≡ Menu

Cara Mengatasi Ponsel Android Macet Terlalu Sering

Mengatasi android yang macet terlalu seting

Smartphone pada dasarnya hanyalah sebuah ponsel yang sama kegunaannya dengan ponsel biasa, hanya saja fitur yang diberikan lebih baik dan kinerjanya yang telah menggunakan alat modern. Tapi dalam kesalahannya, smartphone lebih banyak mengalami kesalahan karena saat ini sudah banyak sekali pengguna smartphone yang memperlakukan ponselnya lebih dari yang ada pada fitur normal. Misalnya pada Android yang telah di root, tentu sistem akan terbuka dan aplikasi yang sudah diijinkan bisa mengedit sesuatu yang ada pada bagian tersebut. Namun menjadikan ponsel berstatus rot memang sedikit bahaya apabila orang tersebut tidak mengetahui kegunaanya yang lebih penting dan penyelamatan utama pada ponselnya apabila mengalami kerusakan.

Terdapat banyak sekali aplikasi antivirus yang disedikan oleh developer ternama, contohnya seperti eset, avast, avg, dan lain-lain yang telah populer pada kalangan PC. Tapi semua antivirus tersebut tidak bisa memperbaiki apabila kerusakan pada bagian dalam, karena tidak memberikan fitur perbaikan dan hanya pencekalan terhadap virus yang ada. Sementara jika ponselnya mengalami kerusakan, hal yang bisa dilakukan pengguna antara lain adalah restore melalui recovery. Tapi itu hanya khusus untuk ponsel yang telah berstatus root, dan apabila belum bisa jadi orang tersebut melakukan reset factory! dan itu adalah cara yang sangat benar untuk memberantas kesalahan ponsel.

Android memiliki cadangan pada sistem yang digunakan untuk mereset ulang, dan dengan mereset ulang, berarti ponsel tersebut kembali seperti baru lagi. Pada artikel ini Saya ingin menjelaskan sedikit tips untuk pengguna Android yang mengalami kesalahan pada sistem tanpa harus melakukan reset factory, jadi ada cara yang lebih kecil daripada melakukan yang besar, dan memiliki resiko karena aplikasi yang terunduh bisa hilang. Biasanya ponsel Android yang macet secara tiba-tiba saat memainkan game HD, dan pengatasinya adalah menghapus task pada latar belakang. Tapi yang ingin Saya bagikan bukanlah yang seperti itu, dan lebih dari sekedar macet biasa.

Jadi yang ingin Saya bagikan contohnya seperti ini, ketika ponsel Android dilakukan seperti biasa, lalu ketika membuka sesuatu baik itu pengaturan, notifikasi, aplikasi, dan lain-lain akan macet secara tiba menandakan sebagai not responding atau aplikasi tidak berjalan dengan benar. Lalu secara tiba-tiba ponsel layaknya tidak bisa dilakukan apa-apa kecuali tombol power saja, dan hanya cara Restart saja yang bisa memulihkan keadaan ponsel, tapi masalahnya hal tersebut masih bisa datang lagi meski tidak sering. Walaupun begitu, aktivitas yang macet pada ponsel yang menyuruh pengguna untuk restart adalah sesuatu yang mengagnggu dan harus cepat diatasi. Biasanya orang yang mengalami hal ini akan melakukan reset factory, untuk itu sebelum melakukan hal iu lebih baik gunakan cara diatas ini dari yang paling atas hingga kebawah.

  1. Hapus Semua Cache Aplikasi – Melakukan hal ini memang sulit, namun bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi seperti Ccleaner atau Clean Master.
  2. Copot Aplikasi Yang Baru-baru ini Dipasang – Jika sekiranya pernah memasang aplikasi, dan setelahnya mengalami macet seperti contoh diatas tadi, silahkan copot saja, bisa saja ada sebuah kesalahan pada aplikasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi.
  3. Cek Semua Aplikasi Dengan Antivirus – Bisa saja yang menyebabkan hal ini dari sebuah aplikasi yang didalamnya terinfeksi virus, apapun nama virus jika terdeteksi sebaiknya langsung copot pemasangan.
  4. Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik – Ini cara yang terakhir apabila semua cara diatas masih menampilkan masalah yang sama. Jika ponsel sudah dilakukan hal ini, kurang lebih 90% masalah akan hilang kecuali ponsel sudah berstatus root kemungkinan hanya 60% berhasil menuntaskan masalahnya.

Ponsel buatan china ataupun bukan, semua ponsel Android bisa mengalami hal sejenis ini karena masalah ini adalah dari kesalahan sistem. Apabila ponsel pernah mengalami kesalahan kernel saat booting, ataupun kesalahan framework, tidak heran jika saat macet tidak bisa melakukan apa-apa kecuali restart. Dan hal tersebut hanya bisa diatasi dengan cara reset ulang ponsel, meski dengan melakukan reset ulang ponsel akan kehilangan seluruh aplikasi yang terunduh, tapi tidak mengapa karena masalah yang ada telah hilang. Saya membuat artikel ini karena Saya pernah mengalaminya sendiri pada ponsel Saya yang belum dilakukan root dan kesalahan memang ada pada kernel, dan sekarang sudah teratasi.

Bagi yang mengalami hal sejenis ini tapi sudah dalam kondisi rooted, sebaiknya dilakukan restore ulang pada recovery atau menginstall Custom ROM yang baru, karena bisa saja kesalahan ada pada ROM yang dipakai saat ini. Selalu memasang antivirus adalah tindakan yang bagus, hal ini dikarenakan melakukan root sekarang ini bisa dilakukan langusng pada sebuah aplikasi dan tidak perlu PC. Sama halnya pada iOS juga hanya dengan aplikasi saja dan hal itu sangat bahaya sekali, karena apabila virus telah masuk pada sistem, tidak hanya macet saja yang akan dialami, namun lebih dari sekedar macet! Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • Fadil July 19, 2017, 5:51 am

    Saya mau tanya….saya sudah 2 x reset factory….masih sering freez n restart sendiri….hp saya sony z ultra sejak tahun 2014

    App instragram, fb uda saya donlod ulang…tp sering ga bisa n jaeabannya not responding, sonyericson not resppnding, ui system not rspnd….kenapa yaa ?

    Apa karena sudah umur nya tuh hp ? Hiks

    Mohon pencerahannya

    • rrobyf July 19, 2017, 11:16 am

      Wah jika ponsel restart sendiri bisa jadi kerusakan softwarenya gan dan perlu di flash. Sebaiknya coba untuk diflash terlebih dahulu.

  • iqbal March 11, 2017, 4:55 am

    apk instagram error gk bisa dibuka. sudah hapus cache, delete dan instal ulang tetap error. mohon bantuannya

    • rrobyf March 12, 2017, 11:02 am

      Masalah error yang dialami semacam apa ya? apakah tak dapat menampilkan konten?

Leave a Comment