≡ Menu

Percantik Status Bar Android dengan GravityBox

Sekitar tahun 2013, bagi orang yang memiliki ponsel Android kebanyakan menjaga ponselnya dengan cara yang halus supaya tidak rusak, apalagi jika melakukan root, mungkin tidak banyak orang melakukan hal tersebut saat dulu karena hanya dapat dilakukan dengan bantuan perangkat PC. Bukannya melakukan root ini bisa membuat ponsel rusak, namun itu juga tergantung dari kebutuhan apa yang membuat pengguna melakukan root. Dan kebanyakan orang bisa dipastikan melakukan root untuk menambah performa ponsel supaya lebih baik lagi dan menghiasinya supaya lebih bertampilan tidak membosankan.

Jika pengguna yang sudah mahir dalam melakukan Decompile dan Recompile pastilah sangat mudah baginya untuk menghiasi segala yang ada pada ponsel, baik itu tampil awal, menu, hingga statusbar. Hal yang paling banyak diminati sepertinya adalah menghias statusbar karena itu akan tampil pada segala aplikasi dan akan lebih bagus lagi jika diberi warna atau mengganti icon yang ada. Mungkin jika mengganti icon saja sejenis icon baterai ataupun signal, pengguna pasti bisa melakukannya, tapi bagaimana jika merubah segalanya supaya lebih menarik, misalnya menambah koneksi internet pada bagian samping, mengganti jam pada bagian tengah atau menghilangkannya, dan lain-lain. Tidak semua orang bisa melakukan itu dengan mudah kecuali dengan sebuah bantuan.

Aplikasi yang akan Saya bagikan ini akan membantu pengguna untuk menghiasi statusbar dengan sangat mudah dan bahkan bisa juga menghias panel notifikasi supaya lebih indah dan berbeda dari biasanya. Aplikasi ini bernam Gravitybox, termasuk dari modul Xposed Framework. Jadi apabila pengguna ingin mencoba aplikasi ini harus memasang terlebih dahulu Xposed dan menginstallnya ke sistem supaya aplikasi Gravitybox bisa bekerja sepenuhnya. Xposed ini tidaklah bahaya dan bahkan akan menambah banyak fitur pada ponsel, ada berbagai macam modul yang bisa dikolaborasikan dengan Xposed dan salah satunya adalah Gravitybox yang bisa melakukan tweak pada sistemUI walau masih dalam keadaan odex.

Fitur unggulan yang Saya sukai adalah bisa menambahkan segala alat pada bagian panel notifikasi, jadi akan disediakan berbagai macam fitur yang ada pada panel notifikasi, contohnya seperti melakukan screenshot, pengguna tidak perlu lagi menekan tombol dengan susah payah karena hanya dengan sekali klik saja dari panel notifikasi. Lalu ada pula fitur untuk menampilkan jumlah RAM dan menghapus task pada app drawer, tersedia pula berbagai icon baterai yang bisa dipilih dan digunakan langsung. Tidak perlu takut mengalami bootloop, sebab Gravitybox sangat aman sekali untuk digunakan dan tidak akan menurunkan performa ponsel sedikitpun. Berikut ini gambarannya.

Gambaran dari Gravitybox untuk AndroidGambaran dari Gravitybox untuk AndroidGambaran dari Gravitybox untuk AndroidGambaran dari Gravitybox untuk Android

Gravitybox ini tersedia untuk Android Jelly bean keatas, setiap versi Android memiliki file APK tersendiri, saat ini Saya juga menggunakan Gravitybox untuk Android KitKat dan seluruh fiturnya berfungsi dengan baik. Menurut Saya fitur tweak yang cukup mengagumkan adalah sejenis floating notifikasi yang akan tampil layaknya Android Lolipop, jadi setiap kali terdapat pemberitahuan, maka sebuah pemberitahuan akan melayang pada bagian atas, bisa digeser ke kanan atau ke kiri untuk menghilangkannya. Aplikasi Gravitybox ini memiliki versi premium yang akan membuka beberapa fitur terbaiknya, dan untuk versi gratis juga sudah termasuk mantap untuk digunakan. Untuk mengunduhnya, silahkan klik pada nama teks dibawah ini sesuai dengan versi Androidnya.

[Jelly Bean][KitKat][Lollipop][Marshmallow]

Jika saat membuka Gravitybox, tiba-tiba muncul sebuah pemberitahuan seperti ini “Gravitybox System framework tidak merespon.” itu berarti pengguna belum menginstall Xposed Framework pada sistem. Tidak banyak versi Xposed yang cocok untuk semua ponsel Android dan silahkan cari yang cocok. Untuk lebih mudah mencarinya silahkan bertanya-tanya pada sebuah grup sesuai tipe ponselnya di Facebook. Link diatas langsung menuju situs Xposed Modul Repository, dan untuk mengunduhnya silahkan skroll kebawah dan akan menemukan detailnya, lalu pada samping teks Download terdapat link, cukup klik dan proses unduhan akan dimulai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment