≡ Menu

Aplikasi untuk Menjalankan OpenVPN di Android

Ada beberapa alasan orang menggunakan jaringan VPN untuk melindungi koneksi mereka dari suatu program jahat. Kebanyakan berasal dari program yang melakukan sniff jaringan dan bisa mengambil data sekaligus cookie pengguna saat ini apabila tidak menggunakan koneksi aman (HTTPS). Sebenarnya adapun program yang bisa mencegah hal tersebut terjadi seperti halnya Anti ARP yang bisa sepenuhnya menghindarkan atau menolak paket dari orang yang mengirim data palsu. Dan kebanyakan dialami oleh pengguna yang memakai jaringan lokal atau WiFi.

Namun adapula kegunaan VPN juga untuk memalsukan lokasi saat ini dan bisa menelusuri sebuah situs yang diblokir oleh operator. VPN sendiri juga memiliki beberapa macam enkripsi yang bisa digunakan sesuai keinginan, dan untuk protokolnya hanya ada 2, yaitu TCP dan UDP. Lalu adapula sebuah VPN yang diberinama sebagai OpenVPN, sebebenarnya ini juga tidak ada bedanya dengan VPN kebiasaan, hanya saja OpenVPN bisa dikostumisasikan sendiri dan harus menggunakan program yang bisa menjalankan konfigurasi OpenVPN.

Jika pada PC bisa menggunakan sebuah program bernama OpenVPN GUI, lalu untuk pengguna ponsel khususnya smartphone apakah bisa menggunakan OpenVPN? Tentu saja bisa dan sangat mudah layaknya menggunakan pada PC. Untuk masalah kecepatan, tentunya sama saja dan itu tergantung dari server VPN yang dipakai sekarang ini. Pada ponsel smartphone salah satunya Android, bisa menggunakan aplikasi bernama OpenVPN Connect. Memang ada banyak jenis aplikasi untuk menjalankan program OpenVPN pada Android, tapi menurut Saya hanya OpenVPN Connect saja yang memiliki cara yang praktis. Berikut ini gambaran dari aplikasi OpenVPN Connect.

Menjalankan OpenVPN di AndroidMenjalankan OpenVPN di AndroidMenjalankan OpenVPN di AndroidMenjalankan OpenVPN di Android

Hanya sebuah aplikasi sederhanya yang memiliki tampilan hitam minimalis dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Jadi pengguna cukup menekan tombol opsi yang ada dikanan atas dan setelah itu klik Import, maka akan diutujukan pada bagian memilih berkas konfigurasi OpenVPN, silahkan pilih dan setelah itu cukup mengisikan Username dan Password apabila memang dibutuhkan pada konfigurasi tersebut. Beberapa website penyedia VPN besar kadang mengharuskan untuk mengisi kata sandi, contohnya adalah situs VPNBook, tapi adapula yang tidak perlu melakukan itu dan bisa langsung menghubungkan tanpa autentikasi, yaitu VPNGate. Untuk mengunduh OpenVPN Connect silahkan klik banner berwarna hijau dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi OpenVPN Connect membutuhkan Android versi 4.0 keatas, memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya sekitar 2.2Mb. Jika saat ini adalah kali pertama pengguna mencoba menggunakan OpenVPN, Saya lebih menyarankan untuk mencoba konfigurasi OpenVPN dari Halaman VPNBook, karena menurut Saya kecepatan selalu stabil dan sesuai pengalaman Saya sendiri tidak pernah mengalami disconnect. Gunakan sekarang juga aplikasi OpenVPN Connect dan tetap jaga privasi ketika menjelajah internet.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment