≡ Menu

Aplikasi Untuk Mengompres Gambar Di Android

Setiap gambar pasti memiliki kelebihan dari sebuah texture, ada yang memiliki ukuran besar dan texturenya bagus, ada pula juga yang hanya memiliki ukuran kecil, namun texturenya hampir sama dari yang ukuran besar. Hal tersebut tentu ada bedanya tergantung encoding dari gamnbar yang sudah diatur kualitasnya. Memang setiap gambar tidak harus memiliki ukuran besar untuk mendapat hasil yang lebih baik, namun apabila gambar yang sudah dikurangi kualitasnya atau bisa disebut sebagai optimisasi akan terlihat perbedaannya ketika gambar tersebut sedang diperbesar/dizoom. Akan ada sebuah pixel kecil seperti kotak-kotak yang menjadi besar dari sebelumnya, maksudnya jika sebelum dikurangi kualitasnya, kotak tersebut akan lebih kecil.

Mungkin penjelasan Saya diatas tidak dimengerti sebagian orang karena sedikit aneh, tapi setiap gambar memiliki kotak warna, yang dimana kotak tersebut digabungkan untuk menjadi sebuah gambar. Ada ribuan kotak warna yang sudah memiliki peran tersendiri terhadap warna, dan apabila dipakai modus pengurangan kualitas, kotak kecil tersebut akan digabungkan dengan kotak yang ada disisinya yang mengakibatkan satu kotak adalah gabungan dari beberapa kotak. Sekarang pasti akan bingung lagi, untuk itu Saya tidak ingin membahas kotak lagi dan akan Saya bagikan ,u>aplikasi untuk mengurangi kualitas gambar dengan sangat baik untuk Android.

Aplikasi yang Saya bagikan ini bernama Image Optimizer yang kegunaannya untuk mengurangi kualitas/texture gambar dengan sangat baik dengan hasil yang sangat bagus. Jadi kamu tidak perlu lagi membuka komputer atau membuka internet lagi untuk mengurangi kualitas gambar, karena dengan aplikasi kecil ini sudah bisa mengurangi kualitas gambar. Ingat seperti yang Saya katakan tadi, bahwa pengurangan gambar akan mengurangi ukurannya juga, jadi aplikasi ini tidak hanya untuk mengurangi kualitas dengan cara yang baik, namun juga bisa menghemat kapasitas memory SD Card dari gambar yang besar, misalnya melampaui 4 Mb per gambar dapat dioptimalkan menjadi 1 Mb per gambar. Berikut ini hasil screenshoot dari aplikasi Image Optimizer silahkan lihat dibawah ini.

Image Optimizer Image Optimizer Image Optimizer Image Optimizer

Aplikasi ini sangatlah ringan dan memiliki fitur yang hanya khusus untuk mengurangi kualitas gambar, ada banyak opsi yang tersedia dan kamu bisa menyetelnya sesuai keinginan, tapi jangan menyetel secara blak-blakan. :mrgreen: Aplikasi ini memiliki rating 4, sudah termasuk bagus dari yang lainnya. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini jika ingin menggunakannya untuk mengurangi ukuran gambar dengan kualitas yang hampir sama dari gambar sebelumnya, tentu ada perbedaan gambar, jika dilihat dari mata Hyuga. 😀 Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi ini membutuhkan Android 2.3.3 keatas, memiliki ukuran sekitar 2.5Mb, tidak membutuhkan cache/data, dan dapat digunakan secara offline. Ingat sekali lagi, gambar yang sudah dikurangi kualitasnya akan memiliki perbedaan dari gambar sebelumnya, tapi akan lebih terlihat ketika gambar tersebut diperbesar, jadi jangan menyetel aplikasi secara berlebihan supaya gambar tetap mendapat hasil yang baik. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment