≡ Menu

Vocaroo – Situs Recording Online Yang Sederhana

Vocaroo Logo

Setiap hari pasti banyak sekali yang melakukan percakapan secara online dengan suara dan video seperti di Skype ataupun disitus sejenisnya. Ada pula yang melakukan karaoke namun tidak secara online dan untuk menyimpannya tidak tentu bisa di Memory Card. Saat ini sudah banyak sekali situs untuk merecord atau merekam sebuah video seperti yang populer sekali yaitu Youtube, tapi tidak menutup kemungkinan jika terdapat situs untuk merekam suara saja dan bisa untuk dibagikan atau diunduh sekaligus. Pasti situs sejenis ini jarang sekali populer karena layaknya radio yang hanya membunyikan suara saja tanpa ada video. Tapi meski begitu, situs yang akan Saya bagikan ini sangat berarti untuk beberapa orang seperti Saya sendiri.

Nama situs yang akan Saya bagikan ini adalah Vocaroo. Dengan website tersebut kamu bisa merekam suaramu langsung dari microfon yang telah tertancap di PC. Bisa sebagai karaoke atau hal yang biasa Saya lakukan, yaitu tes suara. :mrgreen: Terkadang kita tidak tahu bagaimana suara kita ketika ada dalam video chat, kadang bisa saja nyaring jika belum diset dengan benar, apalagi dengan microfon khusus, pastilah harus dites dahulu supaya tidak terdengar nyaring. Seperti pada judul diatas, situs ini sangatlah sederhana dan memfokuskan pada recording saja. Bahkan juga menyediakan widget gratis untuk admin website yang siapa tahu memerlukan fitur dari website Vocaroo.

Pada website Vocaroo, kamu bisa langsung melakukan recording dengan klik Start dan sebelum itu, silahkan atur juga volume yang ada dibawahnya, lebih baik diatur maksimal supaya terdengar dengan baik. Saat sesudah melakukan recording, kamu bisa langsung mengunduhnya atau membagikan keteman atau kerabat, bisa melalui email dan lain-lain. SPerlu diketahui, hasil recording yang diberikan adalah asli dari suara microfon yang dipakai dan situs Vocaroo tidak melakukan pengeditan seperti membuat suara semakin kecil atau besar, karena suara yang dihasilkan asli dari microfon pengguna. Jikapun suaranya nyaring silahkan dicek pada microfon. Untuk saran yang lebih baik silahkan gunakan headset yang mendukung microfon, karena kebanyakan headset seperti itu memiliki kualitas yang baik dalam pengeluaran suara, dengan maksud tidak nyaring saat didengarkan. berikut ini cuplikan gambar dari situs Vocaroo.

Vocaroo Vocaroo Vocaroo

Seperti yang Saya katakan diatas, Vocaroo juga mendukung sebuah fitur widget untuk sebuah blog atau situs yang kamu miliki, jadi jika kamu ingin terdapat recording pada situsmu, akan lebih bagus jika menggunakan Vocaroo, karena selain tidak mengandung jenis iklan apapun, widgetnya juga memiliki tampilan yang responsive. Ada 2 jenis kode tags HTML yang disediakan, yakni Embed dan Iframe, sebagai saran Saya lebih bagus menggunakan yang Embed karena lebih baik untuk pengguna Mobile maupun PC, sedangkan jika menggunakan iframe, banyak browser yang mengaktifkan frame breaker yang tidak bisa melihat tampilan dari widget recording tersebut.

Vocaroo telah ada sejak 2007 dan telah menyimpan banyak sekali recording. Dan perlu diketahui juga bahwa Vocaroo tidak menyimpan audio secara permanent, jadi sewaktu-waktu audio tersebut akan dihapus, jadi sebaiknya jika kamu sudah menyimpan audio disana silahkan disimpan pada PC atau Memory Card. Apakah kamu tidak bisa melakukan recording ? untuk mengatasinya silahkan cek Flash Player yang digunakan pada browsernya apakah telah diperbarui. Dan jangan lupa ketika klik teks “Click to record” akan terdapat pesan kecil, silahkan klik Allow dan setelah itu microfon dapat digunakan sepenuhnya. Jika dulu sekali, Vocaroo memiliki masalah serius yakni suara yang tiba-tiba seperti Chipmunk atau Optimus Prime, itu karena kesalahan Vocaroo sendiri, tapi sekarang jarang sekali terdapat masalah seperti itu, dilihat dari kicauan pengguna Vocaroo di twitter. Tunggu apa lagi, kunjungi langsung website http://vocaroo.com

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment