≡ Menu

Trik Menjadikan Sebuah URL atau Link Sangat Panjang

Promotion

Tidak semua URL selalu pendek, terkadang juga terdapat yang sangat panjang dan sulit sekali utuk diingat. Contohnya saja pada website ini yang memiliki URL yang cukup panjang untuk setiap artikelnya walau masih bisa diperpendek dengan cara lain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperpendek URL, salah satunya adalah menggunakan bantuan situs lain seperti goo.gl, tinyurl, bit.ly dan masih banyak lagi yang bisa digunakan secara gratis.

Jika hanya untuk memperpendek saja, itu sudah sangat biasa untuk saat ini, bahkan Twitter juga memiliki sebuah alat yang digunakan untuk memperpendek URL yang dimasukan oleh pengguna pad sebuah tweetnya. Tapi berbeda lagi jika seseorang justru ingin memperpanjang URLnya, tentu ini bukanlah hal yang biasa dan akan lebih menyulitkan dan pastinya tak akan bisa diingat. Meskipun begitu semua orang bisa mencobanya dan tentunya gratis.

Website yang Saya bagikan ini memiliki 2 fitur, yaitu memperpendek dan memperpanjang URL. Yaitu bernama WQ.LT, dan website ini sendiri pun masih dimiliki oleh pembuat wapbuilder terkenal XTGem yang hingga sekarang masih sangat aktif dengan fitur terbarunya. Visi dari situs tersebut sebenarnya adalah memperpendek URL, akan tetapi ketika pengguna berhasil memperpendek URL tersebut, terdapat opsi dibawahnya yang menampilkan hasil URL yang telah diperpanjang. Berikut ini cara menggunakannya.


  1. Pertama – tama siapkan URL terlebih dahulu dan langsung saja menuju website WQ.LT.
  2. Selanjutnya silahkan tempel URL yang disiapkan tadi pada sebuah kolom, dilanjutkan dengan menekan tombol Shorten.

    Cara Membuat URL Menjadi Sangat Panjang

  3. Maka akan ditampilkan 2 hasil, yaitu URL yang diperpendek dan dibawahnya terdapat URL yang berhasil diperpanjang.

    Cara Membuat URL Menjadi Sangat Panjang


Sangat mudah sekali, bahkan tidak perlu cara dengan gambar pun semua orang bisa melakukannya. URL yang panjang tersebut masih menggunakan alamat domain yang sama, jadi intinya website WQ.LT ini menggunakan subdomain tambahan yang dihasilkan secara acak dan langsung tersimpan pada database, lalu menambah parameter belakang supaya terlihat lebih panjang. Sedangkan hasil URL yang diperpendek tetap memiliki cara yang sama seperti situs perpendek URL lainnya.

WQ.LT sudah aktif sejak lama dan sayangnya masih tidak banyak orang menggunakan website ini layaknya tinyurl, bit.ly, dan sebaginya, selain itu tampilan dari website tersebut juga sangat bagus dan minimalis sehingga terlihat nyaman untuk dipandang. Untuk bagian API, website ini masih tidak memberikan opsi untuk membuat URL panjang, jadi para developer tidak akan bisa membuat hasil URL panjang dengan bantuan WQ.LT. Gunakan sekarang juga dan buat URL pendek menjadi sangat panjang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • Ficky Septian November 10, 2016, 5:06 pm

    di pikir-pikir buat apa ya bikin url panjang? hehehehehee

Leave a Comment