≡ Menu

Plugin Terbaik untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Gambar adalah salah satu objek yang sangat mempengaruhi terhadap kecepatan website. Dimana ketika terdapat banyak gambar pada satu halaman, perlu setidaknya beberapa detik untuk memuat halaman seutuhnya tanpa ada yang tersisa.

Walau gambar dengan ukuran besar masih bisa diminimalisir melalui bantuan Lazy Load atau bisa dimaksud gambar hanya tampil apabila pengguna melakukan skroll halaman. Tapi lebih bagus lagi jika gambar langsung dikompres.

Mengompres gambar bisa dilakukan dengan bantuan program atau bahkan juga bisa dilakukan secara online. Itu tergantung dari minat pengguna sendiri, akan tetapi terdapat cara termudah saat ini yang perlu dicoba sekarang juga.

Yakni melalui sebuah plugin yang bernama Imagify. Plugin tersebut tersedia untuk situs berbasis WordPress dan tentang fiturnya, tentu saja ber-operasi untuk mengompres gambar supaya ukurannya berkurang.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online

Terdapat plugin yang menyerupai Imagify, akan tetapi menurut Saya hanya Imagify yang terbaik. Tidak hanya melakukannya secara otomatis saja, tapi juga ada banyak hal yang menonjol pada plugin ini sehingga Saya menyebutnya sebagai yang terbaik dari lainnya.

Apakah Imagify gratis? Jawabannya adalah Iya, Tapi pengguna diharuskan untuk mendaftar pada website Imagify dan mendapatkan API Key supaya bisa melakukan kompressi gambar. Bagi member gratis, plugin ini memiliki batasan pengompresan gambar, tapi batas tersebut juga bisa hilang ketika pengguna meng-upgrade keanggotaan menjadi premium dan berbagai macam menu terbaik akan dapat digunakan saat itu juga.

Ada 3 macam bentuk mengompres gambar pada plugin ini. Yaitu Normal, Aggresive, dan Ultra. Secara default plugin ini mengaturnya sebagai Aggresive karena itu sudah cukup untuk mengurangi ukuran gambar tanpa merusak grafik berlebihan. Tetapi jika pengguna memilihnya sebagai Ultra, ukuran gambar memang akan lebih kecil, sedangkan grafik gambar akan berkurang dan tidak detail seperti sebelumnya.

Persentase pengompresan gambar ini tergantung dari gambar itu sendiri. Tidak ada minimal dan maksimal presentase yang diberikan dan dilakukan secara otomatis sehingga hasilnya selalu memuaskan. Maksimal gambar yang boleh dikompres adalah 2Mb dan lebih dari itu tidak akan dilangsungkan alias membutuhkan akses premium.

Cara kerja dari plugin ini sangat sederhana, jadi plugin melakukan fetch gambar yang ada di media, lalu mengunggah terlebih dahulu ke server Imagify dan melakukan kompres sekejap dan setelah itu mengunggah kembali ke server pengguna dan menghapus gambar yang lama.

Tapi walau dihapus, pada pengaturan Imagify juga diberi kebebasan untuk menyimpan gambar yang sebelumnya, sehingga pengguna yang tidak puas dengan pengompresan yang dilakukan, bisa melakukan undo atau mengurungkan.

Bagaimana Mengompres Menggunakan Imagify

Caranya sangat mudah sekali, pengguna hanya perlu memasang plugin ini terlebih dahulu, selanjutnya mendaftar ke situs Imagify seperti yang disarankan pada pertama kali membuka halaman plugin. Setelah itu memasukan API Key dan segalanya siap untuk digunakan.

Plugin untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Untuk cara yang cepat, pengguna bisa menggunakan fitur Bulk Optimization yang mana fitur ini akan mengompress pada gambar yang belum dikompres sebelumnya. Sedangkan jika pengguna ingin mengompres pada suatu gambar saja, bisa membuka menu Media dan atur tampilan menjadi mode list atau daftar, karena jika memakai mode grid tak akan ada pilihan untuk mengompress gambar.

Plugin untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Setelah ada di mode daftar, pengguna bisa melihat tombol disamping gambar yang ada pada server. Itu dapat digunakan untuk mengompres gambar yang dipilih saja. Proses tunggunya tergantung dari kecepatan server, tapi secara normal hanya menunggu sekitar 15 detik saja.

Plugin untuk Mengompres Gambar Secara Otomatis

Mengapa Imagify Lebih Bagus dari yang Lain?

Karena fitur kompres gambar jauh lebih sempurna ketimbang plugin lainnya. Jika pengguna tidak percaya, silahkan dicoba sendiri dan bedakan hasil ukuran gambar setelah di kompres memakai Imagify dan plugin lain pasti Imagify lebih unggul.

Saya pun pernah membedakan gambar dengan resolusi HD ketika dikompress dengan website dan plugin lain, hasil ukurannya maksimal adalah 180Kb, sedangkan Saya mencoba memakai Imagify dan hasilnya adalah 150Kb.

Sekarang ini juga terdapat fitur untuk mengecilkan ukuran gambar (resize) supaya tidak terlalu besar sesuai yang pengguna tentukan. Tenang saja, aspek rasio juga sangat diperhatikan oleh Imagify sehingga hasilnya tidak akan buram nantinya.

Baca juga: Cara Lengkap Mempercepat Loading Website untuk SEO

Tunggu apa lagi, pasang sekarang juga plugin Imagify dan kompres gambar secara gratis. Jika 50Mb per bulan masih kurang, langsung saja upgrade ke berbayar dan dapatkan kuota unlimited. Tentunya sangat cocok sekali bagi pemilik website tentang wallpaper atau lainnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment