≡ Menu

Cara Mematikan Fitur Komentar Pada Artikel WordPress

UC Browser Animation

Wordpress logo mematikan fitur komentar

WordPress adalah salah satu dari sekian banyak CMS Blog terbaik yang ada. Banyak sekali yang menggunakan WordPress karena fiturnya yang menarik dan pengelolaan yang mudah, hanya saja banyak pengguna yang masih baru menggunakan WordPress masih belum tahu lebih fitur yang sangat berguna dalam pengoperasin. Begitu banyaknya plugin yang mendukung untuk mengembangkan website, serta template yang selalu ada setiap harinya, gratis maupun berbayar, semuanya sangat menarik. Satu situs WordPress terkadang kurang jika hanya menggunakan 5 plugin saja. Bahkan ada juga website yang menggunakan 20 plugin aktif, tentu jik terlalu banyak akan memberatkan server, tapi jika server tangguh, pastilah tidak masalah.

Kebanyakan fitur yang tidak ada pada WordPress sendiri, selalu ada pada plugin, misalnya hits counter, share button yang bisa menggunakan plugin jetpack, atau cache tambahan yang bisa menggunakan plugin wp super cache, w3 total cache, atau lain-lan. Dan lebih bagusnya WordPress selalu diperbarui setiap beberapa bulan sekali. Kemungkinan besar setahun diperbarui hingga 3 kali. Ini lebih baik ketimbang CMS lain yang memperbarui hanya setahun sekali. Pengoperasian sistem yang ada pada WordPress juga bisa dipelajari dengan mudah pada halaman Codex, memungkinkan pengguna bisa berkarya dengan membuat plugin, theme, atau mengedit sesuatu apapun yang ada didalamnya.

Disini Saya akan membahas tentang komentar yang ada di WordPress. Memiliki banyak komentar sangat bagus, tapi jika terlalu banyak dan tidak dibuatkan semacam halaman, akan berakibat pada SEO itu sendiri. Maka dari itu banyak sekali orang membuat komentar yang ada diartikelnya dijadikan halaman, jadi hanya tampil per 10 komentar saja, lebih atau kurang. Tapi ada juga yang tidak memakai metode seperti itu dan lebih memilih untuk ingin mematikan fitur komentar saja pada artikel yang dipilih. Sebenarnya untuk melakukan hal ini tidak memerlukan plugin, karena hanya perlu melakukan pada halaman pengalihan artikel, yang dimana terdapat fitur tersendiri untuk mematikan dan tidak terlihat jika belum diatur.

Pengguna WordPress baru mungkin belum mengetahui cara mematikan komentar pada artikel, dan mungkin saja pernah mencari plugin untuk hal itu dan akan menemukan plugin untuk mematikan komentar pada semua artikel berdasarkan jenisnya, tentu itu salah besar, karena yang diinginkan adalah mematikan fitur komentar pada satu artikel saja atau artikel yang dipilih saja. Untuk melakukannya sangat mudah dan tidak membutuhkan plugin tambahan, silahkan simak caranya dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan menuju Dasbor admin dan menuju halaman edit artikel yang akan dimatikan fitur komentarnya.
  2. Jika sudah ada pada halaman edit artikel, silahkan klik pada tombol Screen Option pada bagian kanan atas disamping Help. Berikut contoh gambarnya.

    mematikan komentar di artikel WordPress

  3. Saat tombol Screen Option diklik akan tampil seperti gambar diatas, dan silahkan centang pada Discussion
  4. Jika sudah dicentang, selanjutnya skroll kebawah dan temukan bagian Discussion, lalu untuk mematikan komentar, cukup jangan centang pada Allow comments

    mematikan komentar di artikel WordPress 2

  5. Jika ingin mematikan trackback juga, silahkan jangan centang pada Allow trackbacks and pingbacks on this page. Dan selanjutnya klik tombol Update dan selesai.

Mudah sekali bukan ? Cara diatas dilakukan pada WordPress versi 4.4 dan sepertinya sudah ada sejak versi terdahulunya. Jadi intinya hanya melakukan centang dan tidak centang lalu update. Posisi bagian Discussion biasanya ada pada bawah artikel, tapi jika menggunakan plugin SEO, akan ada dibawahnya. Silahkan skroll saja akan ketemu asal Discussion sudah dicentang pada Screen Option, Beberapa orang menghiraukan tombol tersebut, padahal pada tombol itu menyimpan fitur yang bisa disembunyikan dan ditampilkan. Dan apabila kamu ingin mematikan fitur komentar pada jenis artikel saja, silahkan gunakan plugin Disable Comments, untuk memasangnya cukup cari dan tambah baru pada halaman plugin.

Pada WordPress juga bisa dilakukan otomatis mematikan komentar pada hitungan hari yang ditentukan, jadi misalnya jika artikel sudah mencapai 30 hari atau terserah yang kamu inginkan, maka fitur komentar akan dimatikan secara otomatis. Untuk melakukan cara ini cukup menuju Settings > Discussion dan centang pada Automatically close comments on articles older than 14 days, jangan lupa untuk mengganti angka 14 dengan hitungan hari yang diinginkan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • jam tangan December 11, 2016, 6:00 pm

    keren mas. baru aja sy cari yang artikel begini

Leave a Comment