≡ Menu

Cara Mengganti Font Di Android

Android Logo

Pernahkah kamu melihat sebuah tulisan yang berbeda pada sebagian ponsel Android yang memiliki karakter unik yang tidak menyerupai pada ponsel lainnya, karakter itulah yang disebut font. Setiap ponsel pasti memiliki font untuk menyesuaikan tulisan dengan benar dan dibuat sebaik mungkin dengan tata letak supaya tetap rapi dalam modus apapun dan dalam bentuk apapun, apalagi di ponsel smartphone bisa memperbesar tulisan, untuk itu font juga harus dalam keadaan bagus supaya saat diperbesar masih memiliki karakter yang dapat dibaca. Ada banyak ponsel yang bisa mengganti font, di smartpone maupun bukan sebenarnya bisa, hanya saja banyak yang tidak mengetahui tata caranya,

Kali ini Saya hanya membagikan untuk ponsel Android saja dan tidak dalam mode ROOT sebab terlalu banyak yang gagal akibat ROM yanag berbeda-beda, Saya sendii sudah pernah mencoba di ponsel yang telah berstatus ROOT dan menggunakan aplikasi tambahan tetap saja gagal, mengingat pengguna Indonesia banyak menggunakan ponsel china, untuk itu disini Saya membagikan yang mudah saja dan tidak semua ponsel mendukung untuk ini. Tapi silahkan dilihat terlebih dahulu pada caranya, barangkali pada ponsel yang kamu gunakan sekarang, mendukung perubahan font dengan aman. Merubah font, berarti akan merubah semua tulisan yang ada seperti pada perpesanan, Browser, dan beberapa di Aplikasi. Karena di Aplikasi biasanya sudah terdapat font tersendiri dan tidak dapat diganti pada font saat ini.

Fitur pergantian font yang ada pada ponsel Android ini tidak mengukur dari versi Android tersebut, karena terkadang ada pula ponsel 2.3 yang bisa mengganti font dan ada pula ponsel 4.0 namun tidak tersedia fitur ini, jadi bisa dipastikan ini dari ponsel/ROMnya sendiri mendukung atau tidak. Dibeberapa ponsel produk china juga banyak yang sudah mendukung, apalagi seperti Samsung, kebanyakan sudah disediakan fitur ini dan hanya saja banyak yang tidak mengerti cara menggantinya apabila font yang disediakan hanya sedikit dan ingin menambahkan font yang lebih berbeda. Cara tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi, berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka Android dan buka menu Pengaturan.
  2. Lalu silahkan klik pada menu Tampilan. Dan akan tampak menu dengan nama Tulisan atau Font atau Gaya Tulisan. Contohnya pada gambar dibawah ini.

    Font

  3. Silahkan klik menu tersebut dan akan tampil beberapa font yang bisa kamu pilih. Pada beberapa ponsel terdapat 2 tab dibagian atas yaitu Tulisan Disiapkan dan Pengguna Tulisan, itu berarti bisa menambahkan font manual. Untuk mengganti dengan font lain, silahkan unduh fontnya terlebih dahulu pada akhir artikel ini. Berikut ini contoh kedua.

    Font

  4. Jika sudah memiliki fonttnya silahkan klik Pengguna Tulisan, lalu klik menu opsi dipojok kanan atas dan klik Tambahkan Tulisan, lalu cari file fontnya.
  5. Jika font telah ditambahkan, sekarang cukup klik dan tunggu beberapa detik dan font telah berubah. Berikut contohnya 😀

    Font

Mudah sekali bukan ? Untuk mengganti dengan font yang lain, silahkan persiapkan dengan font lain dengan format ttf. Dan akan lebih baik lagi jika font tersebut mendukung unicode, jadi semua bentuk teks dapat terbaca tanpa ada tulisan kotak-kotak lagi. Dengan cara ini, kamu tidak akan bosan memakai ponselmu, karena font juga termasuk cara menghilangkan bosan saat menggunakan ponsel. Ada ribuan font yang tersedia dan kamu bisa mengunduhnya gratis atau mencari yang berbayar juga banyak sekali. Contoh dibawah ini Saya berikan font yang sangat bagus, unicode, dan aneh, cocok untuk para cewek. Kenapa Saya berikan yang sedikit aneh, sebab dengan menggunakan font ini kamu bisa melihat perbedaan dari font sebelumnya dan jangan khawatir, hasil font akan seperti pada cuplikan gambar hasil diatas tadi. Untuk mengunduh font, silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • Achmad Haidar November 15, 2015, 10:15 am

    Hp sony kok nggak bisa ya?

    • rrobyf November 15, 2015, 11:28 am

      Tergantung dari ponselnya, biasanya ada, biasanya tidak ada. Jika tidak ada harus memakai cara lain tapi ponselnya harus ROOTED.

Leave a Comment