≡ Menu

Tutorial Install Chrome pada Ubuntu

Chrome Logo

Setelah beberapa hari yang lalu telah membahas tentang memasang VNC di Ubuntu, sekarang gantian tentang memasang browser/peramban tambahan apabila sekiranya Firefox sebagai peramban original masih kurang nyaman. Setiap orang tentu berbeda-beda dalam memilih apa yang diinginkan termasuk itu peramban, dan Saya sendiri lebih suka menggunakan Chrome dan Opera karena terbilang sangat ringan dan tidak membuat perangkat kehabisan memory.

Chrome memiliki kelebihan tersendiri dibanding peramban yang menggunakan jasa Chromium, yaitu aplikasi khusus yang bisa dipasang pada peramban tersebut salah satunya adalah LINE. Selain itu ukuran Chrome juga lebih kecil dibandingkan peramban lainnya bahkan Opera, proses startup juga sangat cepat dan juga fiturnya yang tidak kalah lengkap dengan peramban lainnya.

Jika pengguna memasang virtual desktop pada Ubuntu, terkadang peramban yang diberikan hanyalah Firefox atau bahkan tidak ada sama sekali, dan karena itulah pengguna harus memasang secara manual dan Saya lebih menyarankan menggunakan peramban Google Chrome. Jadi ada 2 cara pemasangan, yaitu langsung dari package installer atau melalui terminal/SSH. Dan disini akan Saya bagikan cara untuk memasangnya melalui Terminal saja, karena melalui Package Installer sudah terlalu mainstream, berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama silahkan masuk Terminal/SSH pada server Ubuntu yang dimiliki saat ini. jika sudah masuk, ketik kode ini dan ENTER untuk mengijinkan sebagai root user.

    sudo -s
  2. Jika sudah, sekarang saatnya menambah paket Chrome supaya bisa dipasang langsung dari perintah apt-get, berikut ini kodenya.

    wget -q -O - https://dl-ssl.google.com/linux/linux_signing_key.pub | sudo apt-key add -

    Kode diatas untuk mengunduh dari server Google Chrome dan setelah itu lanjutkan dengan memasukan perintah ini.

    sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] http://dl.google.com/linux/chrome/deb/ stable main" >> /etc/apt/sources.list.d/google.list'
  3. Jika sudah, sebaiknya lakukan perbaruan dulu jika tersedia, dengan perintah ini.

    sudo apt-get update
  4. Kemudian baru memasang Chrome dengan kode dibawah ini.

    sudo apt-get install google-chrome-stable

    Jika sekiranya muncul pertanyaan (Y/n) cukup ketik y dan ENTER.

  5. Sekarang cobalah masuk peramban Chrome pada virtual desktop apakah sudah bisa apa muncul sebuah peringatan. Jika pun muncul sebuah peringatan kemungkinan itu karena pengguna menjalankan Chrome pada modus root. Untuk mengatasinya sangat mudah. Cukup ketikkan perintah ini pada Terminal.

    sudo vi /usr/bin/google-chrome
  6. Seketika pengguna akan ditujukan pada sebuah file, silahkan skroll sampai kebawah dan temukan kode exec -a “$0” “$HERE/chrome” “$@”, klik tombol INSEERT pada keyboard supaya bisa ke mode edtor dan ganti kode tersebut menjadi seperti ini.

    exec -a "$0" "$HERE/chrome" "$@" --user-data-dir
  7. Untuk menyimpannya, tekan tombol ESC pada keyboard dan dilanjutkan mengetik teks :wq dan ENTER. Sekarang cobalah membuka peramban Chrome pasti sudah bisa diguankan tanpa ada kendala.

Cara yang terakhir berfungsi untuk membatasi akses mode root pada perangkat ketika menggunakan Chrome, sebab pada peramban Chrome sendiri juga diharuskan untuk menghilangkan akses root ketika menggunakan perambannya dengan alasan keamanan. Jika hanya dilihat saja, cara diatas seperti sangat banyak dan harus melakukannya sangat lama, namun itu tidak benar, bahkan jika pengguna sudah pernah sekali melakukan cara diatas, hanya perlu waktu 2 menit saja dan Chrome pasti sudah terpasang dengan benar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment