secara manual, tentu file akan masih teridentifikasi sebagai virus. Berikut ini tata cara memberi pengecualian di Avast.

  1. Masuk pada antaramuka Avast. Tekan menu Pengaturan yang ada di bagian kiri bawah.

    Menambah Pengecualian di Antivirus Avast

  2. Pada tab Umum cukup skroll kebawah dan klik menu bernama Pengecualian dilanjutkan menekan tombol Tambah. Akan ada kolom disana, tapi untuk mempermudah mencari file, cukup tekan tombol jelajahi yang ada disamping.

    Dengan memakai fitur Jelajahi, pengguna hanya bisa memilih folder mana yang terdapat file dengan program dianggap jahat. Jadi cukup centang folder tersebut setelah itu klik OK dan dilanjutkan menekan tombol Tambah sekali lagi.

    Menambah Pengecualian di Antivirus Avast

  3. Sementara jika pengguna ingin menambah situs web, silakan menuju bagian URL dan tambahkan URL situs web yang dianggap jahat oleh Avast.

    Menambah Pengecualian di Antivirus Avast

  4. Tahap terakhir adalah menekan tombol OK berwarna hijau dipojok kanan bawah.

    Menambah Pengecualian di Antivirus Avast

Setelah menambahkan pengecualian, cobalah mengakses file atau URL yang dianggap berpotensi virus oleh Avast, pasti tidak akan ada peringatan lagi. Tapi sebagai saran terbaik, pakailah fitur Avast Sandbox sementara untuk mengetahui aktivitas program tersebut apakah benar akan mengirim malware ke perangkat atau hanya sekedar berjalan normal.

Mempermudah Filter File dan URL di Pengecualian Avast

Seperti ketika pengguna memakai fitur jelajahi untuk dipakai memilih folder mana yang didalamnya terdapat program jahat, pasti hasilnya yang ada dikolom nantinya terdapat simbol asterik (*) yang mana itu adalah simbol untuk memilih segala hal.

Biasanya itu juga disebut wildcard atau bermaksud memilih segalanya yang ada disana. Sebagai contoh adalah pengguna memilih drive D dan di folder bernama “Penting”. Nantinya akan menjadi seperti ini “D:\Penting\*

Perhatikan bahwa terdapat simbol bintang di akhir berfungsi untuk memilih segala file dan di area tersebut. Pengguna juga bisa memfilter khusus untuk suatu nama file seperti ini “D:\Penting\Paijo_*

Baca juga: Tutorial Menggunakan Secureline VPN pada Avast

Maksud dari itu adalah pengguna dapat memfilter file yang hanya bernama Paijo_. Contohnya adalah Paijo_Program.exe atau Paijo_Anu.exe. Dan sama halnya seperti URL Website juga bisa difilter memakai simbol asterik tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment