≡ Menu

Cara Mengetes Tombol Keyboard PC Secara Online

Keyboard sangatlah dibutuhkan untuk setiap komputer dan tanpa itu pengguna tidak akan bisa menuliskan apa yang diinginkan dan memang dapat terbantu dengan mouse saja dan sejenis program portable, namun iu masih tidak nyaman untuk digunakan selalu. Tapi bagaimana jika keyboard yang dimiliki tersebut terkadang disuatu tombolnya tak merespon? Jadi ini akan menjadi dua masalah yang belum dapat dipecahkan mengenai kesalahan ini terjadi pada komputer atau justru pada keyboard.

Jika kesalahan ini terjadi pada keyboard, hal yang perlu dilakukan setidaknya adalah mengetes setiap tombol yang ada pada keyboard itu sehingga pengguna dapat mengetahui apakah terdapat tombol yang tak dapat merespon dengan baik ke komputer atau semuanya berjalan baik-baik saja. Tapi jika sudah dites dan berhasil akan tetapi pada suatu program di komputer tidak dapat merespon tombol tersebut, nah masalah ini terjadi pada program tersebut.

Apabila masalahnya terjadi pada program pun bisa jadi terdapat pada pengaturan saja. Misalnya seperti pada game yang mana pengguna salah mengatur pada keyboard sehingga ketika tombol sebelumnya ditekan malah tidak merespon disebabkan tombol sebelumnya itu sudah diganti ke tombol yang baru.

Dapatkan mengetes keyboard secara online? Tentu saja bisa. Ada lho website yang memberikan fitur untuk mengetes setiap tombol yang ada pada keyboard komputer hanya untuk mengetahui berfungsi tidaknya tombol tersebut. Hal ini juga sangat bagus dilakukan apabila pengguna baru saja membeli keyboard atau hanya ingin sekedar mengetes saja. Ikuti caranya dibawah ini.

  1. Dimulai dengan menuju website Keyboard Tester dan tunggu hingga proses memuat selesai.
  2. Dilanjutkan dengan menekan tombol besar bernama Launch The Tester.

    Cara Mengetes Berfungsi Tidaknya Tombol pada Keyboard

  3. Akan muncul jendela baru pastinya pada peramban. Dan di jendela tersebut khusus digunakan untuk mengetes keyboard.

    Cara Mengetes Berfungsi Tidaknya Tombol pada Keyboard

  4. Sekarang cobalah untuk mencoba menekan satu tombol pada keyboard dan jika muncul suara “klik” sembari tombol berubah berwarna berarti tombol tersebut berfungsi atau merespon.

    Cara Mengetes Berfungsi Tidaknya Tombol pada Keyboard

Situs Keyboard Tester ini sudah ada sejak lama lho, dan kegunaannya hanya satu saja, yakni mengetes fungsi tidaknya tombol keyboard pada komputer. Di jendela khusus untuk melakukan testing tersebut juga sangat minimalis atau dengan maksud tidak diberikan tampilan apapun dan hanya tersedia tombol keyboard yang lengkap. Ini tidak hanya digunakan untuk OS Windows saja, jadi yang memakai Linux juga dapat melakukannya.

Baca juga: Trik unik memakai alarm secara online

Dibawahnya juga terdapat tambahan dari website tersebut bahwa untuk mengetes tombol angka yang ada disamping, pastikan num lock telah ditekan terlebih dahulu. Sebab jika itu tidak ditekan maka otomatis tombol angka tidak akan bisa merespon pada semua program apapun. Dan juga website Keyboard Tester ini tak berfungsi dengan maksimal untuk percobaan lebih dari 2 tombol sekaligus karena fungsi Windows otomatis akan ikut bekerja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment