≡ Menu

Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

Sangat menyebalkan apabila mengunduh berkas dalam waktu yang cukup lama dan ketika berkas itu dibuka malah corrupt, itu memang tidak sepenuhnya menjadi kesalahan pengguna karena terkadang berkas yang corrupt juga disebabkan oleh orang yang mengunggah berkas tersebut.

Berkas yang mengalami kesalahan tersebut jika sebuah arsip pastilah tidak akan bisa diextract, sedangkan jika berkas lain seperti video atau mp3, pasti ditengah-tengah akan langsung terputus.

Berkas yang memiliki ukuran yang benar setara dengan ukuran yang tertulis pada halaman download memang tidak bisa menjadi patokan apakah file yang diterima itu sepenuhnya tidak memiliki kesalahan didalamnya.

Jika itu sebuah berkas berformat arsip mungkin masih bisa dibenarkan sedikit dengan bantuan program repair. Tapi berbeda lagi jika program tersebut adalah format video, gambar, atau yang lainnya pasti tidak akan bisa dibenarkan.

Baca juga Tips ampuh mempercepat proses download dengan IDM

Akan Saya bagikan tata cara untuk mencegah berkas menjadi corrupt ketika mengunduh file di internet. Karena masalah seperti ini jika bukan salah dari sang pengunggah berkas itu, maka sangat yakin kesalahan ini dibuat oleh kita sendiri yang ceroboh dalam mengunduh file di internet. Tidak ada salahnya mencoba cara dibawah ini dan bisa digunakan pengalaman apabila belum pernah mengalami corrupt ketika mengunduh berkas di internet.

Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

  1. Lebih Baik Mengunduh Berkas Satu-Persatu – Jika pengguna menemukan file yang sangat diinginkan waktu itu, dan ingin memiliki semuanya pada hari itu juga. Satu pikiran yang akan terlintas akan mengunduhnya secara bersamaan, tapi justru hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan dan lebih bagusnya mengunduhnya satu-persatu.
  2. Gunakan Program Downloader – Apa kelebihan dari program downloader? Tentu saja banyak sekali, salah satunya adalah IDM. Program tersebut bisa mencegah berkas supaya tidak sampai corrupt. Dibanding dengan downloader yang ada di peramban, IDM jauh lebih bagus untuk masalah mendownload.
  3. Hindari Pause-Resume Berkali-Kali – Mungkin terlihat membingungkan untuk hal ini, tapi maksudnya adalah jangan menunda dan melanjutkan download terus-terusan karena banyaknya masalah corrupt adalah dari akibat ini.
  4. Urungkan Download Ketika Koneksi Lambat – Tips ini hanya diperuntungkan pada pengguna yang ingin mengunduh berkas yang memiliki ukuran yang cukup besar tapi koneksi yang didapati tidak memadai atau terbilang terputus-putus.
  5. Link Kadaluarsa Dikira Download Sudah Selesai – Link kadaluarsa ini disebabkan karena unduhan ditunda dalam waktu yang cukup lama sehingga link tersebut tidak lagi aktif. Biasanya masalah ini datang pada website file hosting yang membatasi linknya hanya 24jam saja.
  6. Memilih Server Unduhan – Apabila pengguna merasakan kebingungan ketika hendak mengunduh konten di suatu website yang membagikan banyak situs file hosting. Jika pun ada Saya lebih menyarankan memilih pada website penyimpanan cloud karena berkasnya mendukung pause-resume dan juga stabil.
  7. Gagalnya Menyatukan Berkas – Masalah ini hadir hanya ketika pengguna menggunakan program downloader semacam IDM. Biasanya di akhir waktu unduhan, program tersebut akan menyatukan berkas dari proses yang terpotong. Pada saat itu sebaiknya jangan menutup atau membuka program yang lain dan tunggu saja prosesnya hingga selesai.

Kebanyakan orang memang suka mengunduh menggunakan IDM karena kemudahannya. Saya pun juga sudah membagikan cara mengatasi link kadaluarsa ketika download di IDM apabila pengguna memerlukannya.

Masalah corrupt seperti ini sangat sering terjadi pada orang yang mengunduh banyak file dalam satu waktu dan kemungkinan paling banyak dialami pada warnet. Karena di warnet pengguna bisa menggunakan fitur seadanya dan tanpa program pengaya unduhan kecuali jika pengguna memasangnya terlebih dahulu.

Baca juga Tips sebelum memasang game HD di android

Satu perbedaan kecil yang ada di IDM dengan downloader pada peramban adalah fitur anti corrupt ini. Jadi berkas yang diunduh di IDM apabila mengalami corrupt atau masalah link kadaluarsa tidak akan masuk pada folder unduhan dan masih menjadi berkas sementara.

Tapi sedangkan jika pada peramban, meski link kadaluarsa pun berkas sudah bisa tampil di folder unduhan dan hal itu menyebabkan kesalahpahaman yang memungkinkan pengguna mengira bahwa unduhan telah selesai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment