≡ Menu

Cara Menggunakan Emoji pada Komputer

Fitur emoji yang biasanya dipakai para pengguna ponsel smartphone, apakah bisa juga diterapkan pada PC? Saya tidak tahu ingin menjawab iya atau tidak, karena jawabannya meliputi kedua dari itu. Jadi tidak semua operasi sistem yang ada pada PC dapat membaca emoji dengan benar.

Hingga sekarang ini, hanya Windows 8 keatas saja yang dapat memakai fitur emoji dengan cara memilih fitur smiley yang ada pada program bawaan bernama touch keyboard. Sementara jika pada Windows 7 dan kebawahnya masih tidak bisa melakukan dengan cara yang mudah, tapi memang ada cara alternatif untuk melakukan itu.

Cara alternatif ini terbilang mudah atau dengan maksud tidak sesulit yang dipikirkan. Sebab pengguna intinya hanya perlu menyalin kode emojinya saja dan itu bisa berlangsung dengan sangat cepat. Tapi perlu diketahui bahwa cara ini tidak sepraktis layaknya memakai emoji pada ponsel smartphone.

Baca juga: Touchpal – Keyboard Emoji Kaya Fitur untuk Android

Memakai Pengaya Emoji untuk Google Chrome

Cara ini yang Saya dahulukan karena sangat mudah sekali untuk menambah fitur emoji pada peramban. Tapi ini dikhususkan untuk Google Chrome saja dan bangsa chromium sejenis Opera atau UC Browser, selain itu tidak bisa menggunakan pengaya ini.

Pengguna bisa memasangnya langsung di halaman Chrome Webstore. Sebelum memasangnya, pastikan pengguna sudah menyediakan kuota yang mencukupi, karena pengaya ini memiliki ukuran yang tidak sedikit, kurang lebih adalah 50Mb.

Cara Menggunakan Emoji pada Komputer

Apa yang membuat Saya menyarankan sekali memakai pengaya “Emoji for Chrome” disebabkan hanya pengaya inilah yang terus meng-update setiap emojinya dan sekarang ini sudah banyak sekali emoji yang disediakan dan bisa dikatakan lengkap.

Menyalin Langsung dari Situs Penyedia Emoji

Apabila pengguna tidak suka memakai pengaya dengan alasan lain, maka cara terakhir yang dapat dilakukan adalah menyalin langsung dari situs web penyedia emoji terlengkap. Saat ini ada dua situs aja yang menurut Saya paling terbaik, berikut ini Saya ulas keduanya.

  • GetEmoji – Website ini memberikan kumpulan emoji yang sangat lengkap sekali. Dan bagian bagusnya adalah pengguna dapat menemukan emoji dari deskripsi yang bisa dituliskan di kolom pencarian, maka emoji yang cocok akan tampil.

    Pengguna pasti akan melihat bahwa terdapat simbol kotak-kotak, itu dikarenakan peramban pengguna tidak bisa melihat penuh emoji tersebut. Dan untuk hasil yang lebih baik, gunakan pengaya Emoji untuk Chrome supaya segala emoji bisa terlihat.

    Untuk menyalinnya, cukup seleksi satu emoji, lalu tekan tombol CTRL+C pada keyboard, maka emoji akan tersalin dan cukup ditempel dengan tombol CTRL+V.

    Cara Menggunakan Emoji pada Komputer

  • iEmoji – Sementara jika GetEmoji harus menyalin segala emoji yang dipilih dan kadang muncul kotak-kotak alias tidak terbaca oleh pengaya, justru iEmoji memiliki hal yang lebih mudah untuk dicoba.

    iEmoji menggunakan fungsi layaknya keyboard, jadi pengguna bisa menulis pada kolom dan memilih emoji dibawahnya. Dan jika sudah selesai, tinggal salin segalanya yang ada di kolom tersebut dan tempel untuk membuat status atau lain-lain.

    Cara Menggunakan Emoji pada Komputer

Pengguna bisa menilai mana yang terbaik dari diatas. Jika kelengkapan, Saya rasa GetEmoji lebih baik. Akan tetapi jika dilihat dari sisi kontrol, tentu iEmoji lebih bagus. Dari kedua itu, yang paling mudah sekali jika menurut Saya adalah memasang pengaya untuk peramban.

Tidak Perlu Cara ini Jika Ingin Dipakai untuk Facebook

Apakah pengguna sudah tahu bahwa di Facebook sebenarnya sudah menyediakan fitur Emoji, dengan begitu membuat status memakai itu tidak lagi membutuhkan bantuan seperti diatas dan cukup menekan tombol Smiley yang ada dibagian bawah.

Keunggulan dalam Memasang Pengaya Emoji untuk Chrome

Tidak ada yang sia-sia jika hasilnya memuaskan, itu sama halnya dengan memasang pengaya ini. Tidak sia-sia meski membuang 50Mb apabila peramban bisa mendeteksi segala jenis emoji yang ada. Dan dibalik 50Mb itu, hal yang bagus adalah bahwa pengaya ini tidak membuat peramban menjadi lambat.

Ukuran 50Mb itu adalah gambar emoji yang disimpan pada sistem yang mana tidak berpengaruh terhadap memory yang dibutuhkan atau mengambil dari RAM. Jika dilihat pada task manager, pengaya tersebut hanya berjalan pada ambang 4Mb saja, itu adalah perhitungan yang sangat sedikit dan tidak membani komputer.

Kelebihan lain dalam memakai pengaya ini adalah dapat menampilkan emoji yang sebelumnya hanya terlihat kotak-kotak saja. Pengaya ini akan mencoba untuk mengganti setiap kode emoji itu dengan gambar yang tepat. Inilah kehebatan dari memakai extension ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Teks Kotak-Kotak Di Android GB

Kesimpulan

Tidak ada salahnya pengguna ingin menggunakan cara yang mana saja, tapi memakai pengaya lebih berarti. Sangat cocok jika pengguna adalah penguna Twitter, sebab sampai saat ini tidak ada fitur emoji yang diberikan oleh Twitter layaknya di Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment