≡ Menu

Tutorial Menghapus Seluruh File pada Google Drive Sepenuhnya

Google memberikan layanan penyimpanan berkas secara cuma-cuma yang diberi nama Drive. Setiap akun Google akan bisa menikmati menyimpan pada Drive dengan kapasitas maksimal 15Gb, tentunya akan ada banyak sekali jenis berkas yang bisa disimpan dengan ukuran sebanyak itu. Contohnya saja seperti dokumen, gambar, dan lain-lain baik itu berkas pribadi juga dapat disimpan pada Drive dengan sangat aman. Drive Google merupakan penyimpanan berbasis cloud dan berkas yang telah diunggah akan tetap ada dan tanpa dihapus kecuali melanggar ketentuan.

Saat ini juga terdapat peramban yang bisa mengalokasikan unduhan berkas dari situs lain ke Drive Google ini dengan sekali klik dan tidak perlu melakukan pengunggahan yang mengurangi data internet atau bisa disebut melakukan import langsung dari fungsional API yang disediakan Drive Google. Seperti kata Saya diatas bahwa Drive Google tidak akan menghapus berkas selama itu tidak melanggar ketentuan, nah untuk itulah mengapa pengguna juga harus melihat berkas yang terlihat tidak penting supaya tak membebani kapasitas penyimpanan.

Mungkin pengguna pernah menghapus sebuah berkas akan tetapi berkas tersebut seolah masih ada dan kapasitas masih belum menambah meski telah menghapus beberapa berkas sekalipun. Hal tersebut biasanya dikarenakan berkas yang telah dihapus tadi masuk pada folder bernama sampah atau Recycle yang mana membutuhkan sekiranya kurang lebih 30 hari supaya berkas tersebut bisa menghilang. Namun sebenarnya pengguna juga bisa menghapus secara permanen berkas yang telah masuk pada folder sampah tersebut. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan masuk ke Google dengan akun yang dimiliki, dan setelah itu menuju Halaman Drive Google.
  2. Sekarang perhatikan pada bagian kapasitas penyimpanan. Disini Saya contohkan ingin menghapus sebuah file 2Gb, jadi sekarang masih terlihat ada 2Gb yang telah terpakai.

    Cara Mengosongkan Berkas Sepenuhnya pada Drive Google

  3. Selanjutnya silahkan kosongkan semua folder yang ada, untuk memilih semuanya, cukup tekan pada keyboard CTRL+A dan dilanjutkan menekan Delete.

    Cara Mengosongkan Berkas Sepenuhnya pada Drive Google

  4. Akan muncul sebuah pemberitahuan bahwa berkas telah dihapus. Sekarang lanjutkan menuju folder Sampah.

    Cara Mengosongkan Berkas Sepenuhnya pada Drive Google

  5. Tahap terakhir, pada keyboard cukup tekan CTRL+A dan dilanjutkan menekan tombol Delete, maka akan terdapat dialog konfirmasi penghapusan berkas tersebut. Lanjutkan dengan menekan Hapus untuk Selamanya. Dan berkas akan terhapus untuk selamanya dan kapasitas Drive sudah kembali.

    Cara Mengosongkan Berkas Sepenuhnya pada Drive Google


Inti dari permasalahan kapasitas yang tidak kembali ketika berkas telah dihapus hanyalah masuk pada folder sampah dan cara menghapusnya pun juga sama. Google Drive sekarang tidak hanya digunakan sebagai penyimpanan pribadi saja, namun setiap berkas yang diunggah juga dapat dibagikan ke setiap orang melalui tautan yang disediakan. Pada smartphone juga sudah disediakan aplikasi untuk membuka Drive Google ini lebih mudah, dan tentunya mengelola setiap berkas bisa lebih praktis.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment