≡ Menu

Cara Menggunakan Unduh Cloud Di UC Browser PC

UPDATE: Sekarang UC Browser for PC sudah bisa menggunakan fitur cloud download penuh layaknya pada ponsel. Cara ini gunakan sebagai alternatif saja ya.

Masih menjadi browser yang dibicarakan akhir-akhir ini, UC Browser merupakan browser yang canggih dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang kemungkinan masih tidak ditemukan pada browser lainnya. UC Browser terus membangun aplikasi untuk perangkat mobile, dari versi ke versi hingga setiap fitur terlengkapi dan memungkinkan pengguna bisa nyaman ketika menggunakan menelusuri setiap situs. Di ponsel Android, dan lainnya pasti sudah tersedia fitur unduh cloud untuk mempermudah penggunanya dalam menyimpan file dengan aman dan terjaga permanent. Dan sedangkan di versi PC yang masih menggunakan sistem Chrome tentu harus memasang plugin baru untuk bisa menggunakan fitur tersebut.

Mungkin beberapa orang menganggap kurang lengkap jika UC Browser tidak digandeng dengan UC Cloud, karena dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa langsung dapat melihat proses pengunduhan hinga selesai dan tentunya dengan menyimpan file tersebut pada UC Cloud, ketika mengunduh kembali kecepatan transfer download jauh lebih cepat dan tanpa ada putus serta bisa di pause. Jika diponsel mungkin bisa langsung mengunduh meski file tersebut mengharuskan pengguna untuk login, namun diversi PC tidak bisa melakukan hal itu, mungkin karena tidak ada fiturnya untuk mengirim semacam akses post data, session, maupun cookies dengan baik, jadi hanya bisa mengunduh file dari direct link atau semacamnya yang tidak membutuhkan akses seperti yang Saya sebut tadi.

Saat ini tidak ada browser yang memberikan akses penyimpanan gratis, tapi UC Browser membuat penggunanya senang akan fitur ini. Pada dasarnya UC Cloud juga tidak hanya bisa dibuka dari UC Browser saja, namun juga bisa dibuka dari browser lain untuk mengunduh konten didalamnya, tapi tidak ada fitur unduh cloud, mungkin hanya dikhususkan untuk pengguna UC browser saja. Berikut ini cara mudah menggunakan Unduh Cloud di UC Browser PC, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka UC Browser PC dan pasang extension bernama UC Cloud Sync
  2. Jika sudah silahkan lgin dulu pada UC Browser dengan menekan icon UC Browser dan klik Login/Masuk. Silahkan gunakan akun yang biasa digunakan pada UC Cloud.
  3. Sekarang silahkan cari file URL yang akan diunduh, contohnya aplikasi yang ada pada blog ini, karena semuanya direct link, silahkan copy URL filenya dan simpan dulu.
  4. Lalu silahan menuju Unduhan dan klik pada menu Cloud pada bagian atas sendiri, maka akan tampil file yang kamu unduh sebelumnya pada ponsel, untuk mengunduh file silahkan klik tombol +Add a cloud download task
  5. Setelah itu akan muncul popup, silahkan isikan dengan URL file yang akan diunduh tadi dan klik tombol Cloud Download. Contohnya seperti ini.

    UC Cloud PC

  6. Selanjutnya akan tampil persen download dari file tadi, silahkan tunggu dan jika selesai akan tampil tombol untuk mengunduh seperti gambar ini.

    UC Cloud PC

Mudah sekali bukan ? Tentu akan lebih mudah jika dilakukan seperti pengguna ponsel, mungkin di versi yang akan datang UC Browser bisa membuatnya mirip seperti pada ponsel supaya bisa mengunduh file apa saja dan tidak hanya file direct link saja. Saat ini UC Browser membatasi ukuran file yang diunduh dari UC Cloud ialah 1GB, pastilah itu sudah cukup untuk pengguna ponsel untuk menyimpan game HD dan UC Cloud memberi layanan gratis penyimpanan permanent sebesar 4GB, dan untuk penyimpanan sementara ialah 8GB (hanya untuk 1 minggu jika file tidak direnew/perbarui).

Hingga saat ini Saya tidak ada bosannya menggunakan UC Browser sebagai browser default karena tidak hanya ringan meski tempilannya yang terlhat besar, namun juga cocok dengan perangkat Saya. Dan tidak hanya UC Browser saja yang Saya gunakan, namun UC Mini dan UC Browser HD juga telah terinstall pada ponsel Saya. Jika kamu masih belum mempunyai browser yang fantastik ini, silahkan unduh sekarang dengan klik banner dibswah ini.

DOWNLOAD UC BROWSER

semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • xalim July 4, 2016, 1:51 am

    Bos.. Ada browser lain yg ada ucloud ngga? Kykny ucloud ucbrowser ngga tahan lama nih.. Mau d hapus..

    • rrobyf July 5, 2016, 10:19 am

      Ya, namanya Puffin Browser, silahkan cari diwebsite ini. Tapi masih ada batasannya untuk menyimpan di cloud dengan maksud file yang akan disimpan tidak boleh terlalu besar, dan mendukung 2 situs cloud.

Leave a Comment