≡ Menu

Cara Keluar/Logout Pada BBM Di Android

Cara melakuan logout BBM dengan sangat mudah

BlackBerry Messenger atau lebih dikenal BBM, sebenarnya adalah aplikasi chatting yang ada pada BlackBerry saja, lalu karena banyak sekali yang menggunakannya, pada tahun 2014 merambat ke Android dan iOS. Sekarang BBM menjadi aplikasi pribadi untuk melakukan segalanya layaknya mengirim pesan SMS. Meskipun banyak sekali aplikasi chatting yang ada pada BBM, tapi orang Indonesia masih memilih BBM untuk dijadikan aplikasi chatting utama yang ada pada ponselnya. Tidak hanya orang Indonesia saja yang kebanyakan menggunakan BBM, tapi juga banyak sekali dari negara lain yang menggunakannya. Bahkan saat ini juga banyak ditemukan ponsel khususnya Android yang sudah memiliki aplikasi BBM yang ada pada sistem, tentu memudahkan pengguna karena tidak perlu melakukan pengunduhan dari Apps Store.

Kebanyakan orang akan bingung apabila akun BBM yang dimilikinya tidak bisa masuk, seperti halnya Facebook yang lupa kata sandi, pada BBM sendiri sebenarnya sudah diberikan menu untuk lupa kata sandi, hanya saja masih banyak orang yang tidak bisa menggunakan fitur tersebut akibat pembuatan akun yang asal-asalan. Jadi sebaiknya mendaftar akun BBM jika digunakan kepentingan seperti bisnis, lebih baik menggunakan informasi dengan cara yang seharusnya dan tidak memberikan informasi yang terbilang ngawur seperti Email atau alamat Surel, karena jika kata sandi sampai lupa, Email tersebut yang akan membantu membuat kata sandi yang baru.

Jika Saya perhitungkan sendiri, paling banyak dialami oleh pengguna BBM ketika akunnya tiba-tiba keluar atau logout, bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu memperbarui aplikasi dan mengembalikan ke pengaturan pabrik, hanya itu saja kemungkinan dialami oleh pengguna Android yang masih belum tahu lebih tentang pengaturan dalam. Bahkan sebenarnya untuk melakukan logout adalah cara yang mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan, karena hanya perlu menghapus data saja. Sama halnya foto profil BBM yang tidak ada atau belum muncul, tapi itu hanya perlu menghapus tembolok atau cache saja, sedangkan untuk melakuka logout hanya perlu hapus data.

Menghapus data, berbeda dengan menghapus cache yang dilakukan oleh aplikasi otomatis seperti Clean Master, karena menghapus data tidak dapat dilakukan oleh aplikasi manapun kecuali ponsel sudah dalam keadaan root, tentu bisa melakukan penghapusan data dalam sekali klik dengan bantuan aplikasi lain. Sedangkan jika ponsel tidak di root, masih bisa melakukannya secara manual dari pengaturan aplikasi. Jika kamu pernah mencopot aplikasi melalui pengaturan, dari situlah tombol hapus data ditemukan dan saat melakukan hal tersebut, otomatis semua data yang ada pada aplikasi akan dihapus seperti data login, cache, dan aplikasi tersebut akan menjadi baru layaknya setelah diunduh. Berikut ini cara untuk menghapus data untuk melakukan logout dari BBM, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan ponsel Android dan menuju Pengaturan lalu klik pada menu Aplikasi
  2. Lalu akan muncul semua aplikasi yang sudah terpasang, silahkan cari BBM dan klik.
  3. Pada bagian ini adalah informasi detil dari BBM, dan untuk menghapus data silahkan skroll kebawah sedikit dan temukan tombol Hapus Data dan klik.
  4. Biasanya akan muncul pesan popup, silahkan klik Ya dan data akan terhapus. Sekarang silahkan buka BBM dan pasti akan disuruh untuk login.

Mudah sekali bukan ? Setelah melakukan penghapusan data, secara otomatis akun BBM akan keluar atau logout, dikarenakan pada BBM sendiri masih belum diberikan menu logout, jadi hanya cara ini yang bisa dilakukan. Atau bisa saja memang sengaja tidak diberikan menu logout untuk keamanan, Saya masih belum mengerti karena hampir semua aplikasi chatting tidak memberikan menu logout kecuali social media. Setelah melakukan cara diatas, BBM akan kembali seperti baru dan saat memasuki BBM setelah login akan diberikan tutorial manual seperti melakukan chatting, menambah kontak dan lain-lain.

Untuk saat ini pengembang BBM Sendiri sepertinya masih memperdulikan untuk Android 4.0 keatas tanpa memikirkan Android 2.3 yang fiturnya masih banyak sekali tidak dimilikinya, ada kemungkinan juga ponsel Android Gingerbread (2.3) kebanyakan memiliki RAM yang sedikit, jadi dengan fitur yang sedikit bisa meminimalisir akan terjadinya force close terus menerus. Jika dibilang aplikasi BBM ini menghabiskan baterai, tentu itu ada benarnya apabila data terus diaktifkan, karena semua aplikasi chatting akan melakukan ping server terus menerus beberapa detik sekali layaknya bermain game FPS supaya pesan masuk dengan cepat dan tidak ada keterlambatan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment