≡ Menu

Tips Mengenali dan Mencegah Keylogger di Komputer

Keylogger Logo

Pernah mendengar tentang istilah Keylogger? Biasanya ini adalah satu cara orang bisa mendapatkan banyak informasi seperti mengambil sandi dan username dengan mudah sekali. Biasanya ini diterapkan di PC yang tak dikenal, misalnya saja warnet yang tak bertanggung jawab atau sistem warnet tersebut sudah diretas oleh orang dan dipasangi sebuah keylogger, maka orang tersebut akan bisa mendapatkan segala informasi akun yang diketik oleh para pengguna di warnet itu.

Tapi Keylogger tidak hanya sebatas itu saja, bahkan saat ini banyak juga orang yang membuat virus Keylogger berbasis remote. Contoh halnya pengguna menuliskan informasi akun dikolom yang tertera (misalnya Facebook) dan menekan tombol submit atau login, maka informasi akun tersebut sudah tersimpan didalam file khusus Keylogger baik itu teks biasa atau sudah dienkripsi. Dan pengiriman file tersebut bisa jadi dilakukan langsung saat itu juga atau di schedule beberapa hari sekali supaya tak mencurigai.

Tentang membahas Keylogger ini, Saya sendiri juga pernah membuatnya tapi hanya digunakan untuk percobaan saja dan bagusnya selalu terdeteksi oleh antivirus. Jadi jika PC yang pengguna gunakan saat ini memiliki antivirus yang aktif, sebaiknya pindai seluruh yang ada di local disk. Virus Keylogger bisa juga menyamar menjadi program lain atau menginfeksi suatu program, maka dari itulah sebaiknya kenali terlebih dahulu dan sekaligus cegah virus tersebut masuk. Simak beberapa tipsnya dibawah ini.


  1. Aktifkan Antivirus dan Pindai dengan Mode Boot – Melakukan pemindaian di modus boot adalah cara yang paling mudah mendeteksi virus dengan cepat baik itu Keylogger atau yang lainnya, tapi soal perkiraan waktu juga tergantug lama, tapi jika drive memakai SSD mungkin akan 40% lebih cepat.
  2. Hilangkan Malware yang Terdapat di Peramban – Hal ini sudah pernah Saya bagikan di artikel Cara Menghilangkan Virus di Browser. Siapa tahu keylogger berada dibalik sebuah extension atau addon peramban yang dipakai saat ini.
  3. Deteksi Proses Ganda/Menyerupai di Task Manager – Hati-hati terhadap proses yang menyerupai yang berjalan di latar belakang. Untuk mengetahuinya bisa masuk ke Task Manager dan pada bagian tab, cari proses sistem yang asing. Contohnya terdapat winlogon.exe yang mana itu asli, tapi terdapat lagi winlogon (1).exe dan itu adalah palsu. Jadi segera hentikan dan hapus berkas yang palsu tersebut.
  4. Pindai Berkas Baru yang akan Dipasang – Hal ini juga sudah Saya bagikan pada artikel Cara Aman Memasang Program Asing.
  5. Masuk pada Bagian Pengecualian di Program Antivirus – Orang yang terlihat baik tidak sepenuhnya memiliki akhlak yang seterusnya baik, seperti halnya meminjamkan PC yang sudah terpasanga antivirus aktif, namun didalamnya terdapat keylogger yang tak terlihat walau sebelumnya sudah dilihat oleh Antivirus. Maka dari itu sebaiknya pengguna mencoba masuk ke bagian pengecualian dan melihat berkas mana yang tak akan dipindai lagi oleh Antivirus. Siapa tahu terdapat virus berjenis Keylogger.

Cara yang paling atas sangat dianjurkan sekali dilakukan setidaknya beberapa bulan sekali, walau memang prosesnya tergolong lama, namun pemindaian virusnya bisa sangat maksimal. Sebenarnya prosesnya bisa cepat apabila tidak antivirus tak ikut memindai berkas yang ada didalam arsip. Jangan hanya memindai pada Local Disk C saja, tapi seluruh local disk wajib untuk dipindai supaya bisa mengetahui virus Keylogger ini sampai akar-akarnya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment