≡ Menu

Backup Aplikasi Lebih Komplit dengan Titanium Backup

Melakukan backup atau bisa disebut membuat cadangan adalah sangat penting apabila hal yang ingin dicadangkan memiliki hal pribadi dan tidak ingin kehilangannya. Seperti contohnya adalah aplikasi yang ada pada ponsel Android, pastilah sebelum melakukan reset factory atau mengembalikan ke pengaturan pabrik ada baiknya melakukan backup terlebih dulu. Jika ponsel yang memliki status ROOT, mungkin bisa mudah dengan melakukan full backup dari recovery, sedangkan ponsel yang tidak berstatus root pastilah tidak bisa dan hanya diberi opsi untuk mencadangkan data secara online dari akun Google yang dipakai saat itu.

Memang pada ponsel Android tidak ada fitur untuk menyimpan aplikasi kembali dalam bentuk APK, akan tetapi hal tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi khusus yang dapat melakukan hal tersbeut dengan sangat baik. Jika pada ponsel yang tidak berstatus root, mungkin hanya akan bisa menyimpan kembali file APK saja, namun jika ponsel berstatus root pasti bisa mengharapkan lebih banyak dengan menyimpan semua data yang ada aplikasi tersebut dan data itu bisa digunakan untuk mengatur setelan aplikasi itu sendiri. Sedangkan jika tanpa data, harus menyetel ulang seperti awal dan tentu menjengkelkan apabila setelan yang ada pada aplikasi sangatlah banyak.

Jadi aplikasi khusus yang akan Saya bagikan ini sudah sangat populer dan memiliki kualitas terbaik dari aplikasi backup biasanya. Nama dari aplikasi ini adalah Titanium Backup, memiliki fitur yang menonjolkan dari cara melakukan backup dengan sangat baik dan bisa dilakukan restore dengan mudah. Jadi apabila pengguna ingin menghapus aplikasi yang diinginkan, supaya tidak mengunduh lagi kelak, lebih baik disimpan atau cadangkan dengan bantuan Titanium Backup ini. Sangat cocok untuk aplikasi yang tidak pernah dipakai dalam jangka waktu lama dan kegunaan Titanium Backup tidak hanya itu saja.

Pernah mendengar tentang melakukan pembekuan pada aplikasi? Supaya aplikasi yang dipilih seolah tidak pernah terpasang dan tiada, namun jika dilihat dari setelan aplikasi masih ada. Tentu hal tersebut memang bisa dilakukan dengan Titanium Backup. Jadi terdapat fitur Freeze dan Unfreeze yang kegunaanya membuat ponsel lebih ringan untuk menghentikan aplikasi yang tidak lama dipakai, tapi bukan berarti mencopot pemasangan, karena jika pengguna merasa ingin digunakan lagi cukup melakukan Unfreeze saja. Seperti kontak, Pesan, dan lain-lain, Titanium Backup bisa mencadangkan itu semua dengan mudah dan cepat. Berikut ini gamabaran dari aplikasi ini.

Titanium Backup Untuk AndroidTitanium Backup Untuk AndroidTitanium Backup Untuk AndroidTitanium Backup Untuk Android

Dengan tampilan yang sederhana, Titanium Backup sama sekali tidak akan membuat ponsel menjadi lambat atau terbebani karena aplikasi ini justru lebih membantu pengguna yang memasangkannya, terlebih lagi pada ponsel yang telah dilakukan root, adalah kewajiban untuk memasang aplikasi ini karena fiturnya yang luar biasa hebatnya dibanding aplikasi backup yang lainnya. Memang dalam segi fungsional, Titanium Backup ini lebih bersifat mencadangkan saja, tapi cobalah untuk melihat fitur yang ada dan pengguna pasti akan sangat menyukai aplikasi ini karena fiturnya tidak hanya itu saja dan masih banyak lagi. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Titanium Backup membutuhkan Android 1.5 keatas, memiliki ukuran sekitar 7.3Mb dan tidak membutuhkan data/cache tambahan. Titanium Backup ini lebih disarankan untuk pengguna Android bertatus root karena akan mendapatkan fitur yang sangat banyak dan untuk Android yang tidak berstatus root hanya akan bisa melakukan backup APK pada setiap aplikasi dan bisa juga digunakan untuk mencadangkan pesan, wifi, panggilan, kontak, dan lain-lain. Fitur yang Saya sukai salah satunya juga bisa memindahkan aplikasi yang ada di internal menjadi ke kartu SD atau penyimpanan external, seperti aplikasi BBM yang pada dasarnya terpasang di penyimpanan internal dan tidak bisa dipindahkan, tapi dengan Titanium Backup apapun aplikasi bisa dipindahkan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment