≡ Menu

Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

Membuat situs dokumentasi memang tak hanya mengandalkan dari sebuah foto saja, namun setidaknya juga harus ada konten video untuk melengkapinya. Dan pengelola website harus membuat pemutar video yang sekiranya memiliki tampilan yang baik serta tak menganggu kenyamanan pengunjung sama sekali disaat video itu diputar.

Saat ini ada banyak sekali sejenis plugin video player untuk website berbasis WordPress, tapi entah mengapa orang lebih menyukai terhadap JW Player.

Apa itu JW Player? Adalah sebuah pengaya untuk memutar konten video atau audio dengan sangat mudah dan pintar. JW Player banyak sekali digunakan oleh banyak website, salah satunya situs film streaming yang tak memiliki ijin pun juga memakai pengaya ini.

Tentang kelebihan, memang tidak banyak, akan tetapi kompatibilitas JW Player sangatlah unggul dikarenakan bisa otomatis responsive digunakan pada tampilan PC atau Mobile.

Apa kemudahan dari JW Player? Pengguna bisa leluasa mengalihkan video tersebut dari memberi judul, subtitle, dan bahkan thumbnail dari URL external. Tapi yang paling viral dalam penggunaan JW Player adalah memakainya bersamaan dengan berkas video yang ada di Google Drive.

Tentu ada script khusus untuk melakukan hal itu dan Saya rasa semua orang dapat melakukan hal itu sebab intinya hanya melakukan scrap dan mengambil URL direct link.

Baca juga: Beberapa Situs Penyedia Cronjob Terbaik

Banyak format yang didukung oleh JW Player. Dan Saya tegaskan lagi bahwa bukan hanya video saja yang dapat dipakai, tapi audio pun juga dapat diputar. Dan apakah JW Player ini gratis? Tentu saja gratis, akan tetapi fitur gratis memiliki batasan. Akan tetapi batasan tersebut bisa hilang dengan meng-upgrade keanggotaan menjadi premium.

Setiap member gratis maupun premium akan diberikan license key berupa kode khusus. Nah kode tersebut yang akan dipakai untuk menghubungkan pengaya ini supaya dapat digunakan nantinya. Beberapa orang masih kebingungan mengenai pengambilan lisensi tersebut. Dan disini akan Saya bagikan tata cara melakukannya dari proses daftar hingga mendapatkan lisensi tersebut.

  1. Yang harus dilakukan pertama kali, tentu adalah mendaftar di situs JW Player. Hanya ada satu kolom disana yaitu pengisian alamat email. Jika sudah mengisinya, lanjutkan menekan tombol Get JW Player Free.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

  2. Sekarang pengguna diharapkan membuka akun email dan melihat apakah terdapat pesan dari JW Player. Jika ada maka pastilah terdapat link aktivasi didalamnya, langsung saja klik link tersebut.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

  3. Maka akan tampil kolom untuk membuat kata sandi. Cukup isikan kolom tersebut dengan kata sandi yang ingin pengguna buat untuk memasuki halaman login JW Player nantinya.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

  4. Dan Setelahnya adalah mengisi data diri. Isikan sesuai dengan informasi pengguna secara pribadi.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

  5. Sekarang pengguna pasti sudah masuk pada Dashboard JW Player. Klik tab bernama API Keys untuk mendapatkan lisensinya.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

  6. Tahap terakhir, cukup tekan tombol Show Credentials berwarna biru. Maka akan tampil Key dan Secret dari JW Player.

    Cara Mendapatkan License Key JW Player Secara Gratis

Tahapnya sangat sederhana dan bisa dilakukan sangat cepat sekali. Batasan untuk member gratis pun menurut Saya sudah cukup apabila video tidak diunggah dari JW Player atau dengan maksud video diambil dari host milik sendiri. Karena jika video diunggah ke JW Player, maka tidak akan lama pengguna akan mencapi batasan dan fitur tak bisa dipakai lagi kecuali menunggu bulan berikutnya.

Baca juga: (PHP) Mengambil Gambar Dari Video Dengan FFMPEG

JW Player kini sudah mencapai versi 7 dan juga ada plugin khusus untuk pengguna WordPress guna mempermudah melakukan embed video. Saya rasa tidak perlu membagikan tata cara penggunaan script JW Player disini disebabkan pasti pengguna yang masuk artikel ini sudah tahu bagaimana cara memakai JW Player dengan benar. Jadi Saya mengurungkan untuk menerapkan disini dan akan dijelaskan di artikel yang akan datang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment