≡ Menu

Cara Ampuh Mempercepat Proses Download di IDM

Cara Ampuh Mempercepat Proses Download di IDM

Internet Download Manager yang biasa disingkat sebagai IDM adalah program tambahan yang bisa meng-integrasi peramban untuk meneruskan proses unduhan. Setiap proses download akan berjalan di IDM sesuai format yang diatur.

Sudah banyak sekali pengguna internet yang memasang IDM di perantinya dan meyakini bahwa itu memang berguna sekali untuk mempercepat proses unduhan.

Sehingga banyak juga orang yang membeli lisensi dari IDM supaya dapat digunakan dalam jangka lama dan mendapatkan pembaruan seterusnya.

Permasalahannya adalah bagaimana cara mempercepat proses unduhan di IDM ini, karena IDM ini melakukan stimulasi download yang mana memakai lebih dari 1 line jaringan sehingga proses unduhan seolah digandakan.

Berbedanya jika mengunduh melalui peramban biasa hanya akan diberikan satu atau dua koneksi saja sehingga proses unduhan tidak akan maksimal, tapi di IDM bisa diatur sampai banyak dan cepat tidaknya juga berdampak pada koneksi pengguna.

Baca juga: Menambah format file unduhan di IDM

Apabila pengguna memakai IDM sambil melakukan browsing, mungkin kecepatan unduhan akan berkurang 500kbps saja tergantung dari konten website yang dibuka, sedangkan jika fokus mengunduh sampai selesai, ada kemungkinan kecepatan yang didapat akan lebih baik.

Dan disini akan Saya berikan tips untuk mengencangkan kecepatan unduhan di IDM dengan murni tanpa perlu tweak atau sejenisnya. Simak tipsnya dibawah ini.

  1. Mengatur Koneksi Unduhan Minimal 4 – Jika sebelumnya mengaturnya hanya 2, itu hanya akan sama saja seperti mengunduh melalui peramban seperti biasanya.
    Tapi cobalah mengaturnya sebagai 4, jika koneksi pengguna saat ini stabil atau dengan maksud tidak memasuki RTO (Request Time Out) sangat disarankan mengatur minimal 4 atau lebih.
  2. Atur Jenis Kecepatan – Pada IDM disediakan fitur untuk mengatur jenis kecepatan apa yang dipakai saat ini. Saran untuk mengatur ini adalah memilih Medium, tak peduli apabila pengguna memakai Modem atau WiFi tapi silahkan pilih Medium.
    Dengan memilih medium ini, koneksi separuhnya akan difokuskan ke proses unduhan, jadi mungkin akan sedikit lambat dipakai sambil browsing.
  3. Jangan Memakai VPN/Tunneling – Program yang dipakai untuk mengamankan jaringan sangat mustahil dipakai untuk mengunduh berkas di IDM, baik VPN itu memakai server pengguna sendiri akan tetapi proses unduhannya kemungkinan akan berkurang beberapa persen. Apalagi jika memakai VPN server orang lain, biasanya terdapat batasan kecepatan.
  4. Tak Perlu Memakai Proxy/Socks – Sama halnya seperti memakai jaringan VPN, menambah proxy atau socks pada IDM tidak diperlukan apabila ingin mengunduh dengan kecepatan maksimal.
  5. Jangan Membatasi Kecepatan – Di IDM juga mempunyai fitur yang dapat membatasi kecepatan unduhan dan itu sebenarnya sia-sia saja, sebab disaat pada IDM tertulis bahwa koneksi sudah dibatasi sesuai yang diatur, namun dilatar belakang ternyata IDM masih terus mengunduh tanpa ada batasan.
    Hal ini Saya ketahui ketika memakai program untuk melihat semua koneksi jaringan dan langsung muncul kesimpulan bahwa itu hanya sia-sia saja dan lebih cocoknya disebut fitur perlambat waktu.
  6. Download File Satu Persatu – Percaya ataupun tidak, mengunduh berkas satu persatu memang lebih cepat dibanding mengunduhnya secara bersamaan. Sebab jaringan akan fokus pada satu unduhan tersebut dan tidak bergonta-ganti ke proses unduhan yang lain.
  7. Memilih Server Unduhan yang Tepat – Tips yang terakhir adalah memilih server unduhan berkas itu. Tidak banyak website yang meyediakan server unduhan yang berbeda-beda tapi jika memang ada sebaiknya pilihlah server Asia.
    Banyaknya website membagikan berkasnya dari suatu website file hosting yang pastinya koneksi akan dibatasi untuk pengguna gratis, tapi jika ada pilihan lain seperti mengunduh melalui penyimpanan awan seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan sejenisnya, sebaiknya pilihlah salah satu dari penyimpanan awan tersebut karena tak ada batasan kecepatan.

Semua tips diatas tidaklah beresiko apapun dan bisa diterapkan saat ini juga apabila pengguna menginginkan kecepatan maksimum ketika mengunduh berkas menggunakan IDM.

Perlu diketahui bahwa koneksi yang tidak stabil hanya akan memperlambat proses unduhan saja, contohnya saja di hari besar atau hari minggu disuatu desa biasanya koneksi internetnya sangat padat, jadi mengatur koneksi unduhan pada IDM sangat tinggi tidaklah bagus dan sebaiknya memilih 4 saja.

Selain itu jika pengguna setiap harinya menggunakan VPN karena alasan memakai WiFi publik yang tidak terlalu aman dari segi penyadapan, ketika proses mengunduh sebaiknya matikan saja, karena orang yang suka menyadap tidak tentu mau melihat apa yang pengguna unduh saat itu.

Atau jika pun pengguna tak mau mematikan VPN itu, setidaknya pilihlah server VPN di lokasi yang dekat-dekat saja dengan negara Indonesia. Apabila ada yang ingin dikatakan tentang tips diatas, jangan segan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment