≡ Menu

Cara Menambah File Savedata pada Game Mafia 2 PC

Segala jenis game yang bagus-bagus selalu ada di PC walau tidak semua PC dapat memainkannya karena terbatas dengan spesifikasi yang pas-pasan, tapi untuk game yang bisa disebut mantap dalam gameplaynya ada banyak sekali dan mendukung untuk PC dengan spesifikasi kurang lebih minimal 2Gb. Salah satu game yang tidak pernah dilupakan hingga sekarang ini adalah GTA San Andreas yang mana juga bisa dimainkan pada PC dengan RAM 1Gb secara halus. Walau begitu saat ini sudah banyak lagi game selain itu dan lebih mengunggulkan grafik.

Salah satu game yang hampir sama seperti GTA SA ini adalah Mafia, dan saat ini sudah memiliki beberapa episode, tapi kali ini Saya ingin membagikan sesuatu untuk game Mafia 2untuk PC dan hal ini mengacu pada penyimpanan data yang tidak mudah ditemui layaknya GTA SA ataupun seri GTA lainnya. Banyak mengira bahwa game Mafia 2 ini menyerupai GTA, itu ada benar dan salahnya. Benarnya bahwa game Mafia 2 ini adalah game berjenis open world, dan salahnya bahwa game tersebut bukanlah game sandbox.

Untuk pertama kalinya memainkan game Mafia 2 ini akan langsung ditunjukan tata caranya seperti membidik, menembak, meloncat dan lain sebagainya. Mafia 2 memiliki chapter sebanyak 15 dan terdapat misi yang sangat menginspirasi, dari pertama kali menjadi seorang tentara yang memulai perang, dan menjadi seorang biasa dan jangan salah sangka jika pada game ini juga memiliki banyak sekali jenis senjata yang bisa digunakan untuk menghabisi musuh layaknya GTA.

Game Mafia 2 ini meski bisa bebas keluar tempat dan contohnya bisa mencuri kendaraan tapi juga masih mengalir pada cerita yang akan dituju, dengan maksud seperti cuaca yang tidak akan pernah berubah. Terdapat juga beberapa toko yang bisa dimasuki, misalnya membeli perlengkapan senjata, pakaian, makanan, dan bahkan juga bisa membeli bensin untuk kendaraan yang dipakai saat ini. Banyak orang kebingungan ketika ingin melakukan curang pada game ini salah satunya dengan menambah save data. Berikut ini akan Saya bagikan tata caranya.


  1. Pertama – tama pastikan telah memiliki file savedata, dalam kasus ini tidak ada savedata yang bisa membuka langsung semuanya 100%, tapi pengguna bisa memasangnya per chapter yang diunduh. Untuk mengunduh file savedata silahkan menuju Halaman Save Data Mafia 2.
  2. Jika telah memilikinya, silahkan atur PC supaya bisa melihat folder dan file yang tersembunyi, silahkan lihat pada artikel Cara Melihat File yang tersembunyi pada Windows.
  3. Apabila telah diatur, langsung saja menuju direktori C:\Users\NAMAPC\AppData\Local\2K Games\Mafia II. Perhatikan pada warna merah, silahkan ganti dengan username PC saat ini. Dilanjutkan dengan menuju folder Saves.

    Cara Menambah File Savedata pada Game Mafia 2

  4. Pada bagian ini pengguna akan melihat sejenis folder dengan nomor unik, ini berbeda-beda untuk segala jenis PC dan silahkan salin file savedata tadi pada folder dengan nomor unik tersebut.

    Cara Menambah File Savedata pada Game Mafia 2

  5. Sekarang cobalah buka game Mafia 2 dan lihatlah Chapter yang baru saja ditambahkan, pasti sudah tampil.

Perlu diketahui juga bahwa semua file yang ada pada folder dengan nomor unik hanya file dengan format DAT semua, dan tidak perlu untuk menghapus dari awalnya, cukup timpa saja, sebab setiap chapter memiliki savedata yang berbeda-beda dengan maksud tidak seperti game GTA yang hanya menggunakan satu file data yang bisa langsung komplit 100%. Saya sendiri awalnya juga sangat bingung karena sudah mengunduh pada Youtube tapi tetap saja malah tidak bisa dimainkan ceritanya, dan sebaiknya pengguna juga melakukan backup dulu pada folder Save tersebut supaya tidak ada hal yang buruk terjadi meski gagal memasang savedata. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • budi January 5, 2017, 4:13 pm

    thanks gan, berhasil
    cheat nya ada gak gan?

    • rrobyf January 6, 2017, 11:23 am

      Untuk cheatnya sepertinya menggunakan trainer gan.

Leave a Comment