≡ Menu

Tutorial Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem

Pengguna yang datang ke dalam artikel ini pastilah mengerti apa itu APN? Tapi jika belum mengerti, APN adalah singkatan dari akses poin dan kali ini APNnya ditujukan pada sebuah konektivitas internet yang mana akan memberikan pengguna beragam cara untuk memperoleh proxy yang berbeda-beda dari operator. Bahkan terkadang jika seseorang salah menuliskan APN, maka satu hal yang akan terjadi adalah tidak bisa menyambung ke internet dan terus gagal hingga pengguna merubahnya dengan benar.

Setiap jenis modem memiliki cara yang berbeda untuk menyambungkannya ke internet, seperti pada modem Huawei yang kebanyakan dari program Mobile Partner, lalu adapula yang harus menyambung melalui peramban dan itu sangat tidak menyenangkan. Satu modem yang juga tidak terlupakan adalah Prolink yang menggunakan jenis program seperti ZTE, berlatar warna biru dengan ukuran yang kecil, namun memiliki fitur yang lumayan banyak juga.

Mungkin saat ini program Prolink sudah berkembang lebih baik, tapi yang Saya maksudkan adalah program bernama Prolink HSPA Modem yang memiliki ikon bertuliskan 3G dan ukurannya sangat kecil sekali, bahkan lebih kecil dibanding Mobile Partner. Walaupun kecil, program tersebut juga sudah memiliki banyak kegunaan fitur, salah satunya adalah melakukan dial atau panggilan, menerima dan mengirim pesan, melakukan panggilan kode USSD, membatasi jenis internet, dan juga mengatur akses poin sesuka hati.

Jika ditanya apakah akses poin ini perlu? Tentu saja ini sangat perlu untuk diatur sebagaimana orang-orang lain mengatakan bahwa APN ini memiliki sifat yang ada hubungannya dengan kecepatan internet, tapi Saya rasa APN yang paling stabil dan cepat adalah internet dan itu berlaku untuk semua operator. Jika pengguna memiliki modem Prolink dan ingin memperbarui APNnya, silahkan simak dibawah ini tata caranya.


  1. Pastikan telah menyambungkan modem Prolink ke PC dan tunggu hingga program Prolink HSPA Modem tampil.
  2. Jika sudah tampil, jangan sambungkan dulu ke internet dan silahkan pilih menu Pengaturan pada ikon seperti ini.

    Cara Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem

  3. Maka pengguna akan ditujukan pada sebuah menu baru, dan pada tab Connection, silahkan pilih tombol Add.

    Cara Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem

  4. Sekarang saatnya untuk membuat APN yang baru untuk konektivitas internet. Pada bagian Config name isikan sebagai nama operator, misalnya Tulkomsel. Lalu pada bagian Dial number isikan sebagai *#99#.

    Cara Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem

  5. Lanjut ke bagian APN, pilih pada bagian Use the following APN address dan pada kolom dibawahnya, isikan APN yang dimiliki. Contohnya disini Saya isi internet.

    Cara Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem

  6. Pada bagian User name tidak perlu diisi dan langsung saja tekan Save untuk melanjutkannya.
  7. Tahap terakhir adalah memilih APN yang dibuat tadi dengan cara tekan pada nama konfigurasi tadi (contohnya Tulkomsel), kemudian tekan tombol Apply yang terdapat dibagian bawah. Dan APN siap untuk digunakan.

    Cara Mengatur APN pada Prolink HSPA Modem


Modem Prolink yang Saya gunakan adalah tipe PHS600 dan ini termasuk modem lawas sekitar tahun 2010 lalu. Serta masih belum mendukung konektivitas DC-HSPA dan hanya sampai HSPA+ saja. Selain itu ada beberapa kekurangan pada modem ini, yakni tidak bisa digandeng dengan program MMD (Mini Mobile Data) dan juga tidak memiliki opsi untuk menambah proxy secara manual. Tapi meskipun begitu, seluruh provider kartu SIM yang ada di Indonesia bisa melakukan konektivitas internet tanpa harus mengatur proxy pada konfigurasi APN.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment