≡ Menu

Cara Melakukan Video Call di BBM Android

Bukankah lebih menyenangkan menghubungi suatu kerabat atau teman secara realtime dan bisa melihat wajah satu sama lain? Mungkin ini adalah hal yang biasa dan sudah ada sejak ponsel yang memiliki kamera depan beredar. Dengan begitu melakukan percakapan jauh lebih mengerti satu sama lain dan seakan mereka berada didekat kita walau jarak yang sangat jauh. Fitur yang seperti ini dinamakan Video Call, dan pastinya membutuhkan kamera depan untuk mengambil gambar.

Pada BBM sejak dulu sudah diberikan fitur untuk menelpon secara gratis dengan biaya data internet, tapi untuk fitur video call masih dibatasi hanya untuk negara tertentu saja dan tak dapat digunakan pada negara Indonesia. Akan tetapi dalam pembaruan BBM versi 3 keatas telah memberikan akses video call ini untuk negara Indonesia, jadi tidak perlu mengunduh BBM Mod lagi dan menggunakan VPN hanya untuk menikmati video call tersebut saat ini.

Fitur video call yang dimiliki BBM ini sangat bagus dan bisa menerima kualitas gambar tergantung koneksi yang dimiliki saat ini. Jika koneksi cepat, maka gambar yang dikirim dan diterima akan jernih dan begitupun sebaliknya. Untuk kualitas suara tetap bagus dan jernih dan itu tergantung dari kualitas ponselnya sama halnya dengan tingginya megapixel kamera, itu juga mempengaruhi setiap frame gambar yang akan diunggah keteman saat melakukan percakapan. Berikut ini cara mudah menggunakan fitur video call di BBM.


  1. Pertama – tama silahkan perbarui versi BBM pada Play Store. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi BBMnya.
  2. Buat konversasi pada kontak yang ingin dihubungi secara video call.

    Cara Menggunakan Fitur Video Call pada BBM Android

  3. Sekarang perhatikan pada bagian atas kanan, pilih pada icon panggilan seperti ini. Dilanjutkan dengan menekan icon Video

    Cara Menggunakan Fitur Video Call pada BBM Android
    Cara Menggunakan Fitur Video Call pada BBM Android

  4. Tunggu hingga teman/kerabat menjawab panggilan dan selamat menikmati video call.

    Cara Menggunakan Fitur Video Call pada BBM Android


Cara ini hanya bisa digunakan pada Android ICS keatas dan untuk pengguna dibawah itu mungkin hanya bisa menerima panggilan suara saja. Akan lebih bagus minimal kamera depan yang dipakai ponsel sekarang memiliki resolusi paling tidak 3MP, sebab jika hanya kurang dari itu bisa jadi gambar akan pecah-pecah. Jadi ketika pengguna telah melakukan video call, data yang akan dikeluarkan ada 2 macam, yaitu upload dan download dan itu akan terus menerus menambah bersamaan sampai pengguna mengakhirinya.

Sebaiknya pengguna telah membeli paket data yang cukup, dengan maksud jika ingin melakukan video call dalam durasi yang lama akan lebih baik membeli paket kuota setidaknya 500Mb. Atau menggunakan WiFi jika ada, tapi pastikan koneksinya normal supaya proses mengunggah dan mengunduh frame gambar tetap melaju dengan baik dan tidak macet. Seberapa jauh teman atau kerabat, memakai video call tetap mudah, gratis, dan tentunya tidak terbatas jarak wilayah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment