≡ Menu

(ROOT) Ubah Tampilan Android 4.0+ Seperti Lollipop

Tampilan yang ada di ponsel Android memang bisa diganti-ganti dengan adanya launcher yang berbentuk aplikasi dan saat ini lebih dari 10 launcher yang bisa menghias ponsel dengan bermacam fitur menarik. Mengingat dulu ketika ponsel Android masih ada di versi 2.0 memiliki tampilan yang sederhana dengan background hitam dan diberikan sisi warna hijau, tapi sekarang sudah banyak ponsel Android yang menggunakan tampilan cerah dan hal ini lebih banyak terlihat pada jenis Android Lollipop. Dari statusbar hingga menu dari Lollipop memang menginspirasi untuk menggunakannya, memang ada launcher supaya bisa membuatnya seperti OS Lollipop, tapi tidak begitu maksimal.

Lollipop memiliki tampilan yang lebih halus dibanding kitkat, begitupula dengan pergerakannya atau bisa disebut animasi, dari skroll, membuka aplikasi, hingga muncul popup terlihat sangat halus dan membuat pengguna OS dibawahnya ingin memakainnya, kebanyakan orang menggunakan launcher langsung untuk mengubah ponsel mereka supaya terlihat seperti OS Lollipop, tapi ada satu cara untuk membuatnya benar-benar menjadi OS Lollipop meski kondisi sistem saat ini adalah Kitkat ataupun dibawahnya.

Sebelum membahas lebih dalam, artikel ini hanya dikhususkan untuk ponsel Android yang telah berstatus ROOT, jadi tahap selanjutnya jika ponsel telah diroot adalah memasang Xposed Framework. Tidak semua versi xposed bisa digunakan untuk beberapa ponsel dan Saya lebih menyarankan untuk menggunakan versi terbaru supaya tidak ada kesalahan apapun. Jadi ketika telah memasang Xposed Framework ini, hal yang harus dilakukan kemudian adalah memasang modul.

Jika pengguna masih tidak mengerti banyak tentang kegunaan Xposed ini, sebaiknya mencari tahu dahulu supaya lebih paham. Intinya Xposed ini bisa membuat fitur ponsel yang tidak ada sebelumnya menjadi ada dan begitu pula dengan menghias ponsel bisa lebih mudah dengan bantuan modul yang tersedia. Disini yang akan dibahas adalah sebuah modul yang akan membuat ponsel Android menjadi Lollipop atau sederhananya mengganti tampilan dan seluruh actionnya, bukan berarti mengubah OSnya, jadi hanya tampilannya saja. Dan modul yang akan Saya berikan bernama MonsterUI.

MonsterUI ini tersedia juga pada Play Store dan Saya sendiri pun telah memakai aplikasi ini pada Android Kitkat dan berjalan dengan baik. Seluruh tampilan dari statusbar dan animasi akan diubah menjadi milik Lollipop, Bahkan recent app juga bisa dijadikan seperti Lollipop dan semuanya bisa diatur pada aplikasi MonsterUI. Yang Saya sukai dari MonsterUI ini seolah ponsel yang Saya gunakan jauh lebih cepat ketika membuka dan klik kembali pada suatu aplikasi, lalu pada juga pada icon statusbar terdapat perubahan untuk diberikan animasi juga seperti proses mengunduh dan lain-lain. Berikut ini gambaran dari modul MonsterUI.

Gambaran dari Aplikasi MonsterUIGambaran dari Aplikasi MonsterUIGambaran dari Aplikasi MonsterUI

Menarik sekali bukan? Sekarang pengguna bisa mengubah ponselnya menjadi layaknya Lollipop dan Saya juga menyarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu melalui recovery sebagai jaga-jaga. Ukuran modul ini hanyalah sekitar 4Mb saja, dan memerlukan Android 4.0 keatas. Jadi aplikasi ini hanya dikhusukan untuk OS ICS, Jelly Bean dan Kitkat saja, selain itu tidak akan bisa digunakan. MonsterUI lebih menyarankan untuk mengunduh aplikasi ini melalui Play Store supaya bisa mendapatkan pembaruan, dan disini Saya hanya membagikan direct link saja dan 100% aman untuk digunakan. Untuk mengunduh MonsterUI silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment