≡ Menu

Cara Membuat Multi SSID Pada Router WiFi Speedy

Membuat Multi SSID Access Point di Router WiFi Speedy

Kebanyakan orang mengatakan bahwa WiFi adalah salah satu jaringan yang paling stabil dan cocok digunakan untuk mengunduh konten besar dengan cepat. Tentu itu ada benar dan salahnya tergantung dari kecepatan dan pengguna dari WiFi tersebut. Jika ada pengguna yang memotong koneksi, tentu tidak bisa dianggap stabil karena seakan koneksi hilang dengan sendirinya akibat ping yang berlebihan dari pengguna lain atau bisa Saya katakan metode ping flood yang meresahkan membuat pengguna lain yang menggunakan koneksi satu jaringan tidak bisa merasakan kepuasaan dalam menjelajahi internet dengan cepat.

Di Indonesia sendiri telah memiliki jaringan WiFi yang disediakan dari Telkom dan harga yang ditawarkan sangatlah bagus daripada harus membeli kuota bulanan. Serta dengan WiFi tersebut tidak akan adanya kuota yang akan habis, jadi tidak perlu berpikir seberapa lama kuota atau bandwidth akan berakhir karena selamanya WiFi itu sudah unlimited atau tak terbatas penggunaanya. Namun meski tak terbatas, masih diberi sebuah FUP yang membatasi kecepatan internet apabila melampaui batas byte yang sudah ditentukan. Tapi itu tidak akan meresahkan apabila WiFi yang digunakan tidak untuk warnet.

Ada banyak tipe router yang memancarkan jaringan WiFi, dan kebanyakan bahwa orang Telkom selalu memberikan router yang sangat mudah untuk digunakan serta bisa diakses lebih luas dari telnet untuk mendapatkan fitur yang tersembunyi. Dan disini akan Saya bagikan tata cara untuk membuat SSID yang baru dan cara ini melalui telnet. Biasanya router WiFi ada yang memiliki fitur untuk membuat SSID baru pada pengaturan halaman admin, namun jika tidak ada maka harus membuatnya secara manual dari telnet dan hal ini sangatlah aman untuk digunakan karena jika terdapat kesalahan pun masih bisa diperbaiki dengan menekan tombol reset yang ada di router.

Contoh multi SSID adalah seperti SSID bawaan telkom yang terkadang muncul jaringan WiFi bernama @wifi.id, SpeedyInstant@wifi.id, dan lain sebagainya. Untuk membuat seperti itu sangatlah mudah, yang diperlukan hanya Telnet Client sejenis Putty supaya bisa memasuki pengaturan dalam router. Jika cara menonaktifkan wifi.id sendiri sudah pernah Saya bagikan dan apabila ingin melihatnya silahkan cari pada komol yang tersedia pada website ini. berikut ini tata cara membuat multi SSID dengan mudah pada router Telkom Speedy, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan sambungkan kabel LAN dan pastikan telah memiliki telnet client. Apabila keperluan sudah disiapkan langsung saja menuju CMD atau Telnet Client seperti Putty dan masuk ke IP Gateway. Contohnya telnet 192.168.1.1.
  2. Selanjutnya silahkan masukan kata sandi bagian telnet. Jika merasa belum pernah merubah silahkan ketik admin atau theworldinyourhand. Apabila sudah masuk, langsung saja ketikan perintah rt setbssidnum 3 dan ENTER.
  3. Hal diatas untuk membuat SSID menjadi 3, jadi disini Saya akan melakukan pengeditan SSID pada bagian 3, karena 1 adalah SSID utama dan 2 adalah SSID tambahan telkom. Sekarang silahkan ketikan rt node index 3 dan ENTER, lalu untuk membuat SSID yang baru, silahkan ketik lagi rt node ssid NamaAP. Perhatikan pada bagian “NamaAP” silahkan ganti dengan nama WiFi/Access Point yang akan dibuat. dan ketik ENTER
  4. Masih belum selesai, untuk membuat tipe autentikasi silahkan ketik rt node authmode wpapsk dan ENTER. Selanjutnya ketik lagi rt node encryptype aes dan ENTER. Lalu untuk mengisi kata sandi silahkan ketik rt node wpapask KataSandi. Silahkan ganti pada bagian “KataSandi” dan setelah itu silahkan ENTER.
  5. Terakhir, untuk menyimpan semuanya silahkan ketik rt node save dan ENTER. Silahkan tunggu hingga proses reboot selesai dan SSID yang baru akan segera tampil
  6. Apabila masih tidak tampil, berarti belum diaktifkan AP untuk SSID tersebut. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk telnet seperti cara pertama tadi dan ketikan rt enableap 3 dan ENTER. Sekarang pasti sudah akan tampil

Cara diatas akan lebih mudah apabila sambil dilakukan, jika hanya dibaca saja akan terasa sangat rumit, akan tetapi apabila langsung melakukan praktek tidak akan sesulit seperti yang dilihat. Seperti kata Saya diatas bahwa cara diatas sangatlah aman untuk dilakukan dan meskipun terdapat keslahan kecil masih bisa dilakukan reset router dan mencoba lagi. Biasanya SSID yang ditambah seperti diatas masih belum diatur bagian gateway supaya sama seperti AP utama, dan tidak ada cara untuk merubah gateway tersebut karena hanya main AP yang bisa diubah. Tapi ada cara untuk IP Gateway ini bisa ada pada SSID tambahan tadi supaya bisa mengakses internet, yaitu melalui halaman admin dan pada bagian Interface Setup dan pada menu LAN silahkan centang pada bagian BSSID ke 3, lalu cukup klik tombol Save dan lihat perbedaanya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 10 comments… add one }
  • RUDITA ANDRA August 10, 2017, 12:38 pm

    apakah ini berlaku pd smatfren yg masih 3g

    • rrobyf August 11, 2017, 3:04 am

      Maaf, hanya khusus untuk Modem Speedy saja.

  • Mr.Zuck August 4, 2017, 4:49 am

    Itu bisa nambah kecepatan wifi nya nggk?

    • rrobyf August 4, 2017, 11:45 am

      Untuk kecepatan masih tetap sama.

  • Dinobee February 1, 2017, 1:50 am

    Cara membagi kecepatan tiap SSID gmn ya

    • rrobyf February 1, 2017, 11:34 am

      Masih kurang tahu, mungkin menggunakan fitur QOS.

  • AzharDanii October 6, 2016, 2:53 pm

    gan untuk yg multi ssid yg baru dibuat kok tidak dapat akses internet / limited gan,, terimakasih.

    • rrobyf October 8, 2016, 11:56 am

      Coba masuk pada halaman admin, lalu menuju Interface Setup => LAN. Perhatikan pada bagian Physical Ports dan Wireless BSSID# silahkan centang semuanya.

  • Deace April 19, 2016, 6:18 am

    buka 192.168.1.1 via browser juga bisa gan, lebih mudah & praktis.

    • rrobyf April 20, 2016, 10:32 pm

      Ya, tapi ada pula router speedy yang masih tidak bisa dilakukan melalui halaman admin dan harus melalui telnet.

Leave a Comment