≡ Menu

Cara Mengatasi Grafik Berantakan Pada Game PC

Windows 7

Game yang diperbarui tahun ketahun-nya pasti akan mengalami perubahan grafik yang signifikan, dilihat dari sebagaimana jaman modern yang bisa membuat objek seperti 3D dengan bantuan alat canggih. Dan meskipun begitu, game yang lama tidak harus ditinggalkan, karena beberapa game memiliki unsur yang menarik dan selalu ingin dimainkan di suatu waktu. Memang game jadul perkiraan hanya mendukung PC model dahulu saja, dengan maksud maksimal grafik yang dibuat, tapi siapa sangka jika game yang dulu juga bisa diminkan pada PC jaman sekarang, namun ada kekurangannya sedikit, yaitu pada tampilan yang acak-acakan, dan kebanyakan yang mengalaminya ada di OS Windows 7.

Contohnya game Worm yang jika membuka gamenya akan tampil grafik 2D yang kurang baik, dan untuk mengatasinya harus menutup proses explorer, dan sebaliknya ketika ingin menyudahi game harus megaktifkan explorer lagi, sungguh terlalu ribet buat para gamer bukan ? Tidak hanya Worm saja, namun Age Of Empires juga seperti itu dan untuk mengatasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, karena ini membutuhkan file bebentuk batch untuk bisa mengatasi grafik yang tidak bagus. File batch adalah file yang dapat berhubungan langsung dengan command line yang ada pada Windows, dan file tersebut biasanya ada pada game yang versi crack untuk menginstallnya. Silahkan lihat kode batchnya dibawah ini dan tata caranya ada dibawahnya.

@echo off
taskkill /f /IM explorer.exe
worm.exe
Start explorer.exe
  1. Pertama-tama silahkan salin semua kode diatas. Perhatikan pada teks worm.exe.
  2. Sekarang silahkan buat file dengan ekstensi .bat, nama filenya terserah, file harus berada di directory dimana game diinstall. Dan paste/tempel kode diatas pada file itu tapi jangan disimpan dulu.

  3. Silahkan ubah teks worm.exe dengan nama file masuk pada game, dan selain itu jangan diedit lagi dan simpan.
  4. Setelahnya silahkan coba klik dua kali pada file batch tadi dan lihat hasilnya.

Dengan sedikit kode diatas sudah bisa mengatasi grafik yang tidak stabil, ini karena proses game berjalan bersamaan dengan explorer yang mengakibatkan warna dari game seperti tercampur. Masalah ini hanya ada pada game tahun 2000-an, dan untuk game 2005 keatas, sepertinya tidak akan mengalami masalah seperti ini. Pada dasarnya beberapa antivirus salah sangka bahwa file .bat adalah virus, tapi tidak perlu khawatir karena kode diatas bersifat aman dan hanya mengandalkan taskiller yang ada pada PC saja.

Mungkin ada cara yang lebih mudah dengan menginstall suatu file tambahan, seperti jika worm ada namanya wormfix yang dapat mengatasi masalah grafik yang error, tapi menurut Saya cara diatas lebih mudah karena hanya membuat file saja, sedangkan file tambahan harus mengunduh, mengekstrak, dan mencoba bisa tidaknya. Sedangkan dengan kode kecil diatas 100% bisa berfungsi. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • kins April 25, 2016, 11:21 am

    mantab…..tengkyu gan tutorial nya, berguna banget nih buat ane yang seneng maen game jadul….starcraft salah satu nya….sekali lagi tengkyu

  • Raga July 14, 2015, 6:03 am

    Mantap tutornya, kalau mengurangi ping gimana? Ane sering lag parah kalau dah main game onlen server na/eu

    • rrobyf July 15, 2015, 11:07 am

      Kalo boleh tau, game online sejenis apa ya ? Apa sejenis shooter ?

Leave a Comment